-->
NWQA9y4fvqTQ9rz5lZU0Ky7avuunQd0OpkNmfOuq
Bookmark

Gimai Seikatsu Volume 8 Chapter 11

Chapter 11 - 7 Juni (Senin) - Asamura Yuuta


Tanggal 7 Juni merupakan hari istimewa bagi keluarga Asamura-Ayase yang baru saja bergabung
.
Hari itu lebih penting daripada hari libur nasional mana pun, tetapi tidak ada entri kalender yang nyaman yang menyisihkan hari itu sebagai hari yang istimewa.

Namun, hari itu merupakan peristiwa besar bagi kami, sehingga orang tua kami mengesampingkan rutinitas harian mereka, khususnya untuk hari itu.

Hari itu adalah peringatan satu tahun kami semua mulai hidup bersama.

Tepat satu tahun yang lalu, Akiko-san, Ibu Tiriku dan Ayase-san, Adik Tiriku, pindah ke rumah tempatku dan Ayahku tinggal.

Tapi, hanya karena ini adalah hari jadi, bukan berarti tidak ada yang berubah. Selain kami berempat selalu bersama, itu adalah pagi yang biasa.

Wajah pertama yang kulihat di meja sarapan adalah wajah Ayase-san, wajah yang sudah dibersihkan dan riasan wajahnya yang terlihat alami, sekarang sudah siap untuk pergi ke sekolah.

Sarapan ala Jepang buatan Akiko-san sama lezatnya dengan hari Senin lalu.

Aku duduk di meja makan dengan aroma ikan bakar yang tercium.

Ayase-san berada di sebelahku, Ayahku di seberangku dan Akiko-san di sebelahnya - tempat duduk tetap untuk keluarga kami yang beranggotakan 4 orang. Ya, kami hidup di habitat alami sebagai sebuah keluarga.

Itu bukanlah situasi yang membuatku gugup atau cemas, aku merasa santai.

Akhir-akhir ini aku terlalu sadar akan kehadiran Ayase-san. Aku merasa keberadaanku seperti awan gas yang tidak berbentuk, yang secara otomatis berubah bentuk saat dia ada di dekatku. Aku tersiksa oleh perasaan mengambang dan tidak berbobot, seolah-olah aku sedang berenang di udara dan tidak dapat menjaga kakiku tetap di tanah.

Tapi sekarang, semuanya baik-baik saja.

Meskipun aku bisa merasakan kehadiran Ayase-san di sampingku, aku bisa tetap tenang. Pikiran dan penglihatanku jernih dan aku bahkan bisa melihat ikan makarel panggang di depanku dengan detail yang jelas.

"Bisakah kamu memberikan kecap asin, Saki?"

"Mm, ini dia, Yuuta-niisan."

Ada sedikit penundaan, tetapi dibandingkan dengan minggu lalu, kami bisa menggunakan nama depan masing-masing dengan lebih lancar.

Saki telah memanggilku "Niisan" di depan orang tua kami untuk sementara waktu dan aku memanggilnya "Saki" pada awalnya agak canggung, tapi setelah beberapa hari aku akhirnya terbiasa.

Ayahku tidak curiga dan senyum Akiko-san dengan jelas menunjukkan bahwa ia menganggapnya menawan.

"Kalian berdua tampaknya sudah lebih akrab satu sama lain dibandingkan tahun lalu. Aku senang kalian terlihat rukun."

"Banyak yang bisa berubah dalam setahun," kata Saki dengan santai saat Akiko-san menghela nafas lega.

Bukan hanya waktu yang telah menyelesaikan segalanya. Tapi sebaliknya, kami telah melalui perubahan yang bertahap dan berantakan untuk sampai ke tempat kami berada saat ini.

Melihat ke belakang, 'Banyak yang bisa berubah dalam satu tahun' merangkumnya dengan cukup baik. Setidaknya, rangkuman sederhana itu sudah cukup bagi orang tua kami, yang tidak tahu bahwa kami sedang berjuang untuk menemukan jarak yang tepat di antara kami sampai saat ini.

"Tapi jika ada sesuatu yang kurang tepat dengan pengaturan saat ini, beritahu kami.
Kami akan melakukan yang terbaik untuk menciptakan lingkungan yang nyaman bagi kalian."

"... Apa yang kamu bicarakan tentang ujian tengah semester?"

