-->
NWQA9y4fvqTQ9rz5lZU0Ky7avuunQd0OpkNmfOuq
Bookmark

Gimai Seikatsu Volume 8 Chapter 9

Chapter 9 - 1 Juni (Selasa) - Asamura Yuuta


Ruang kelas menjadi jauh lebih terang.

Sejak bulan Juni, kami menanggalkan jaket berwarna gelap dan mengganti dengan seragam yang berwarna lebih terang. Cuaca juga mulai memanas dan hari ini terasa panas seperti berada di bawah terik matahari, sehingga jendela kelas terbuka lebar sejak pagi.

Musim yang membangkitkan semangat kami.

...Yang mana hal ini bertolak belakang dengan kami murid kelas 3 SMA Suisei pada hari itu, karena kami harus menghadapi cuaca yang suram dan agak mendung serta kemungkinan turunnya hujan.

Saat itu adalah waktu belajar mandiri sepulang sekolah dan seluruh kelas ramai. Nada percakapannya adalah campuran antara kebahagiaan dan kesedihan dan wali kelas kami, yang biasanya berteriak di kelas karena berisik, tidak melakukan upaya apa pun untuk menenangkannya.

Tidak terlalu mengejutkan, pikirku sambil menatap hasil cetakan di depanku-hasil ujian tengah semesterku.

Aku sudah mengetahui nilai untuk setiap mata pelajaran berdasarkan lembar jawaban yang dikembalikan oleh guru masing-masing.

Yang kupegang adalah rapor yang merangkum nilai untuk semua mata pelajaran. Di dalamnya terdapat peringkat, nilai rata-rata dan bahkan nilai standar internal seluruh sekolah. Singkatnya, aku menatap cermin yang memantulkan kemampuan akademisku.

Aku melihat angka-angka itu - nilai rata-rata pribadiku sekitar 74 poin.

Lah malah turun...

Tidak buruk dibandingkan dengan kelas lainnya, tetapi nilaiku benar-benar menurun sejak ujian terakhir kami.

Tahun lalu, aku tidak terlalu peduli, tapi tahun ini berbeda. Ujian masuk sudah di depan mata. Siswa lain juga menyadari hal itu dan telah beralih ke mode belajar. Jadi tentu saja, rata-rata keseluruhan juga melonjak.

Performaku menurun pada saat seperti ini adalah masalah serius.

Fakta bahwa peringkatku tidak turun tidak banyak mengangkat semangatku.

Setelah mengobrol dengan Yomiuri-senpai, secara naifku berpikir bahwa aku akan mengincar Universitas yang bagus untuk memiliki pilihan yang lebih luas untuk masa depanku. Tapi pada tingkat ini, hal itu mungkin hanya mimpi belaka.

Di atas segalanya, aku tidak boleh berbangga diri. Tidak di depan Ayahku atau Ayase-san.

Didorong oleh rasa frustrasi, aku menengok ke arah Ayase-san untuk mengukur seberapa baik yang telah dia lakukan. Tapi, aku tidak bisa membaca apapun dari profilnya. Mungkin dia melakukannya dengan baik atau mungkin tidak ada yang berubah.

Melihat sekeliling kelas, sepertinya semua orang merasa sedikit sedih-bahkan mereka yang nilainya meningkat. Baru saja mendapatkan hasil ujian tengah semester adalah pengingat bahwa kami semua adalah peserta ujian masuk.

Jadi, meskipun wajah Ayase-san terlihat murung, namun sulit untuk mengetahui apa yang sebenarnya dia rasakan. Namun, dia terlihat sedikit khawatir. Mungkin dia juga mengalami hal yang sama.

Apa yang aku pikirkan?

Apa pun hasil yang diperoleh Ayase-san, tidak akan mengubah nilai rata-rataku yang menyedihkan.

Namun, didorong oleh kecemasanku sendiri, aku mendapati diriku mengamati perilaku Ayase-san untuk melihat apakah dia merasa sedih dengan hasilnya. Seolah-olah aku berharap nilainya turun seperti nilaiku.

Payah sekali..

