-->
NWQA9y4fvqTQ9rz5lZU0Ky7avuunQd0OpkNmfOuq
Bookmark

Yumemiru Danshi wa Genjitsushugisha V8 Afterword

Kata Penutup


Halo semuanya, ini Okemaru. Bagaimana kalian menikmati 'Yumemiru Danshi wa Genjitsushugisha' volume 8? Ini menggambarkan perkembangan yang cukup serius untuk pertama kalinya. Jadi, orang-orang yang sangat menekankan pada protagonis mungkin akan merasakan rasa sakit yang serupa dengannya. Aku harap kalian menantikan Wataru yang kita sayangi berurusan dengan lingkungannya saat dia mengalami gangguan seperti ini. Dan tentu saja, aku akan lebih fokus pada perubahan hubungannya dengan sang tokoh utama.

Dengan volume kedelapan yang berhasil masuk ke rak buku, ada satu sisi dalam hidupku yang sangat berubah setelah perilisan volume ke-7 pada bulan Agustus tahun lalu-yaitu, aku membeli TV baru. Dan itu sangat merepotkan. Kalian mungkin sudah membacanya dari komentar penulis di dalam sampul depan, tetapi aku sangat menginginkan PS5. Karena akhir-akhir ini, mereka benar-benar tersedia lagi, yang memungkinkanku untuk membelinya... jadi aku membelinya. Tapi, tentu saja tidak segera. TV lama yang kumiliki membuatku ragu apakah TV tersebut bisa kompatibel dengan PS5. Dan ukuran TV lamaku terlalu besar, tidak sesuai dengan dudukannya. Setelah hujan, hujan pun turun seperti kata pepatah.

Untuk melanjutkan komentar ini, aku akhirnya menggunakan layar biasa dan bukan TV. Setelah aku pikir-pikir, TV saja tidak memungkinkanmu untuk menonton TV kabel lokal. Jadi, aku menambahkan sisi HDD supaya aku bisa bermain dengan itu. Itulah mengapa aku pikir akan lebih efektif untuk menyampaikan hal itu ketika menyangkut masalah tampilan. Dan layarnya bahkan seukuran TV biasa saat ini. Jadi, aku tidak perlu membeli yang lebih besar. Hal ini membuat harga pembelianku lebih murah. Tetapi, karena tidak memiliki fungsi speaker yang tepat, aku harus membeli speaker berkualitas tinggi. Namun demikian, aku tidak menyangka bahwa aku akan mencapai level 4K tanpa membayar jutaan yen. Omong-omong, PS5 sudah terjual habis.

-Ya, ya. Aku mengerti. Maafkan aku. Perubahan terbesar dari saat volume 7 dirilis adalah fakta bahwa adaptasi anime untuk seri ini telah diumumkan. Tidak banyak novel roman yang berhasil menjadi anime dari seri HJ Bunko dan mereka memilih 'Shousetsuka ni Narou', jadi aku menganggap ini sebuah kehormatan besar. Ini adalah seri pertamaku yang diserialisasikan dengan baik, yang langsung berakhir dengan komikalisasi dan anime... Aku merasa sangat diberkati dan beruntung.

Dengan proses produksi anime ini, sebagai penulis, aku tentu saja sangat terlibat, tetapi ini adalah pertama kalinya, ada banyak hal baru yang membuatku tertantang. Terutama dalam hal naskah untuk anime yang dibuat oleh penulis naskah, aku harus memeriksa semuanya sebagai kreator asli, memastikan tidak ada kontradiksi. Dan hal ini membuatku menyadari betapa berbedanya novel dan naskah biasa. Mungkin terlihat aneh sebagai penulis, tetapi setelah semuanya menyatu dengan suara-suara, semuanya terasa sangat alami. Meski begitu, aku harus benar-benar memeriksanya, jadi itulah yang mungkin menghabiskan banyak kaloriku.

Bagian lain dari pekerjaanku adalah mengumpulkan data karakter. Menulis berbagai kepribadian karakter ke dalam sebuah teks, serta ulang tahun, tinggi badan, berat badan, tiga ukuran dan fakta-fakta lain yang akan tersedia untuk umum. Ada banyak informasi yang dibutuhkan hanya setelah adaptasi anime dibuat. Hal yang sama berlaku untuk Shirai-san, Okamocchan, serta saudara laki-laki Ichinose-san, yang namanya harus aku tentukan secara khusus untuk anime. Serta bagaimana mereka merujuk satu sama lain. Sebagai catatan tambahan, ini juga merupakan pertama kalinya aku mengetahui bahwa dada wanita dikategorikan sebagai bagian atas dan bagian bawah. Rahasia lain yang terbongkar karena anime.

Setelah itu, aku harus melihat-lihat berbagai kandidat pengisi suara yang mendaftar. Perusahaan produksi menawarkan data demo dan mereka menawarkan kandidat yang sesuai dengan suaranya, tapi itu juga sesuatu yang lain... Kupikir kami mungkin akan memiliki empat sampai lima orang untuk setiap karakter, tapi ketika aku membuka tutupnya, aku disambut dengan dua puluh sampai lima puluh orang sebagai kandidat dan aku mendengarkan semua data mereka. Dan sering kali, aku menemukan apa yang kuanggap sebagai data dari seorang veteran. Mereka kemudian akan menyuarakan beberapa baris dari, katakanlah, tokoh utama atau tokoh utama. Hal itu saja sudah membuatku merasa emosional. Dari semua kandidat ini, aku membatasinya menjadi lima finalis untuk setiap karakter. Pengisi suara untuk tokoh protagonis Miyase Naoya-san dan pengisi suara Aika, Suzumoto Akiho-san, merupakan bagian dari para kandidat ini. Tentu saja, pekerjaannya akan lebih besar lagi untuk seri dengan dua cours atau seri populer lainnya... dan aku merasakan penderitaan para penulis tersebut.

Mendengarkan tema pembuka dan penutup juga merupakan pengalaman yang luar biasa. Dalam konteks itu, aku tidak memiliki banyak posisi khusus dalam hal ini, tetapi aku dapat mendengarkan lagu itu sebelum siapa pun. Jadi, aku merasa sedikit lebih unggul. Dan aku harap kalian menantikannya.

Yang tersisa hanyalah melihat visual dan seni dalam anime. Ini termasuk desain karakter, tentu saja. Serta npc, pemandangan, bangunan, komposisi, karakter minor, sampul smartphone, ikon, serta desain lain yang tidak pernah muncul dalam materi aslinya. Kadang-kadang aku berpikir, bahwa tidak apa-apa menyerahkannya kepada perusahaan produksi, tetapi perlu diperiksa dengan benar. Sangatlah penting untuk mendapatkan persetujuan dari kedua belah pihak sebelum produksi dilanjutkan dan itu adalah sesuatu yang sangat penting yang aku pelajari dalam pekerjaanku sendiri.

Dari semuanya, menentukan pakaian kasual para karakter adalah yang paling sulit. Dalam novel, aku hanya memutuskan jenis dan pakaian secara umum, tetapi sekarang aku ditanya tentang gaya yang tepat sebagai referensi. Karena itu, aku harus membaca tentang gaya busana siswa SMA modern, serta busana wanita. Ngomong-ngomong, mencari pakaian untuk Airi-chan membuatku takut, kalau-kalau pencarianku di browser bocor. Meski begitu, apabila menyangkut soal produksi yang sesungguhnya, aku tidak memiliki peran apa pun. Jadi, aku merasa bersalah. Aku memang mengecek kemajuannya secara langsung, tetapi selebihnya terserah mereka. Aku tidak pernah terlibat dalam pekerjaan TV semacam itu. Jadi, melihatnya sendiri merupakan peristiwa yang cukup mengasyikkan. Karena prasangkaku sendiri, aku berasumsi bahwa semua pengisi suara adalah model yang tinggi, tetapi saat bertemu dengan mereka, aku merasa lega karena mereka adalah sesama manusia sepertiku. Namun, mereka semua sangat tampan dan cantik, tetapi tidak ada Miss Universe yang menjulang tinggi di atasku. Aku sangat senang mendengar bahwa aktris Aika, Suzumoto-san, membaca novel ringan ini hingga volume terbaru.

Satu-satunya hal yang belum aku sebutkan adalah berbagai acara untuk beriklan. Aku tampil di Pasar Komik tahun lalu di Kota Hamamatsu pada bulan Desember lalu, dan mencoba mengiklankan anime sebanyak mungkin. Aku tidak bermaksud menjadikan ini sebagai alasan, tetapi pergi ke Comiket menghabiskan banyak stamina. Jadi, tampil di sana sedikit di luar jangkauanku. Terlebih lagi, aku biasanya menjauhi acara semacam itu, ini lebih merupakan masalah kepribadian. Aku adalah tipe orang yang suka membaca novel, tetapi tidak suka menonton anime. Jadi, aku ingin menyerahkan acara-acara ini kepada orang-orang yang tahu apa yang mereka lakukan. Mereka semua bekerja jauh lebih keras daripada dirku, aku bahkan tidak tahu bagaimana cara berterima kasih kepada mereka.

Tetapi ketika berbicara tentang anime, kita tidak bisa tidak menyebutkan munculnya varian Corona baru saat ini. Terkadang, sulit untuk mendapatkan semua yang diperlukan, jadi aku berharap setiap orang yang terlibat menjaga kesehatan mereka dengan baik, sehingga kita tidak perlu menghitung pengorbanan apa pun untuk mewujudkannya.

Mengenai topik tersebut, Corona tidak hanya terbukti menyulitkan industri anime, tetapi juga untuk novel ringan. Dengan toko buku dan perusahaan manajemen lainnya yang tutup, terkadang sulit untuk mendapatkan salinan fisik. Dan bahkan jika mereka menawarkan seri apa pun, sering kali bermuara pada rilis terbaru dari label. Jadi untuk sebagian besar, para penggemar ditugaskan untuk memesannya secara online atau pergi ke Melonbooks secara langsung untuk mendapatkan bonus tambahan. Dan aku merasa prihatin dengan orang-orang yang memiliki keterbatasan.

Pada saat yang sama, aku menganggap diriku sangat beruntung menjadi seorang pengarang yang dapat melanjutkan karyanya meskipun dalam masa-masa sulit ini. Ketika aku memulai debutku pada tahun 2020, sebagian besar orang sudah mulai membaca di smartphonen mereka, sehingga aku bisa melihat angka penjualan di sana. Pada saat yang sama, aku juga bisa tetap berhubungan dengan editorku melalui LINE atau Discord. Dan ini benar-benar datang dari seorang penulis, aku bahkan bisa menangani pengembalian pajakku sendiri. Aku tidak perlu pergi ke kantor pos untuk menyerahkannya. Hal yang sama juga berlaku untuk "Shousetsuka ni Narou." Keberadaannya membuat pengunggahan karyaku dan akhirnya debut menjadi jauh lebih mudah daripada generasiku sebelumnya.

Untuk kegiatan menulis, aku bahkan mengandalkan catatan smartphone, juga. Hal seperti itu tidak ada bandingannya pada waktu dulu. Ini sangat membantu dalam menjaga motivasi. Sejujurnya, aku tidak mengira bahwa aku bisa memulai debutku beberapa tahun yang lalu.

Seperti yang kukatakan sebelumnya, aku lebih merupakan pembaca web novel daripada penggemar light novel atau pengamat anime. Jadi, aku harus belajar banyak hal baru. Terutama dalam hal prosedur dan detail lain yang berhubungan dengan pekerjaan tentang light novel, manga dan anime. Dan baru setelah aku memulai debut, aku mengetahui tentang apa yang disebut 'Narou Works'. Meskipun aku menggunakannya secara teratur, aku tidak terlalu mempermasalahkan tentang penerimaannya. Itu juga sebabnya aku tidak memiliki Twitter resmi sebagai "Okemaru". Aku bahkan tidak pernah mempertimbangkan untuk membuatnya.

Dan itu membuatku bertanya-tanya. Apakah "Yumemiru Danshi wa Genjitsushugisha" adalah karya Narou? Itulah yang kau sebut seri dari situs web yang mendapatkan anime. Tapi melihat definisinya, aku rasa tidak cukup seperti itu. Hal ini sebagian besar terkait dengan seri isekai dan reinkarnasi, dan sebagian besar karya mengikuti tiga kondisi sederhana:

1: Melalui fenomena fantasi, sang tokoh utama mendapatkan status istimewa.

2: Dia lebih unggul daripada lingkungannya dalam suatu hal.

3: Atau begitulah kelihatannya.

Yang dibutuhkan oleh sang protagonis adalah sesuatu yang membuatnya menonjol. Mengenai poin 3, ini benar-benar tergantung pada seri individual, karena ini bisa terjadi bahkan tanpa seri reinkarnasi isekai. Dan mungkin juga bukan dari Shousetsuka ni Narou.

(Terjemahan bebas di sini: Dia kemudian mengoceh tentang kategori dan apa pun, tapi sejujurnya aku tidak bisa diganggu karena aku lelah dan kata penutup ini sudah terlalu panjang karena penulis ingin memenuhi halaman, jadi aku akan langsung ke bagian akhir).

Dengan Corona yang masih kuat, pengembangan AI dan sistem faktur, aku yakin masa depan yang sulit menunggu di depan kita, tetapi aku tidak berniat untuk kalah. Mengambil kekuatan protagonis kami yang bisa bercanda meskipun menikam dirinya sendiri, aku akan terus mengerjakan materi sumber sehingga tidak akan kalah dengan animenya. Aku harap kalian tetap di sini dan mendukungku selama ini.

Sekian, Okemaru.





|| Previous || ToC || Next Chapter ||
Post a Comment

Post a Comment

close