-->
NWQA9y4fvqTQ9rz5lZU0Ky7avuunQd0OpkNmfOuq
Bookmark

Gimai Seikatsu Volume 9 Chapter 12

Chapter 12 - 22 Juli (Kamis) Ayase Saki


Sku sedang duduk di samping Asamura-kun, ketika aku melihat dia tiba-tiba berdiri dari sudut mataku.

Dengan lantang dia meneriakkan nama sahabatnya.

Saat itu, aku mendengar suara dentang logam. Aku segera melihat kembali ke lapangan hijau.

Di mana bolanya? Di sana!

Bola, yang telah menyatu dengan langit biru dan awan putih, akhirnya terlihat saat memantul ke rumput.

Bola itu bergulir di tengah-tengah lapangan luar yang berbentuk kipas sementara seorang pemain lawan dengan panik mengejarnya.

Maru-kun, yang sudah mulai berlari, berlari kencang di garis putih yang digambar dalam bentuk wajik dan mencapai tikungan kedua.

Sebuah pukulan? Itu yang disebut tabrakan, kan?

Aku menoleh ke arah Asamura-kun, yang mungkin sedang bahagia. Yang mengejutkanku, dia masih berdiri sambil berteriak keras.

"Dia berhasil!"

Itu adalah ekspresi dan gerakan yang belum pernah kulihat sebelumnya. Dia mengayunkan tinjunya dengan penuh kegembiraan.

Melihatnya, sebuah senyuman muncul di wajahku. Rasanya menular. Bagus untuknya.

Aku menepuk pelan pinggulnya. Dia menoleh dengan terkejut.

"Tadi sangat menyenangkan, bukan?" Aku berkata sambil tersenyum.

Asamura-kun terlihat terkejut sejenak sebelum dengan cepat duduk kembali. Tampaknya, dia bahkan tidak menyadari bahwa dia telah berdiri.

Pertandingan hampir berakhir dan meskipun Maru-kun berhasil melakukan pukulan (yang tampaknya disebut double), para pemain berikutnya tidak bisa mencetak angka. Mereka hanya berhasil mendapatkan 1 poin.

Saat itu, mereka sudah tertinggal 3 poin.
Dan, di inning berikutnya, mereka membiarkan tim lawan mencetak 1 poin lagi, membuat jarak semakin lebar.

Pertandingan berakhir seperti itu.

8-4. SMA Suisei kalah.

Para pemain berbaris dan kemudian berjalan dari bangku cadangan ke tribun penonton, menundukkan kepala sebagai tanda terima kasih.

Maaya memimpin dan kami semua berdiri untuk memuji usaha mereka.

Smartphoneku berdengung.

[Maaya: Setelah bersih-bersih, bisakah kamu keluar sebentar?]

Saat aku mendongak, aku melihat Maaya melambaikan tangan ke arahku dari depan tribun.

Aku menyimpan minuman yang kubuka, memberitahu Asamura-kun dan yang lainnya bahwa aku akan segera kembali dan menuju ke tempat duduk.

Aku bertemu dengan Maaya. Sepertinya kelompoknya juga sudah selesai bersih-bersih.

"Kerja bagus hari ini semuanya~! Terima kasih!"

Maaya menunggu jawaban, lalu berkata, "Kami mengadakan acara kumpul-kumpul kecil-kecilan di dekat stasiun. Bagi yang ingin bergabung, pergilah ke restoran~. Kalau kalian punya rencana lain, silakan pergi!"

"Mengerti," jawab semua orang.

"Kalian mengadakan pesta 'terima kasih'?"

"Yah, kami keluar saat liburan musim panas, jadi akan menyenangkan untuk mengobrol sedikit, bukan begitu?"

"Masuk akal."

"Jadi, sepertinya, aku berpikir untuk mengejutkan Maru-kun dan yang lainnya di lorong dekat ruang ganti pemain. Mau ikut, Saki?"

Aku terkejut dengan permintaan Maaya. Dia memegang sebuah buket bunga.