Sesaat dalam menilai atau tidak, berharap Ayase-san tidak melakukannya dengan baik hanya untuk membuat diriku merasa lebih baik adalah hal yang menjijikkan.

Selain itu, dia pandai belajar mandiri. Ada kemungkinan besar bahwa dia meningkatkan peringkatnya, bukan turun. Dia mungkin hanya menyembunyikan kegembiraannya karena memikirkan teman-teman sekelasnya yang lain. Membayangkan hal itu hanya menambah kecemasanku yang tak terlukiskan.

Entah bagaimana caranya, aku ingin mengubah pola pikirku dan meningkatkan nilaiku. Alangkah baiknya jika ada semacam katalisator untuk melakukan hal itu. Tanpa katalisator, konsentrasiku mungkin tidak akan kembali normal.

Belajar mandiri berakhir dan teman-teman sekelasku meninggalkan ruangan. Ayase-san melirikku sebelum pergi juga. Sementara itu, Yoshida sudah menghilang. Anggota klub olahraga kelas tiga biasanya berhenti pada bulan Juni dan menyerahkan tongkat estafet kepada Kouhai mereka atau, seperti Yoshida, mereka berusaha ekstra keras di babak final.

Maru muncul di kepalaku. Jika dia bersamaku, kami akan berdiskusi tentang hasil ujian kami seperti yang biasa kami lakukan, tapi ini adalah musim panas terakhir bagi anggota klub bisbol kelas tiga. Akan sangat egois jika aku mengganggunya dengan masalahku. Maru, dan mungkin Shinjo di klub tenis, pasti sibuk dengan kegiatan klub dan belajar. Aku benar-benar tidak ingin mengganggu mereka.

Aku memasukkan raporku ke dalam tas. Tidak ada gunanya menangisi hal itu. Ujian masuk akan datang, entah aku mengeluh atau tidak. Jika aku tidak mengubah sesuatu secepatnya, nilaiku akan terus menurun, itu yang aku tahu.

Saat itu hari Selasa sepulang sekolah. Biasanya aku akan berangkat ke pekerjaan paruh waktuku, tapi karena ada ujian tengah semester, aku bilang ke Manager toko buku bahwa aku akan libur sampai hari ini.

Aku menggunakan waktu tersebut untuk fokus menghadiri kuliah persiapan sekolah. Aku juga ada kelas tambahan hari ini.

Jadi, aku melompat ke atas sepedaku dan langsung melaju dengan kecepatan penuh ke sana.

* * *

Dengan rapor yang mengecewakan yang masih segar dalam ingatanku, aku memperhatikan dengan seksama kuliah sekolah persiapan.

Meskipun kupikir konsentrasiku lebih baik dari biasanya, aku masih merasa belum cukup baik. Saat bel berbunyi tanda berakhirnya kuliah, aku mulai memikirkan cara untuk mengubah pola pikirku.

Hari itu adalah hari terakhir kuliah sekolah persiapan yang kuhadiri sebagai pengganti pekerjaan. Waktu sangat penting.

Katalisator yang kucari jatuh tepat di pangkuanku saat aku meninggalkan sekolah.

... Ini dia! Aku berpikir saat aku melihatnya.

Aku berhenti di depan papan pengumuman di dekat pintu masuk dan melihat selebaran yang menarik perhatianku.

Ditulis dengan huruf tebal, brosur itu bertuliskan 'Kamp Studi Intensif Musim Panas' Rupanya itu melibatkan belajar intensif untuk ujian, tanpa harus pulang ke rumah di malam hari.

Aku tidak ingat kapan brosur itu pertama kali disebarkan, tetapi bukankah fakta bahwa brosur itu menarik perhatianku merupakan tanda bahwa aku khawatir tentang bagaimana studiku?

Yang benar-benar menarik perhatianku adalah dua karakter untuk "konsentrasi."|1| Tidak ada keraguan dalam pikiranku bahwa kurangnya konsentrasiku adalah alasan untuk nilai ujian tengah semesterku yang mengecewakan.

Sejak aku dan Ayase-san berada di kelas yang sama, aku selalu memperhatikannya.

Meskipun tidak ada yang terjadi baru-baru ini, namun pikiranku disibukkan dan jika kami berada di tempat yang sama, aku mengikutinya dengan mataku.

Bahkan ketika kami tidak bertatap muka di rumah, hanya dengan mengetahui bahwa dia ada di kamar sebelah, sudah mengalihkan perhatianku. Ini bukan salah Ayase-san. Tapi, aku takut jika aku terus berada di dekatnya, segalanya akan menjadi tidak terkendali sebelum aku menyadarinya.

Wajah sebenarnya dari kecemasan yang kurasakan tentang hasil ujian tengah semesterku terlihat jelas pada saat ini. Aku perlu menempatkan sumber kecemasanku di luar jangkauan tanganku-cukup jauh sehingga aku tidak perlu secara sadar mencoba untuk tidak menyadarinya.

Sambil melihat brosur itu, aku memikirkan rencanaku untuk liburan musim panas. Aku berencana mengurangi jam kerjaku di tempat kerja. Jelas sekali, nilaiku merosot dan ujian masuk perguruan tinggi sudah dekat.

Aku bisa menggunakan waktu itu untuk menghadiri sekolah persiapan. Ayase-san bukan siswi di sini. Jadi, berkonsentrasi seharusnya tidak menjadi masalah. Faktanya, hari ini sedikit membuktikan hal itu. Tapi dari segi keuangan, aku tidak mampu untuk mengambil kursus lagi. Dengan pekerjaan yang tertunda, kantongku akan semakin ketat.

Aku mungkin masih akan menghadiri kelas, tapi akan sulit untuk membayar lebih banyak lagi.

Haruskah aku menggunakan ruang belajar mandiri seperti Fujinami-san? Tunggu dulu, bukankah berjalan dengan susah payah di bawah terik matahari ke stasiun Shibuya yang ramai, lelah dan kemudian mencoba untuk belajar sangatlah tidak efisien?

Itulah yang akhirnya kupikirkan.

Namun, jika keadaan terus berlanjut seperti ini, aku pasti akan mulai menghabiskan lebih banyak waktu di rumah.

Lalu apa yang akan terjadi?

Aku akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan Ayase-san, begitulah. Kami akan bertemu satu sama lain saat bangun di pagi hari, saat membuat makan siang, di ruang tamu saat istirahat di malam hari dan di ruang makan untuk makan malam.

Ini buruk. Hapus itu. Tidak, itu tidak buruk. Sebenarnya, aku sebenarnya senang dengan hal itu, tapi itu juga yang membuatku tidak senang.

Jika aku merasa seperti itu dalam kehidupan sehari-hari, apa yang akan terjadi saat liburan musim panas dimulai dan kami berada di bawah satu atap selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu?

Aku mengambil selebaran untuk perkemahan musim panas dari amplop yang ditempelkan di papan pengumuman.

Demi masa depanku dengan Ayase-san, mungkin aku harus sengaja memberi jarak di antara kami untuk sementara waktu.

Aku meninggalkan gedung dan melihat ke atas, melihat bahwa langit tertutup awan tebal. Cuaca sepertinya berubah menjadi lebih buruk dan angin yang menerpa kulitku terasa lembap. Aku bisa mencium bau hujan. Dengan tekad bulat, aku meninggalkan sekolah persiapan.

* * *

Ketika aku hendak mengeluarkan sepedaku dari tempat parkir sepeda, aku melihat ada notifikasi LINE di smartphonenku.

"... Ayah?"

Aku membuka aplikasi dan membacanya.

> (Bapa): Pertemuan yang mendesak telah tiba. Akiko-san mengatur agar Saki-chan menggantikan giliranku.

Hah? Oh, dia berbicara tentang rotasi memasak kami.

Ini hari Selasa. Jadi, Ayahku yang seharusnya memasak. Awalnya, aku ada pekerjaan hari itu, jadi sekarang gilirannya. Itu sebabnya aku bisa menghadiri sekolah persiapan. Ayahku tahu bahwa aku akan pulang terlambat. Jika kami harus berganti, kami tidak punya pilihan selain mengandalkan Akiko-san atau Ayase-san. Mungkin Akiko-san ada kesibukan lain atau Ayase-san setuju untuk menggantikannya karena ujian tengah semester sudah selesai.

Itu berarti Ayahku juga akan terlambat hari ini dan mengetahui Ayase-san, dia mungkin tidak akan makan malam sampai aku pulang.

Aku harus segera pulang dan membantu.. Memikirkan hal itu, aku naik ke atas sepeda.

Semangatku sedikit terangkat, karena membawa selebaran dari sekolah persiapan ke rumah.

Aku bersepeda di jalanan Shibuya, mengayuh sepeda dengan penuh semangat sambil menuju apartemenku.

Sepertinya aku akan sampai di rumah sebelum hujan mulai turun.

* * *

Prediksiku setengah benar dan setengah salah.

Ketika aku meluncur ke tempat parkir apartemen kami dan memarkir sepedaku, aku mengirim pesan LINE kepada Ayase-san untuk memberitahukan bahwa aku sudah sampai di rumah. Dia bukan tipe orang yang suka keluar dan bersenang-senang hanya karena hasil ujian sudah keluar. Jadi, seharusnya dia sudah sampai di rumah sekarang.

Dalam waktu yang hampir bersamaan, dia kembali.

> (Saki): Maaf, ini belum siap. Tolong tunggu sebentar lagi.

Aku terkejut karena kupikir Ayase-san tidak memiliki rencana khusus. Dia juga sudah meninggalkan kelas sebelum aku.

Aku membuka pintu apartemenku dan memanggil, "Aku pulang." Tidak ada jawaban, tapi aku bisa mendengar suara berisik dari dapur. Ketika aku mengintip ke dalam, Ayase-san sedang panik, memasak makan malam.

"Oh, selamat datang kembali. Maaf, aku agak terlambat. Aku akan segera menyiapkannya."

"Jangan khawatir, aku akan membantu juga."

Aku melempar tasku ke kamar, berganti pakaian dengan cepat dan kembali ke dapur.

Aku menawarkan bantuan, tetapi hanya sebatas yang kubisa lakukan tanpa melampaui batas.

Karena kami telah memutuskan untuk membagi peran kami, kami telah sepakat untuk tidak melanggar kesepakatan kami sebisa mungkin.

Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa orang yang memiliki tangan yang bebas seharusnya melakukan pekerjaan itu, tetapi melanggar sistem yang telah disepakati bisa berisiko.

Kebiasaan adalah hal yang menakutkan; setelah kau mendapatkan bantuan beberapa kali, kau mulai mengharapkan lebih dari itu dan bahkan mungkin mulai berpikir bahwa itu kejam ketika kau tidak mendapatkannya.

Kami harus tetap berpegang teguh pada sistem yang telah kami sepakati bersama, karena kami peduli satu sama lain.

Singkat cerita, yang terbaik adalah Ayase-san-yang telah menggantikan Ayahku-untuk memasak, sementara aku hanya bertindak sebagai asistennya.

Kami selesai membuat makan malam dan duduk bersama.

"Kalau begitu, mari kita makan bersama."

Ayase-san dan aku saling berhadapan dan menyatukan tangan. Makan malam sedikit lebih lambat dari biasanya.

Menu yang disajikan adalah sup miso, bayam ohitashi dan aburaage, salmon kukus dan jamur dengan mentega, dan nasi dengan acar lobak.

Pada pandangan pertama, sulit untuk mengatakannya, tetapi hidangannya praktis bersinar dengan teknik penghematan waktu.

Yah, bahkan aku mungkin tidak akan menyadarinya jika kami tidak bekerja sama.

Pertama, aku membasahi mulutku dengan sup miso.

Aku menghela napas lega. Aku berpikir mengapa aku melakukan itu bahkan ketika musim dingin sudah lama berlalu.

Mungkin karena sup miso itu panas.

Sup miso tersebut berisi rumput laut wakame dan daun bawang.

Aroma laut dengan lembut menyebar di mulutku. Maknyuss.

Wakame hanya perlu dihidrasi ulang dengan air dan daun bawangnya langsung dikeluarkan dari freezer. Jadi, tidak perlu banyak usaha untuk membuatnya. Ayase-san tampaknya lebih suka menggunakan sayuran segar sebanyak mungkin, tetapi dia memilih kenyamanan daripada rasa dalam hal ini.

Idenya adalah memotong daun bawang, memasukkannya ke dalam kantong ziplock dan membekukannya supaya bisa digunakan sewaktu-waktu. Meskipun sedikit berbeda dengan sayuran segar, menurutku, rasanya tetap lezat.

Selanjutnya, aku mengulurkan sumpitku untuk mengambil beberapa ohitashi dan aburaage. Saat aku mengunyah tahu gorengnya, kuah kaldu yang terbuat dari campuran dashi putih dan kecap asin merembes keluar. Bayamnya juga lembut dan lezat.

Hidangan ini tampak cukup sederhana, tetapi pengalaman membuat perbedaan.

Ayase-san memasukkan bayam ohitashi yang sudah jadi dan aburaage yang sudah dipotong ke dalam panci kecil, menambahkan bumbu secara langsung dan mematikan api pada waktu yang tepat untuk membuatnya dingin. Dia mengatakan bahwa ketika masakan yang direbus menjadi dingin, rasanya akan meresap. Aku akan kesulitan untuk mematikan api pada saat yang tepat ketika hidangan lainnya sudah siap dan pada suhu yang dapat dimakan.

Ayase-san mengatakan bahwa hal itu sederhana. Dia hanya memasukkan semua bahan dan selesai. Namun, orang yang sudah berpengalaman cenderung lupa bahwa akal sehat mereka tidak sama dengan orang lain. Meski begitu, hidangan salmon dan jamur mentega ini cukup sederhana bahkan untuk koki rendahan sepertiku.

Aku membelah salmon dengan sumpit dan memasukkannya ke dalam mulutku. Rasa kecap asin dan mentega memenuhi mulutku. Sumpitku segera meraih nasi putih. Jamur itu disebut bunashimeji |4|. Aku suka bagaimana aku masih bisa merasakan serat-serat di dalamnya bahkan ketika dimasak. Hidangan utama hari ini adalah pencuri nasi |5|.

Mengejutkan bahwa hidangan yang begitu lezat bisa dibuat di dalam microwave. Benar, alasanku mengatakan bahwa ini cukup sederhana bahkan bagiku untuk membuatnya adalah karena ini menggunakan microwave. Mungkin terlihat seperti menggoreng atau memanggang lebih umum dalam memasak, tetapi hari ini adalah tentang efisiensi maksimum. Mereka sama sekali tidak dibutuhkan. Ditambah lagi, melakukan lebih banyak lagi berartiku telah melampaui peran "asisten"ku.

Cepat dan mudah.

Itulah nama permainan untuk 'Resep Kukus Salmon dan Jamur Mentega Microwave yang Mudah.'

Aku selalu kagum pada repertoar resep Ayase-san.

Dia ingin memasak dengan baik, tetapi juga realistis tentang apa yang bisa dia lakukan dengan waktu dan bahan-bahan yang tersedia. Ini sangat khas dari dirinya.

Yang kulakukan hanyalah mengikuti instruksinya dan menyiapkan bahan-bahannya dalam waktu yang tepat. Ayase-san memotong dan membumbui mereka. Namun, rasanya sesuai dengan seleraku. Rasa asin dan kaya rasa yang pas.

Kapan dia bisa menyesuaikannya dengan seleraku, padahal aku tidak pernah pilih-pilih makanan?

Saat aku menyantap nasi panas yang masih mengepul, aku mulai menginginkan sesuatu yang dingin. Saat itulah acar lobak daikon bersinar. Teksturnya yang renyah sangat kontras dengan nasi, menambahkan warna dan kenyamanan pada makanan. Masakan Ayase-san benar-benar lezat, seperti biasa.

Ketika aku sedang menikmati makan malamku, Ayase-san tiba-tiba mengangkat sebuah topik.

"Sudah hampir ... setahun, bukan?"

Sumpitku berhenti.

Apa yang dia bicarakan? Oh, benar.

Sudah selama itu sejak kami bertemu dan mulai tinggal bersama.

"Sejujurnya, aku sedikit terkejut saat itu. Kupikir aku akan mendapatkan seorang anak sekolah dasar sebagai adik tiriku, tapi ternyata dia adalah seorang gadis seusiaku."

"Ah ya, itu terjadi, bukan?"

Ayase-san melemparkan senyum masam padaku.

Dia pasti sedang mengingat saat pertama kali kami bertemu.

Dia tidak suka difoto, jadi hanya ada foto-foto masa kecilnya. Selain itu, Akiko-san lupa menyebutkannya. Jadi, kupikir aku mendapatkan adik perempuan yang jauh lebih muda.

"Kamu tahu, aku sudah siap."

"Siap?"

"Untuk hidup dengan seseorang yang tidak bisa diajak berkomunikasi. Itu sebabnya aku senang orang itu kamu, Asamura-kun. Aku senang ada seseorang yang mau menyesuaikan diri satu sama lain."

"Akulah yang seharusnya mengatakan itu..." 

Tiba-tiba aku menyadari sesuatu.

'Aku tidak akan mengharapkan apa-apa darimu. Jadi, aku ingin kamu melakukan hal yang sama untukku.'

Itulah yang dikatakan Ayase-san ketika kami pertama kali bertemu.

Tidak mengharapkan apa pun dari satu sama lain dan berinteraksi satu sama lain dengan dasar pemikiran itu. Itu seharusnya menjadi pemahaman bersama kami.

Aku menyadari bahwa hal itu sama dengan masalah rotasi memasak kami.

Justru karena kami tidak melampaui batas satu sama lain, kami dapat mempertahankan status quo. Tapi untuk alasan yang sama, komunikasi yang baik di antara kami adalah kuncinya.

Begitulah cara kami membangun hubungan kami saat ini.

Sungguh konyol jika kami bisa membagi pekerjaan rumah tangga kami tetapi tidak bisa membicarakan hal-hal yang paling penting.

Mungkin aku belum berkomunikasi dengannya sebanyak yang seharusnya.

Aku merasa seperti itu lagi.

"Nee, Ayase-san, dengarkan," kataku, dengan lembut meletakkan mangkuk nasi dan sumpit.

Kemudian aku menumpahkan isi hatiku tentang rasa frustrasiku akhir-akhir ini.

Bagaimana aku merasa sulit untuk berkonsentrasi sejak kami berada di kelas yang sama. Bagaimana aku tidak bisa mengubah situasi tidak peduli seberapa keras aku mencoba. Bagaimana nilaiku tidak kunjung membaik. Dan, yang paling penting, bagaimana aku telah mengesampingkan masalahku dan mengabaikannya.

Ayase-san juga berhenti makan untuk mendengarkan.

Setelah mendengarkan sampai akhir, dia perlahan membuka mulutnya untuk berbicara.

"Hal yang sama juga terjadi padaku. Sejujurnya aku juga mengalami kesulitan."

"Eh?"

"Nilaiku merosot dan aku bahkan tertidur di kelas..."

Aku terkejut, jujur saja. Aku tidak bisa mempercayai telingaku.

Ayase-san yang selalu tenang di luar rumah, setidaknya di luar rumah, tertidur di tengah-tengah pelajaran?!

"Aku juga tidak mencoba menyesuaikan diri denganmu."

Aku tidak menyadarinya. Tidak, aku tidak mungkin menyadarinya. Pikiranku terlalu sibuk dengan masalahku sendiri untuk memikirkan Ayase-san. Aku tidak menyadari bahwa dia juga sedang berjuang.

"Tapi, kau tahu, jika itu aku sampai kemarin, aku mungkin tidak akan bisa menyesuaikan diri dengan baik satu sama lain bahkan jika kami mencoba. Sebenarnya..."

Dia menceritakan apa yang terjadi hari ini.

Sepulang sekolah, Ayase-san pergi ke Universitas Wanita Tsukinomiya dan berkonsultasi dengan Profesor Kudou tentang kemerosotannya baru-baru ini.

"Aku ingin kamu mendengarkan apa yang telah kupelajari, Asamura-kun. Lalu, aku ingin kita mengatasinya bersama-sama. