-->
NWQA9y4fvqTQ9rz5lZU0Ky7avuunQd0OpkNmfOuq
Bookmark

Gimai Seikatsu Extra Story

Ekstra 1 - Adik tiri dan buku digital [Volume 1]


“Ah, Asamura-kun. Sedang membaca buku? Mn, novel 'ya?"

"Yah, begitulah. Kebetulan ini juga sudah dapat adaptasi filmnya beberapa waktu lalu."

Ayase-san tiba-tiba memanggilku saat aku sedang duduk di sofa ruang tamu sambil menikmati buku.

"Hm.. Jadi, kamu lebih suka membaca buku fisik 'ya?"

“Dari pertanyaanmu itu. Apa kau lebih suka membacanya versi digital?"

"Mnm.. Yah, aku memang membaca sebagian besar buku dari perpustakaan. Tapi, aku ingin membeli versi digitalnya." katanya, sambil duduk di sofa, meninggalkan cukup ruang untuk orang lain di antara kami.

Dia mengeluarkan smartphone-nya dan ketika aku melirik ke sana dengan hati-hati, aku tahu bahwa dia memang menggunakan aplikasi membaca digital.

"Aku pikir kau memerlukan kartu kredit untuk membayar?"

“Tergantung pembayarannya, kamu juga bisa menggunakan pulsa. Ibu memberiku uang saku yang bisa kupakai untuk itu."

"Itu luar biasa. Kalian berdua sangat perhatian satu sama lain.”

Bagiku, yang hanya bekerja paruh waktu demi itu, membiarkan diriku memiliki banyak uang saku untuk membeli apa pun yang kuinginkan, moderasinya tampak hampir mempesona bagiku.

“Kenapa kamu tidak beralih ke digital juga, Asamura-kun?”

“Kalau aku benar-benar bisa membeli buku secara digital, aku mungkin akan melakukannya, ya. Sepertinya nyaman karena aku bisa membeli buku yang ingin kubaca kapanpun dan dimanapun aku mau. Tapi…” Aku tersenyum masam dan melanjutkan. "Kurasa aku akan menahannya untuk sementara waktu."

"Kenapa?"

“Aku sudah terbiasa membaca versi fisiknya. Jadi, jika aku beralih ke digital.. ittu sedikit.. susah."

"Begitu, ya.. Kurasa kamu hanya perlu membiasakan diri. Yah, aku tidak bermaksud menyuruhmu untuk membaca versi digital, maaf."

Dia mungkin mengira dia memaksakan pendapatnya padaku dan meminta maaf. Sekali lagi, aku harus mengaguminya. Menyatakan pendapatnya seperti ini tidak memaksakan apapun. Tapi, dia masih berhenti tepat sebelum mencapai garis terakhir itu.

Itulah, adik tiriku.... Ayase Saki..

Sekali lagi dia bersikap penuh perhatian, seperti anggota keluarga yang dekat dengan orang asing.

“Ngomong-ngomong, buku fisik sebenarnya memiliki keunggulan lain dibandingkan buku digital.”

"Oh, iyakah?"

Dia mungkin terdengar acuh tak acuh, tetapi dengan cara dia mencondongkan tubuh sedikit ke depan, matanya sedikit lebih terbuka dari sebelumnya, dia tampak lebih tertarik.

“Novel ini cukup menyenangkan, kau tahu? Mau baca selanjutnya?”

“Eh, kamu yakin? Aku sebenarnya sedikit penasaran tentang itu. Tapi, aku tidak punya sedikit uang. Jadi, aku ingin menunggu dan melihat apakah itu benar-benar menarik sebelum membelinya.”

"Tentu saja. Meminjamkan sesuatu kepada keluargaku adalah sesuatu yang sangat normal… Dan inilah keuntungan yang kubicarakan.”

“… Ahh.” Ayase-san menyaring maksud di balik kata-kataku dan menunjukkan desahan pengertian, yang berubah menjadi kekehan. “Aku bahkan tidak pernah memikirkan itu.”

“Sama di sini, sebenarnya. Aku sudah membaca buku selama ini. Tapi, aku baru menyadarinya sekarang.”

Mungkin akan ada layanan di masa depan yang memungkinkan untuk berbagi pengalaman seperti ini. Namun, sensasi kertas di tanganmu, aroma dan perasaan keberadaan saat membagikannya, hanya dapat diperoleh dari salinan fisik. Meski begitu, jika Ayase-san menerima buku kertasku, mengambil langkah ke arahku, aku juga harus mendekati dan beradaptasi dengan gaya membaca digitalnya. Aku tidak memiliki apa pun yang ingin kubeli sekarang, tetapi aku masih membuka toko online dan mengetuk tombol [Download] dari sebuah buku yang terdengar menarik.


Extra 2 - Pengupas [Volume 2]

Baik Ayahku maupun aku, kami jarang sekali memasak.. Kami biasanya membeli makanan yang sudah siap di makan untuk sarapan, makan siang dan makan malam.

Meski begitu, kami tidak terlalu memperdulikan hal itu, yang berarti bahwa kami hanya memiliki peralatan memasak yang sangat minim di rumah—paling tidak, sampai Ayahku menikah lagi.

.... Eh, apa ini?

Di pengait pengering di dapur tergantung sesuatu yang tampak seperti penjepit kecil, dengan gigi logam di ujungnya. Saat mencuci sayuran di saringan, Aku bertanya kepada Ayase-san tentang hal itu, karena dia berdiri di sebelahku.

"Um, Ayase-san.. itu?"

“Ah, ini Peeler." [TN: Saki-chan mengucapkannya dalam bahasa inggris.]

Oh, pengucapan bahasa inggrisnya sangat fasih.. tidak, lebih penting apa benda itu?

“Itu sama seperti ini. Apa kamu tidak pernah menggunakannya?”

Ayase-san mengeluarkan benda plastik dari laci, yang terlihat seperti seseorang telah memotong ujung berbentuk Y dengan pisau dan menunjukkannya padaku.

“Ahh, pengupas kentang.”

"Itu benar, ini—"

Ayase-san mengembalikan pengupas ke tempat asalnya dan sekarang meraih alat yang sebelumnya ia gunakan, meletakkannya di atas kentang yang baru saja dia cuci.

"Kamu bisa menggunakannya seperti ini.. perlahan-lahan untuk mengelupas kulitnya."

“Oh, begitu ya.”

"Kamu juga bisa menggunakan sesuatu seperti ini."

Dia mengembalikan kentang dan penjepit kecil itu dan sekarang pindah untuk mengeluarkan bagian atas semua pemotong dari laci yang masih terbuka.

"Apakah itu juga pengupas?"

"Mnm..."

Ayase-san mengangguk.

"Kenapa ada begitu banyak pengupas yang berbeda?"

“Asamura-kun, tidak hanya pengupas. Lihat." Dia menutup laci dan membuka satu di bawahnya.

Aku benci mengulangi kata-kataku sendiri. Tapi, baik aku maupun Ayahku jarang memasak. Itu sebabnya, kami hanya memiliki peralatan masak yang kami butuhkan saja. Aku tidak tahu kapan itu terjadi. Tapi, laci yang dibuka Ayase-san sekarang terisi penuh dengan peralatan masak yang lebih kecil dan seringkali terlihat aneh.

“Lihat, kami bahkan membeli sebanyak ini saat pertama kali pindah ke sini."

'Ibuku tipe orang yang tidak bisa menolak kalau sudah mendapat rekomendasi dari karyawan yang menawarkan produknya. Jadi, yah.. dia membeli semuanya.'

Ungkapan tertentu yang kudengar beberapa waktu lalu muncul kembali di benakku.

Apakah Akiko-san mungkin pelanggan terbaik bagi toko itu?

"Padahal, Ibu biasanya memasak hanya dengan menggunkan satu pisau dapur. Tapi, setiap kali seseorang mengatakan kepadanya bahwa 'lebih baik memiliki ini daripada tidak'. Dia akhirnya menginginkannya.”

“Ahh, sepertinya aku mengerti itu."

"Tapi, dia masih menggunakan pisau dapur tunggal itu untuk mengupas kentang."

"Dia bahkan tidak menggunakan barang-barang yang dia beli?"

“Apa kamu mau mencobanya?” Ayase-san bertanya dan memberiku kentang yang baru saja dia cuci.

"Aku hanya perlu mengupas kulitnya, kan?"

“Yup, aku akan membuat salad kentang nanti. Nah, merebusnya dengan kulitnya dan mengupasnya nanti akan membuat rasanya lebih kental.”

Aku menerima pengupas dan kentang dari Ayase-san, dan saat mulai mengupas, aku mengerti kata-kata Ayase-san.

Ya, ini benar-benar merepotkan.

Kentang tidak memiliki permukaan yang bulat dan halus seperti apel, sehingga sulit untuk menemukan tempat untuk meletakkan pisau dan bagian yang dikupas membuat tanganmu licin. Pada saat penderitaan berakhir, kentang menjadi jauh lebih kecil dari sebelumnya. Pada saat yang sama, Ayase-san sudah menggunakan pisau dapur, namun menyelesaikan pekerjaannya jauh lebih cepat dariku. Dengan meletakkan pisau ke kentang dan perlahan memutarnya di tangannya seperti bumi berputar mengelilingi matahari, dia dengan cepat menyingkirkan semua kulitnya.

“Pemandangan yang bagus.”

“Aku sudah terbiasa,” kata Ayase-san dan beralih ke kentang ketiga.

Masih ada banyak kentang lain yang tersisa di saringan.

Baiklah, sudah waktunya bagiku untuk melanjutkan juga.

Ketika aku mengelupas kentang yang kedua, sekilas aku melihat Ayase-san menatapku dengan ekspresi agak bingung.. Ketika dia menyadari bahwa aku telah melihat itu, dia dengan panik mengembalikan pandangannya ke tangannya sendiri.

"Makasih ..." katanya dengan suara samar.

... Ya, sama-sama... 

Aku tidak sabar untuk makan salad kentang lezatmu.

Extra 3 - Hari membaca dengan adik tiriku [Volume 3]

Itu adalah suatu sore selama liburan musim panas. Aku sedang menikmati secangkir kopi di ruang tamu ketika Ayase-san mendekatiku.

“Asamura-kun, apa kamu punya waktu sebentar? Aku ingin meminjam buku untuk pelajaran bahasa Jepang modernku.”

Jadi dia berkata, yang membuatku berpikir. Aku memiliki lebih dari dua ratus buku yang tersedia, tetapi meminjamkannya satu dari itu ... Aku tidak tahu harus mulai dari mana.

“Boleh kok. Mau buku seperti apa yang ingin kau pinjam?"

"Emang buku apa saja yang kamu milikki?"

Yah, aku seharusnya berharap sebanyak itu. Dan itu bukan akhir dari masalahku. Aku hanya melihat satu jalan keluar yang masuk akal dari kesulitan ini.

“…Mau melihat-lihat rak bukuku?”

"Eh, nggak apa-apa nih?"

“Ya, akan lebih baik kalau kau memilihnya sendiri, Ayase-san."

Untuk mendapatkan sesuatu dari buku yang akan kau baca, pertama-tama kau harus memiliki minat terhadapnya. Itu yang paling krusial. Itu sebabnya, aku percaya cara tercepat untuk menyelesaikan ini adalah dengan memintanya melihat koleksiku sendiri.

"Masuklah."

"Terima kasih. Kamu menjaganya tetap bersih, ya?"

Saat memasuki ruangan, Ayase-san berkomentar sambil melihat sekeliling...... Untuk sepersekian detik tatapannya mengembara ke tempat yang aneh, bukan?

"Rak buku ada di sini." Aku menunjuk ke dua rak buku, masing-masing dengan dua pemisah vertikal.

"Eh? Itu tidak sebanyak yang kubayangkan."

“Buku-buku yang jarang kubaca ulang, aku masukkan ke dalam kotak kardus dan barang-barang ke dalam laciku—”

…Dan juga buku-buku yang buruk jika dilihat dalam kepemilikanku. Sejak Akiko-san dan Ayase-san pindah, aku lebih berhati-hati dengan bom waktu yang terus berdetak itu.

“Kelihatannya tidak banyak. Tapi, salah satu rak ini bisa menampung sekitar dua ratus buku paperback.”

“Dua… kamu bercanda, kan?!”

“Kau bisa menghitungnya kalau kau mau. Setiap pembagi adalah 25 buku. Jadi, kalau kau melakukan bagian atas dan bawah, depan dan belakang, itu seratus per pembagi dan ada dua untuk setiap rak."

"Jadi setidaknya ada 400 buku di sini ?!"

"Begitulah."

"Apa rak bukunya baik-baik saja?"

“Ini bukan flat kayu murah yang dibangun pada tahun 30-an. Nah, ini dipilih dengan hati-hati. Rata-rata anak laki-laki sepertiku tidak bisa menyimpan semua buku yang pernah dia baca.”

Ditumpuk di atas satu sama lain, buku bisa menjadi sangat berat dengan cukup cepat. Bagi seorang pembaca buku yang rajin sepertiku, kekaguman yang tak ada habisnya adalah suatu hari nanti memiliki perpustakaan sendiri atau gudang buku, dengan rak buku besar menutupi dinding dan lautan sampul belakang yang tak berujung. Di tengah cahaya redup yang memasuki ruangan melalui tirai, aku menyesap kopi dan duduk di kursiku untuk membaca buku. Meskipun sudah terbiasa dengan gaya hidup seperti ini, itu adalah mimpi yang jauh di masa depan bagiku sebagai siswa SMA.

“Ini adalah Light Novel yang ringan untuk dibaca dan novel terkenal yang tidak akan membuatmu menyesal membacanya. Ini adalah novel fiksi ilmiah dan banyak yang praktis.”

Dan karena dia sudah memintaku, aku mungkin juga.

“Tidak masalah sekarang, tapi ini manga. Aku sebagian besar pindah ke yang digital akhir-akhir ini. Atau lebih tepatnya, aku harus melakukannya, karena aku benar-benar tidak mampu membeli lebih banyak buku fisik.”

“Yah, ini memang seperti dirimu, Asamura-kun."

“Senang kalau kau mengerti, Ayase-san.”

... Huh? 

Ini terjadi lagi. Sementara dia melihat-lihat bukuku, tatapannya berkeliaran dengan cara yang aneh. Mencapai sudut rak bukuku, dia dengan panik memutarnya kembali ke awal, mengulangi tindakan yang sama. Anehnya dia merasa gelisah. Satu-satunya di samping dua rakku adalah tempat tidur—

.... Tunggu, tempat tidur?

Mencapai pemikiran itu, aku ingat apa yang terjadi pada malam yang menentukan itu dua bulan lalu. Tidak mengenakan apa-apa selain pakaian dalamnya, Ayase-san mendekatiku sambil berbaring di tempat tidur. Muncul dengan ide cara yang relatif aman tetapi cepat untuk mendapatkan banyak uang, 'Dia datang ke kamar kakak tirinya untuk serangan malam' —Judul novel ringan seperti itu muncul di benakku. 

Jadi, aku dengan cepat menggelengkan kepalaku. Aku benar-benar tidak bisa tinggal dalam ingatan kulit putihnya yang diterangi oleh cahaya kamar yang redup. Jika aku harus menebak, alasan dia berusaha keras untuk tidak melihat ke tempat tidur adalah karena dia mengingat hal yang sama.

"K-Kalau begitu, aku akan meminjam yang ini."

"Y-Ya, ambil saja ..."

Segera setelah itu, dia langsung menghilang dari pandanganku, membuatku menghela nafas lega. Namun, saat itulah aku menyadari—aku tidak tahu buku apa yang dia pinjam.


Extra 4 - Hari membaca buku digital dan Yomiuri Shiori


Di balik kaca menunggu kegelapan malam. Lampu neon dari langit-langit menyinari ruangan. Karena saat itu pertengahan September, matahari terbenam paling cepat jam setengah 5 sore.

Sepulang sekolah, aku langsung menunju ke tempat pekerjaan paruh waktuku di toko buku. 

Di tengah perjalanan, aku bisa melihat matahari mulai terbenam.

Dan, sekarang aku sedang istirahat, aku melihat di luar sudah gelap gulita.

Di dalam ruangan sempit ini, suara seorang wanita muda bisa terdengar.

“Ahhh… Gaaaah… Guuuuuh…”

Ini telah berlangsung setidaknya selama sepuluh menit sekarang.

“Yomiuri-senpai, bisakah kau berhenti mengerang seperti zombie yang kesepian?”

Meskipun mengetahui Yomiuri-senpai karena kecantikan dan kecerdasannya, aku sekarang mempertanyakan apakah orang yang membenamkan wajahnya di lengannya saat dia bersandar di meja di ruang istirahat benar-benar orang yang sama yang telah kukenal. Rambut hitam panjang dan mengkilapnya menutupi meja, dikombinasikan dengan kegelapan kuat yang berada di dalam ruangan, dikombinasikan dengan suara-suara tidak menyenangkan yang dia pancarkan, rasanya seperti aku masuk ke dalam adegan film horor. Aku hanya berharap orang-orang di luar tidak bisa mendengarnya.

“Kouhai-kuuuuun!”

Rahangnya masih bertumpu di atas meja saat dia mengarahkan pandangannya ke arahku dengan gerakan kepala yang tidak menyenangkan.

Bisakah kau hentikan itu? Kau benar-benar membuatku takut. Ini terlihat hampir seperti kepala yang terpenggal sedang duduk di atas meja!

"Apa yang sebenarnya terjadi?"

“Aku bisa melupakannya selama giliran kerjaku. Tapu saat istirahat seperti ini, semua penyesalan kelamku muncul lagi. Elektronik adalah iblis!”

"…Ya?"

“Hanya dengan satu ketukan, rekening bankmu mulai berteriak ketakutan karena kamu sama sekali tidak merasa bersalah, kau tahu?”

“Apa kau berbicara tentang pembayaran digital? Belanja online?"

Yomiuri-senpai dengan samar menggelengkan kepalanya. Kurasa aku salah.

Tapi, apa lagi yang bisa dia bicarakan…? Tunggu sebentar. Dia bahkan lebih gila buku daripada aku, bukan?

“…Apa kau berbicara tentang buku digital, Senpai?”

“Ada penjualan poin yang terjadi. Untungnya aku bisa mengembalikan setengah dari poin sebelum lebih.”

"Begitu ."

Kami telah mencapai titik waktu di mana membaca buku secara digital cukup standar. Sebagai seseorang yang bekerja di toko buku, itu saja merupakan bahaya besar bagi bisnis kami, tetapi melihat situasi di Jepang dan lokasinya, pembelian buku secara digital hanya akan meningkat mulai sekarang, kalau aku harus menebaknya. Akibatnya, perusahaan mengandalkan penjualan titik tersebut untuk membuat lebih banyak orang membeli, menciptakan insentif yang membuatmu merasa harus membeli sesuatu sekarang atau tidak sama sekali.

"Ini pada dasarnya adalah penjualan dua-untuk-satu!"

“Jadi, kalau kau membeli dua buku, kau masih akan mendapatkan apa yang semula kamu beli, bukan?”

“Apa kamu benar-benar melihat harga saat membeli buku?”

Kali ini, aku menggelengkan kepalaku. Akui membeli buku karena aku ingin membacanya, bukan karena murah.

“Pada akhirnya, harga hanyalah pemecah gelombang terakhir.”

“Hehe, pada akhirnya, kamu milik pihak ini."

"Apa ini, upaya buruk dari organisasi jahat untuk memenangkan seorang pahlawan?"

Yomiuri-senpai adalah seorang mahasiswi yang bekerja paruh waktu. Dia memiliki giliran kerja yang lebih lama dariku. Jadi, dia seharusnya memiliki lebih banyak uang untuk dibelanjakan…

“Aku dikalahkan~”

"Apa kau membeli banyak buku?"

"Seluruh seri dengan volume tebal yang cukup berat untuk digunakan sebagai senjata pembunuhan."

Jadi begitu. Aku bisa memikirkan novel misteri yang cocok dengan deskripsi itu.

“Menurutmu apa manfaat era digital kita?”

Bertemu dengan kuis pop mendadak ini, aku memiringkan kepalaku. Kau dapat mengubah ukuran huruf, membaca apa pun yang kau inginkan di mana pun kau berada, dan…

“Bisa di baca di smartphonemu, kurasa? Kalau digital, buku-buku itu praktis tidak ada artinya."

“Ding ding ding! Itu sebabnya, aku merasa lebih baik semakin besar dan tebal buku-buku itu!”

"Tapi, kau kehilangan kesenangan memegangnya di tanganmu."

"Kalau begitu, aku akan membeli beberapa salinan fisik kalau aku mau!"

“Ah, benar. Tapi, jangan bilang…”

"Aku membeli semua volume."

"Kau membeli semuanya, ya?"

Yomiuri-senpai mengerang dalam kekalahan, tapi—

"Bukankah kau mengatakan bahwa kau lebih suka menyesal membeli sesuatu daripada tidak membelinya?"

“Aku sudah selesai membaca semuanyaaaaaaaaaaa!”

Ah, sekarang aku tahu apa masalahnya ...





|| Previous || Next Chapter ||
6 comments

6 comments

  • SHIORI
    SHIORI
    26/3/22 19:58
    Extra 4 nya nanggung cuy
    Reply
  • agos purnomo
    agos purnomo
    18/3/22 11:28
    Vol 5 kapan ya gaes ?
    Reply
  • Anonymous
    Anonymous
    19/2/22 17:59
    Ini timeline nya sekitar vol 2 kayaknya ya
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    16/2/22 05:01
    Semoga volume terbarunya cepat keluar👍😁
    Reply
  • Lana
    Lana
    15/2/22 14:07
    Next volume kapan
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    15/2/22 13:53
    Pler🤣
    Reply
close