Bukankah itu yang mereka sebut menyergap seseorang? Bukankah itu menjengkelkan? Bukankah mereka memiliki pertemuan pasca pawai dan kumpul-kumpul sendiri setelah kegiatan klub?

"Tidak apa-apa, aku sudah berbicara dengan klub. Aku hanya ingin memberikan hadiah kepada mereka atas nama kita semua," katanya sambil mengangkat buket bunga itu dan menunjukkannya kepadaku.

Ah oke, jadi dia adalah perwakilan dari tim pemandu sorak Maaya.

"Kalau begitu, bukankah seharusnya kamu mengundang Asamura-kun dan yang lainnya juga?"

Aku merasa seperti itu, tapi Maaya samar-samar menjawab, "Yah, kau tahu," menyiratkan bahwa dia lebih suka jika hanya aku saja.

"Tolonglah! Aku hanya ingin menyerahkan ini dan mengucapkan beberapa patah kata!"

Aku memutuskan untuk mengiyakan saja, karena kupikir itu tidak akan memakan waktu lama. Jika berlarut-larut, aku hanya akan mengirim pesan. Dengan pemikiran tersebut, saya aku di belakang Maaya.

Aku tidak terlalu dekat dengan Maru-kun. Aku ingin tahu apakah ini akan baik-baik saja. Kuharap ini tidak akan canggung.

Ada tangga yang mengarah ke lantai satu tidak jauh dari lapangan dan di bagian bawahnya ada lorong menuju ruang ganti pemain. Kami memutuskan untuk menunggu di dekat pintu keluar, berpikir bahwa kami mungkin akan menghalangi mereka jika terlalu dekat.

Tak lama kemudian, para pemain mulai bermunculan. Maaya tetaplah Maaya, dia tampaknya mengenal banyak orang di klub baseball. Saat dia lewat, dia bertukar sapa dan "Selamat" dengan mereka. Beberapa orang menawarkan dengan baik, "Mau aku panggilkan Maru untukmu?" tapi Maaya dengan sopan menolak, mengatakan bahwa kami sudah menunggunya.

Maru-kun adalah orang terakhir yang keluar. Dia terus melihat ke belakang ke ruang ganti, seolah-olah sedang memeriksa sesuatu, lalu membungkuk pada mereka yang ada di dalam dan melangkah keluar. Dia berjalan dengan kepala sedikit menunduk.

Ketika dia melihat kami, sebuah senyuman halus tersungging di sudut mulutnya.

"Kerja bagus hari ini," kata Maaya sambil menyerahkan buket bunga kepadanya.

Mata Maru-kun terbelalak kaget saat menerima bunga itu.

"Maaf."

"Ini dari semua orang yang datang untuk mendukungmu. Untuk seluruh tim baseball, kami pikir kamu harus menerimanya karena kamu adalah kapten."

"Ah."

Maru-kun mengagumi buket bunga itu sambil berdiri di sisi lorong agar tidak menghalangi.

Mengambil napas dalam-dalam, ia berhenti sejenak sebelum akhirnya berbicara.

"Yah... mereka kuat," katanya, lalu berhenti sejenak. "Mereka terlalu bagus. Maaf mengecewakan meskipun kalian semua datang untuk mendukung kami."

Ia memberikan senyum kecut, tapi aku tahu dari matanya yang bengkak dan memerah bahwa ia telah banyak menangis sebelum keluar. Namun, Maru-kun selalu berusaha untuk menjadi yang terakhir keluar, melihat yang lain terlebih dahulu.

Maaya melangkah maju, mencoba mengintip wajah Maru yang murung.

"Nee, kami datang untuk mendukungmu sendiri, kau tahu? Kamu tidak perlu khawatir tentang itu. Ya, tadi sangat menyenangkan untuk ditonton. Aku benar-benar puas!"

Dia mencoba membuatnya terdengar ceria, tetapi saya bisa tahu bahwa suaranya lebih tinggi dari biasanya.

"Aku... juga menikmatinya. Ini adalah pertama kalinya aku menonton pertandingan baseball."