"Ah, ya, itu... Kalian berdua tampaknya mengalami kesulitan dengan itu," kata Ayahku dengan ragu-ragu.

Dia mungkin mencoba untuk memahami tekanan yang kami hadapi sebagai murid.

"Jangan memaksakan diri. Aku tahu penyebabnya."

"Begitukah?"

"Ya, kami tidak bisa berkonsentrasi penuh pada ujian tengah semester karena kami disibukkan dengan ujian masuk dan membiasakan diri dengan sekolah baru. Tapi kami tidak akan menggunakan itu sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Kami tahu alasannya, jadi kami bisa melakukan yang lebih baik di lain waktu."

Aku tidak berbohong. Lebih tepatnya, kurangnya konsentrasi disebabkan oleh hubunganku yang hampir seperti ketergantungan dengan Ayase-san. Tapi aku belum bisa mengatakannya dan aku juga tidak perlu mengatakannya.

"Aku sudah membicarakannya dengan Saki juga."

"Mm... jangan khawatirkan kami."

"Baiklah. Jika kalian berdua mengatakan kalian baik-baik saja, kami percaya padamu."

"Fufu, tuh 'kan? Aku sudah bilang kan?"

Akiko-san tersenyum bahagia saat dia menyentuh bahu Ayahku yang terbaring lemah.

Apa maksudnya?

Saat aku dan Ayase-san bertukar pandang bingung, Akiko-san dengan nakal berbicara seperti anak SD yang sedang mengomel pada seseorang.

"Taichi-san khawatir kalau-kalau dia melakukan sesuatu yang aneh dan tanpa disadari menyebabkan kalian berdua tertekan."

"Ah, Akiko-san, apa kamu benar-benar perlu mengatakannya pada mereka?"

"Tidak apa-apa, tidak perlu menyembunyikannya. Lagipula, ini berhubungan dengan percakapan yang akan kita lakukan nanti."

"Yah... ya, kamu benar. Itu benar."

Percakapan apa yang akan kita lakukan nanti?

"Kalian berdua sepertinya sedang berjuang dan kami khawatir itu mungkin karena kita menikah. Kami mengalami banyak hari ketika kami tidak berada di rumah karena pekerjaan dan meskipun baru-baru ini kami melakukan lebih banyak pekerjaan rumah tangga, juga benar bahwa kalian masih harus meluangkan waktu untuk pekerjaan rumah tangga dan memasak. Kami pikir mungkin keluarga yang normal akan memberikan lingkungan yang lebih baik untuk belajar."

"Itu tidak-"

"Tidak sama sekali. Sama sekali tidak."

Penyangkalan kedua kakak beradik itu saling tumpang tindih.

"Kalian sudah bersikap baik pada kami. Kami tidak ingin terlalu menuntut dan meminta lebih."

"Hehe, lihat, Taichi-san? Mereka berdua kuat dan bisa diandalkan. Semuanya baik-baik saja."

"Haha. Ya, kamu benar. Maafkan aku karena tidak cukup mempercayai kalian berdua."

Dengan Saki yang mendukungnya dan Akiko-san yang mengolok-oloknya, Ayahku menggaruk bagian belakang kepalanya, terlihat malu.

Meskipun dia tertawa, aku tahu bahwa ini adalah masalah yang serius baginya.

'Dengan Ibu kandungku, dia mengira bahwa dia baik-baik saja, tetapi sebelum dia menyadarinya, ikatan itu sudah rusak. Dia hanya berusaha untuk bekerja keras dan menafkahi keluarganya, dia disalahkan seolah-olah dia adalah satu-satunya yang salah dan hubungan itu berantakan. Itu adalah kenangan yang masih dia pegang.'

Kenangan itu sudah agak memudar sejak ia menikah lagi, tetapi masih tersisa sebagai residu keruh di dalam hatinya.

Itulah mengapa dia peka terhadap ketidaknyamanan atau kegelisahan sekecil apa pun pada keluarga kami, termasuk Saki dan aku, dan mencemaskannya.

Kurasa, fakta bahwa Ayahku bisa rileks dan terlihat lega hanya dengan sedikit penyesuaian terhadap satu sama lain, merupakan bukti bahwa ia sudah mengatasi traumanya dan hidup bahagia sekarang.

...Tunggu, apa topik utamanya lagi?

Akiko-san telah mengatakan sebelumnya, 'Selain itu, ini berhubungan dengan percakapan yang akan kita lakukan nanti.'

"Um, aku mengerti kalian mengkhawatirkan kami.. tapi, apa yang kamu maksud dengan barusan? Mengenai topik pembicaraan?"

"Oh, ya, benar juga. Tentang itu..." Ayahku mencondongkan tubuh ke depan dan dengan penuh semangat menjelaskan, "Akhir pekan depan, kami berpikir untuk melakukan perjalanan pada hari Sabtu dan Minggu."

"Eh? Kita berempat?"

"Tidak. Um, maaf, aku memang ingin melakukan perjalanan berempat, tapi kali ini..."

"Hanya kalian berdua untuk ulang tahun pernikahan kalian, kan?"

Melihat Ayahku kesulitan untuk mengeluarkan kata-kata, Saki datang membantu.

Ah, sekarang aku mengerti.

Keluarga baru kami telah bersama selama setahun, tapi itu juga berarti ini adalah ulang tahun pernikahan pertama Akiko-san dan Ayahku.

"Ini agak terlambat, tapi aku ingin merayakan ulang tahun pernikahan kami. Tapi Taichi-san khawatir kalau membicarakan tentang perjalanan di saat kalian berdua sedang berjuang dengan studi kalian."

"Oh, jadi seperti itu... Aku tidak tahu kau bisa begitu perhatian, Ayah."

"Yuuta, apa kau mengolok-olok Ayahmu?"

"Tidak, aku benar-benar mengagumimu kok."

"Wow, cara yang bagus untuk mengatakannya. Apa kamu mendengarnya, Akiko-san? Yuuta selalu seperti ini!"

"Hehehe."

Saling ejek yang lucu antara Ayah dan anak yang dekat dan keluhan yang berlebihan dari sang Ayah, membuat sang ibu tertawa terbahak-bahak dan sang adik menggeleng-gelengkan kepala sambil tersenyum kecut. Aku menyukai pemandangan kami sebagai sebuah keluarga. Pikiran itu muncul secara alami dalam benakku. Aku yakin Saki juga merasakan hal yang sama, karena ketika aku melirik ke arahnya dan mata kami bertemu, dia tersenyum dengan lembut.

Dan aku tahu tanggapan kami terhadap usulan orang tua kami adalah sama: "Tidak apa-apa, pergilah dan nikmati perjalanan kalian sebagai pasangan."

Ketika aku memikirkannya, setahun terakhir ini merupakan tahun yang penuh dengan kekhawatiran bagi kami, orang tua dan anak-anak. Tidak banyak kesempatan bagi mereka untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama sebagai pasangan suami istri. Sebagai pasangan yang sama-sama bekerja dan memiliki jadwal yang berbeda, aku ingin mereka menikmati hari jadi mereka tanpa gangguan. Itulah perasaan tulus yang aku dan Saki tunjukkan kepada orang tua kami.

"Makasih, ya. Aku akan menikmati perjalanan ini dan bersenang-senang," kata Akiko-san sambil tersenyum.

Melihat wajah bahagia orang tua kami, aku dan Saki yakin kami telah memilih kata-kata yang tepat untuk diucapkan.

Sampai kami mendengar kata-kata Akiko-san selanjutnya.

"Kalian akan sendirian selama akhir pekan. Jadi, berhati-hatilah dengan mengunci pintu. Kami akan meninggalkan sejumlah uang untuk kalian gunakan sesuka hati. Kalian bisa makan di luar jika kalian tidak punya waktu untuk memasak di rumah. Kalian bahkan bisa menggunakannya sebagai uang jajan."

Aku tidak tahu apakah "Hah?" yang mengejutkan itu keluar dari mulut Ayase-san atau aku.

Mungkin itu berasal dari kami berdua pada saat yang bersamaan. Akhir pekan tanpa orang tua kami. Kami pernah mengalami malam-malam tanpa kehadiran mereka sebelumnya, tapi hampir tidak ada hari di mana mereka tidak pulang sama sekali.

Aku menelan ludah dengan gugup.

Di sekolah, kami lebih dekat dan di rumah, kami menjaga jarak.

Bagi kami-yang baru saja mengambil langkah pertama dalam kehidupan baru kami sebagai saudara tiri dan sepasang kekasih-ini mungkin merupakan tantangan nyata pertama kami.






|| Previous || ToC || Next Chapter ||
Post a Comment

Post a Comment

close