"Tuh, lihat. Jika Saki mengatakannya, maka itu pasti benar. Jika itu hanya datang dariku, kamu mungkin berpikir aku hanya meniupkan asap!"

"Tidak salah."

"Heeey! Itu kejam! Kamu benar-benar akan mengatakan itu? Yah, terserahlah, kalau kamu bisa memukul delapan bola dalam empat kali percobaan, kita pasti menang, kan? Boo!"

"Hei sekarang, bagaimana aku bisa mendapatkan lebih banyak pukulan daripada pemukul?"

"Gunakan dua bola! Dan jika kamu memiliki dua pasang tangan dan kaki, secara fisik itu memungkinkan!"

"Kau ilmuwan gila. Narasaka, kita harus mendiskusikan apa arti kata 'fisik' suatu hari nanti."

"Ayo!"

Mereka sangat dekat, ya?

Aku berpikir dalam hati saat melihat olok-olok mereka yang lucu.

Sejak kapan mereka berdua menjadi teman baik?

Maru-kun tersenyum melihat Maaya membusungkan dadanya dan bertingkah sok jagoan. Namun sedetik kemudian, senyum itu berubah menjadi seringai.

"Haha... kau benar-benar hebat..." Setelah menatap langit-langit seolah-olah ia sedang berusaha menahan sesuatu, Maru-kun tiba-tiba menoleh ke arahku.

"Hei, Ayase."

"Apa?"

"Bagaimana kabar Asamura?"

"Eh, Asamura-kun?"

"Kau sedang menonton bersamanya, kan?"

"Um..."

Yah, itu... kami bersama, tapi..

 "Maru-kun, kau pernah bilang pada Asamura-kun bahwa kau ingin dia menontonmu bermain setidaknya sekali, bukan?"

Benarkah? Tetapi jika itu masalahnya, maka dia seharusnya mengundang dia secara langsung.

"Jika aku hanya mengundang Asamura, dia adalah tipe orang yang akan datang dan menonton sendiri."

"Dan itu menjadi masalah?"

"Ya... aku ingin dia menonton, tetapi aku juga ingin seseorang memperhatikannya sambil menonton."

Jadi seseorang yang menonton Asamura-kun, yang menonton Maru-kun?

Aku memiringkan kepalaku, tidak begitu mengerti.

"Hmm, sulit untuk dijelaskan," kata Maru-kun, tatapannya mengembara ke jendela yang terbuka di sisi lapangan.

Musim panas menyebar di bawah sinar matahari, diiringi suara jangkrik.

"Apa kau tahu apa itu WBC, Ayase?"

"Tidak," jawabku dengan jujur dan disambut dengan senyuman kecut.

Maksudku, aku tidak pernah benar-benar tertarik dengan olahraga. Aku bahkan belum pernah menonton Olimpiade.

"Itu kependekan dari World Baseball Classic. Pada dasarnya itu adalah kompetisi untuk menentukan siapa tim baseball terbaik di dunia."

"Dunia... Umm, jadi ini adalah pertandingan baseball yang besar, begitu?"

"Ya, kurang lebih seperti itu."

Maru-kun menceritakan sebuah kisah dari masa kecilnya.

Saat itu adalah masa-masa setelah berakhirnya siaran TV analog, sekitar saat TV LCD mulai tersebar luas. Hal itu membuat siaran HD pada layar datar besar dapat diakses oleh semua orang. Pada musim panas itu, sebuah layar datar besar datang ke rumah Maru-kun dan karena ia sudah menjadi penggemar anime, ia pun terpaku di depan TV.

Kemudian, pada musim gugur itu, WBC diadakan.

Seluruh keluarganya akan menonton pertandingan bersama dan meskipun Maru-kun awalnya frustrasi karena dia tidak bisa menonton anime-nya, dia dengan cepat menjadi terpikat oleh baseball.

Melihat para pemain profesional bertanding di panggung dunia meninggalkan kesan yang tak terlupakan bagi Maru kecil. Berlari mengelilingi lapangan, melempar bola dan memukul. Belum lagi duel lemparan bola yang memukau dan slugfest yang seru. Sayangnya, Jepang tidak dapat meraih gelar juara pada tahun itu, tetapi pemandangan para pemain yang mengejar bola putih kecil itu sangat mempengaruhinya.

Sangat mendebarkan untuk ditonton. Hal itu membuat tangannya berkeringat dan jantungnya berdegup kencang. Kegembiraan yang ia rasakan melalui layar kaca tidak dapat dibandingkan dengan bentuk hiburan lainnya dan Maru kecil mulai bermimpi untuk membuat orang lain merasakan kegembiraan yang sama melalui baseball.

"Jadi, kau memikirkan hal itu saat bermain bisbol..."

"Nggak juga."

Aku tidak bisa menahan diri untuk tidak mengatakan, "Hah?" Jadi dia tidak memikirkan hal itu?

"Aku terus bermain baseball karena aku menyukainya, tetapi aku tidak selalu memikirkan hal itu saat bermain. Sebagai seorang anak, mungkin, tetapi semakin aku berkembang, semakin aku merasakan kesenjangan antara pemain profesional dan diriku. Aku mulai berpikir bahwa hal itu mungkin mustahil bagiku. Jadi, seiring berjalannya waktu, aku berhenti memikirkannya."

"Begitu... ya."

Kami bertiga terdiam sejenak.

"Jadi, ya. Setelah banyak hal yang terjadi, aku baru ingat kenapa aku memulainya. Kurasa itu mungkin karena wawancara orang tua dan guru."

Aku bertanya-tanya mengapa dia mengungkit masa lalu, tetapi ternyata Maru-kun sudah mulai memikirkan tentang cita-citanya di masa depan.

Sebagai siswa kelas tiga SMA, semua orang mulai memikirkan masa depan mereka.

"Aku menanyakan sesuatu kepada Asamura beberapa waktu lalu. Tentang apa yang dibutuhkan seseorang untuk menjadi seorang atlet profesional."

"Umm... bakat?"

Maru-kun tertawa kecil.

"Kalian berdua... kalian benar-benar seperti kacang polong."

"Apa maksudmu?"

"Ah, yah, itu cerita lain. Ngomong-ngomong, Ayase, menurutmu apa itu bakat?"

"Kemampuan yang diperlukan untuk melakukan profesi tertentu," jawabku segera.

Maru-kun mengangguk dalam-dalam.

Ini adalah kesalahpahaman yang umum terjadi, tapi istilah "bakat" tidak selalu berarti kemampuan yang berasal dari gen atau bawaan lahir. Aku pernah mendengar dari Ibu bahwa ketika berbicara tentang bakat yang dibawa sejak lahir, kita sering menggunakan istilah "bawaan" atau "alami" sebelumnya. Itu berarti jika kita harus menggunakan kualifikasi seperti itu, kata "bakat" itu sendiri tidak selalu berarti terlahir dengan itu.

Itu adalah perspektif yang kau harapkan dari Ibuku, yang mempelajari keterampilan bartending karena kebutuhan. Kemampuan yang diperlukan untuk melakukan profesi tertentu.

Ibu juga mengatakan bahwa beberapa profesi mungkin sangat bergantung pada kemampuan genetik.

Meskipun, sejujurnya, aku tidak yakin bagaimana gen dapat mempengaruhi kemampuan bartending.

"Jawaban yang solid. Tapi itu juga bukan jawaban yang lengkap. Aku dulu juga berpikir dengan cara yang sama. Itulah mengapa aku selalu sadar akan kesenjangan keterampilan antara diriku dan pemain pro."

"Ah, begitu."

Meskipun aku suka memasak, aku tidak pernah tertarik untuk mengejar karier sebagai koki. Aku hanya merasa tidak punya kemampuan untuk itu. Aku juga tidak memiliki dorongan untuk menjadi lebih baik. Jika rasanya enak bagiku, itulah yang terpenting.

Jadi, sama seperti masakanku, Maru-kun terus bermain baseball karena dia menyukainya?

"Tapi aku mulai berpikir ada yang lebih dari itu. Seperti yang aku katakan pada Asamura, kupikir bagi para pemain profesional, ini semua tentang apakah mereka dapat menghasilkan banyak uang dengan penampilan mereka."

Maaya memilih momen tersebut untuk terjun.

"Jadi seperti, apakah orang-orang berpikir bahwa itu layak untuk ditonton?"

"Tepat sekali. Itu saja. Itulah mengapa para pencari bakat memperhatikanmu dan bagaimana kau mendapatkan penggemar. Itu adalah 'kualitas bintang'. Menjadi bagus itu penting, tapi itu bukan satu-satunya."

"Oh, Maru, selalu dengan hal-hal yang rumit."

"Ini adalah topik yang rumit. Dan, seperti yang sudah kukatakan pada Asamura, aku tidak yakin bahwa, di luar teknikku, permainanku memiliki daya tarik bagi penonton."

Setelah Maru selesai berbicara, akhirnya aku mengerti apa yang dia harapkan dariku.

"Intinya, kau ingin seseorang menonton permainanmu dan memberikan masukan?"

Maru-kun mengangguk.

"Tentu saja bukan umpan balik dari setiap penonton. Jika aku bisa melakukan itu, permainanku pasti sudah menarik perhatian seseorang."

Meskipun, ia mungkin juga menyimpan harapan untuk itu.

"Tapi, kau tahu, aku hanya ingin bermain dengan cara yang bisa menggerakkan hati temanku. Lagipula, ini adalah tahun terakhirku di SMA. Aku tidak ingin menyesal dengan waktu dan usaha yang telah aku curahkan untuk bisbol," kata Maru-kun pelan, sebelum menoleh ke arahku.

"Jadi bagaimana penampilannya?"

"Ya... umm..."

Tidak ada gunanya berbohong dan aku juga tidak mau, jadi aku hanya menceritakan apa yang kulihat dari Asamura-kun. Tentang bagaimana Asamura-kun, yang menonton dengan tenang, secara spontan berdiri dan bersorak ketika Maru-kun melakukan pukulan.

Tentang rasa frustasi di wajahnya ketika pukulan terakhir dilakukan. Itu adalah pertama kalinya aku melihat dia berekspresi seperti itu.

Maru-kun mendengarkan dengan diam sampai akhir, lalu menjawab, "Haa."

"Aku benar-benar ingin menang dan memamerkannya kepadanya, kau tahu? Astaga, aku merasa sangat menyedihkan."

"Tidak apa-apa! Kamu sudah melakukan yang terbaik!" Maaya berkata dengan cemberut.

"Dengar, dalam sebuah kompetisi, 'melakukan yang terbaik' tidak terlalu berarti. Ini bukan kontes tentang siapa yang berusaha lebih keras."

"Hmph."

Maru-kun mengangkat bahu melihat wajah frustasi yang ditunjukkan Maaya. Aku mengerti apa yang dia katakan. Ini bukan tentang siapa yang berusaha paling keras. 
Tapi- "Tadi, kau bilang saat kau masih kecil, kau menonton... WBC, kan? Jepang tidak menang, kan?"

"Benar, mereka berada di urutan ketiga... kurasa."

"Lalu kenapa kau mulai bermain baseball setelah menonton itu?"

Maru-kun tampak bingung mendengarnya.

"Yah... aku tergerak oleh betapa kerasnya mereka berusaha untuk menang, kurasa..."

"Lalu, jika Asamura-kun tersentuh oleh penampilanmu, bukankah itu sesuatu yang berharga? Mungkin kau seharusnya tidak terlalu keras pada dirimu sendiri. Kecuali... kau tidak benar-benar berusaha sekuat tenaga?"

"Aku sudah berusaha!"

Suara Maru-kun tanpa sengaja meninggi dalam pembelaannya dan dia menutup mulutnya dengan cepat.

Maaya menepuk-nepuk punggungnya yang lebar.

Dari ujung lorong, aku mendengar rekan-rekan setimnya memanggil, "Oiii, Maru."

Sepertinya kami mengobrol terlalu lama.

"Sebaiknya kita pulang sekarang."

"O-Oh... Terima kasih atas buketnya, Narasaka."

"Tidak cukup baik!"

"Hah?"

"Ucapan 'terima kasih' yang biasa dan formal itu membosankan! Lakukan lagi! Ayo, pikirkan sesuatu! Seperti memanggilku 'Maaya Himee' atau 'Maaya Ojou-chan'!"

"Apa-! Kau idiot."

Dengan ekspresi tidak percaya, Maru-kun tiba-tiba berbalik dan mulai berjalan ke arah rekan-rekan satu timnya.

"Kejam sekali! Bukankah itu berarti?"

"Sudah kubilang aku sangat berterima kasih... Maaya."

Dengan itu, dia melangkah pergi.

"Baiklah, ayo kita kembali juga. Ayo kita pergi... Maaya?"

"J-jangan lihat aku!"

Untuk beberapa alasan, wajah Maaya memerah dan ia menatap ke kejauhan. Dia tampak membeku di tempat.

... Tapi kita membuat Asamura-kun dan yang lainnya menunggu.

Setelah sosok Maru-kun menghilang dari pandangan, hanya aku dan Maaya yang tersisa di lorong lantai satu yang sempit.

Angin sepoi-sepoi berhembus melalui jendela lorong yang hanya berupa lubang persegi.

"Haruskah kita pergi sekarang?"

"Ah, ya. Maaf membuatmu menunggu," kata Maaya dan kami mulai menaiki tangga menuju lorong lantai 2.

Tapi Maaya berhenti setelah beberapa langkah. Aku bergegas kembali menghampirinya.

"Ada apa?"

Air mata jatuh dari wajahnya yang tertunduk, membuat noda kecil seperti tinta di lantai beton abu-abu.

"Maaya...?"

Aku mencoba mengintip wajahnya, tapi Maaya membenamkannya ke dalam dada. Isak tangis yang teredam keluar.

"Ini tidak adil. Ini benar-benar tidak adil."

"Maaya."

Kurasa ini pertama kalinya aku melihatnya menangis. Itu tidak keras, hanya tangisan yang tertahan saat ia terus membenamkan wajahnya di dadaku. Yang bisa kulakukan hanyalah mengelus punggungnya dengan lembut.

Di sela-sela isak tangisnya, Maaya bercerita tentang betapa kerasnya Maru-kun bekerja untuk turnamen musim panas ini. Aku tidak tahu bagaimana dia tahu begitu banyak tentang hal itu, tapi Maaya menceritakan semuanya padaku. Tentang bagaimana dia bahkan mulai berlari di pagi hari pada hari-hari musim dingin. Dan ketika mereka bertemu di hari libur yang jarang terjadi dan dia sangat lelah sampai tertidur telungkup di kafe (Jadi mereka bertemu di tempat-tempat seperti itu.) Dia bahkan mengorbankan menonton anime larut malam kesukaannya untuk memastikan dia cukup tidur dan dia berhenti menghadiri acara-acara.

"Acara?"

"Dia bahkan melewatkan Comiket! Maru-kun yang melakukannya!"

Aku tidak begitu yakin apa itu, tapi sepertinya itu penting. Maaya telah begitu tenggelam dalam usaha Maru-kun sehingga kehilangannya terasa seperti kehilangannya sendiri.

"Tapi... Tapi, kau tahu, yang benar-benar ingin menangis adalah dia. Jadi, kau tahu-"

Dia tidak bisa menangis di depannya, jadi dia menahannya. Suara jangkrik di luar jendela seakan menenggelamkan isak tangis Maaya yang lirih.

Awan menyembunyikan matahari, meredupkan cahaya di lorong. Cahaya yang masuk memudar, dan noda air mata di lantai ikut memudar.

"Sakiii..."

"Iya, ada apa?"

"Terima kasih sudah mau ikut denganku."

"Ya, iya."

Aku terus menepuk-nepuk punggungnya, namun isak tangis Maaya tak kunjung berhenti.

Yah, hanya ini yang bisa kulakukan.

Menyebutnya "sahabat" mungkin terlalu berlebihan, mengingat aku belum cukup banyak berada di sana untuknya. Aku bahkan tidak menyadari betapa dekatnya Maaya dan Maru-kun.

"Uh... hiks. Sakiii..."

"Mm?"

"Dia benar-benar mencoba yang terbaik, bukan?"

"... Bodoh."

"Uh?"

"Bagaimana jika aku mengatakan tidak?"

"Mm... Aku akan marah."

"Kalau begitu sama saja tidak peduli apa yang kukatakan, bukan? Maru-kun sendiri yang mengatakannya."

"Apa yang dia katakan?"

Gadis ini... pura-pura bodoh padahal biasanya dia jauh lebih tanggap dariku...

"Dia bilang dia ingin bermain dengan cara yang bisa membuat teman-temannya terkesan, kan? Jadi, yang paling penting bagi Maru-kun adalah bagaimana dia terlihat oleh teman-temannya, bukan aku.
Sama seperti bagaimana dia ingin pamer pada Asamura-kun."

Maaya mengangkat kepalanya.

Astaga, air matanya telah membuat semua alas bedak dan riasannya luntur.

"Ini. Bersihkan wajahmu, bersihkan wajahmu," katamu sambil menempelkan sapu tangan ke wajahnya.

"Mm..."

"Bukankah kamu temannya, Maaya?"

"Hiks... Mungkin."

"Kalau begitu, tidak ada gunanya aku berkata, 'Aku pikir dia sudah melakukan yang terbaik. Kamu harus mengatakannya sebanyak yang kamu mau. Karena memang begitulah yang kamu lihat, bukan?"

Aku berbicara perlahan, membiarkan kata-kata itu meresap dan Maaya mengangguk lagi dan lagi dengan wajah yang terbenam dalam saputangan.

Ya, pendapatku tidak penting.

Dalam cerita apa pun, karakter sampingan memiliki dampak besar pada karakter utama, bukan pengamat acak. Aku tidak begitu mengenal Maru-kun dengan baik. Dalam ceritanya, aku tidak lebih dari sekedar Latar Belakang Ekstra A. Aku bukan seseorang yang sangat terhubung dengannya.

Tapi-Bagaimana dengan Maaya? Apa dia hanya mengenalnya sebagai teman sekelasnya dan kemudian, karena suatu takdir, mengetahui situasinya dan mulai mendukungnya?

Atau mungkin dia ingin terlibat lebih dalam-seperti, ingin menjadi tokoh dalam cerita Maru-kun.

-Bagaimana kau melihatnya?

-Itu adalah sesuatu yang harus kau ceritakan pada Maru-kun sendiri.

Mengatakan sebanyak itu pada Maaya, aku mulai bertanya-tanya siapa yang sebenarnya aku bicarakan di sini.

Awan pun pecah dan sinar matahari kembali.

Cahaya yang masuk dari jendela membentuk sebuah bentuk persegi di lantai.

Tidak ada bekas air mata yang tertinggal.

Konon, dia menjadi sangat dekat dengan Maru-kun tanpa aku sadari. Ketika dia menginginkan sesuatu, dia akan bersabar dan benar-benar melakukannya.

"Kupu-kupu sosial" adalah istilah yang sering digunakan Asamura-kun untuk menggambarkan Maaya. Tetapi jika kau bertanya kepadaku, aku akan mengatakan bahwa Maaya sangat pandai dalam menjaga jarak yang tepat dengan orang lain. Dia mendekati orang-orang yang membuatnya nyaman dengan mudah dan dengan seseorang yang sulit sepertiku, dia secara bertahap menjembatani kesenjangan.

Aku adalah kebalikannya. Aku selalu berjuang dengan seberapa dekat atau jauh diriku dengan orang lain. Mungkin karena aku telah menjauhi orang lain sejak kecil. Jadi, kebanyakan orang muak dengan sikap dinginku dan menjauhkan diri sejak dini. Wajah seorang Kouhai baru di tempat kerja terlintas dalam benakku. Pada awalnya, dia tampak sangat cepat akrab denganku, tetapi mungkin karena aku merasa tidak nyaman, rasanya mereka menjaga jarak akhir-akhir ini. Hubungan memang rumit.

* * *

Di tepi taman, aku melihat orang tua dan anak sedang bermain lempar tangkap.

"Apak kamu pernah melakukan itu dengan Taichi-san?"

Aku mungkin terinspirasi untuk menanyakan hal itu karena kami baru saja pulang dari menonton pertandingan baseball. Aku tidak bermaksud menanyakan hal itu sedalam itu.

Jawaban Asamaru-kun adalah bahwa ia lebih sering menghabiskan waktu untuk membaca daripada berolahraga. Aku sudah bisa menebaknya, meskipun dia tidak mengatakannya kepadaku. Hal itu sangat sesuai dengan gambaranku tentang dia.

Namun, dia tahu lebih banyak tentang olahraga dibandingkan denganku. Dia menepisnya, mengatakan bahwa itu hanya karena dia membaca novel dan manga olahraga. Jelas sekali dia tahu lebih banyak tentang baseball daripada dirku selama pertandingan baseball.

Ketika aku menunjukkan hal itu, Asamura-kun menyebutnya sebagai sudut pandang seorang pemula, sambil mengatakan bahwa ia merasa malu karena ia berteriak dan sangat bersemangat saat bersorak.

"Aku begitu asyik memperhatikannya sampai-sampai aku terbawa suasana. Jika dipikir-pikir sekarang, aku mungkin terlihat sangat bodoh."

Bagaimana kamu bisa berkata seperti itu?
Terutama, ketika temanmu sangat senang dengan reaksimu.

Aku tidak seperti biasanya bersikeras dalam penyangkalanku. Aku tahu Asamura-kun mengucapkan kata-kata itu karena dia malu, tapi aku merasa perlu untuk mengoreksinya.

Maaya harus memberitahu Maru-kun bagaimana perasaannya.

Tapi ketika berbicara tentang Asamura-kun- aku mencuri pandang pada kekasih yang berjalan di sampingku. Asamura Yuuta-aku ingin terus menjadi pacarnya. Aku tidak ingin kembali menjadi seorang pejalan kaki tanpa nama.

Jadi, aku dengan penuh semangat menjelaskan bagaimana perasaanku melihatnya mendukung temannya. Jika aku ingin dilihat sebagai tokoh penting dalam ceritanya, maka aku harus menjadi orang yang mengatakan itu kepadanya.

Aku ingat diriku sendiri di lapangan voli, menciut dan meringkuk. Aku juga ingat wajah semua orang yang menyemangatiku.

Jarak yang tepat. Maaya tidak ragu-ragu ketika tiba saatnya untuk melangkah maju.

Aku menarik napas dalam-dalam.

"Aku ingin berpegangan tangan. Boleh nggak?"

Dia menatapku, sedikit terkejut, lalu menunduk ke arah tangannya sendiri. Tangannya tetap melayang di udara, jadi aku mengulurkan tanganku.

"Mm."

Jantungku berdegup kencang saat tanganku menggantung di udara. Asamura-kun dengan lembut mengambilnya. Kami membiarkan tangan kami secara alami jatuh di antara kami.

Kami berhenti berjalan di suatu titik, jadi kami terus berjalan, tangan kami saling bertautan.

"Kamu tahu, melihatmu bersorak gembira seperti itu, Asamura-kun-" Aku yang akan mengatakannya.

"Aku pikir, kamu terlihat sangat keren."

Suara jangkrik yang berisik itu adalah sebuah berkah. Seandainya lebih tenang, dia pasti akan mendengar detak jantungku yang keras.

Aku mengeratkan genggamanku pada tangannya, tidak ingin melepaskannya.





|| Previous || ToC || Next Chapter  ||
Post a Comment

Post a Comment

close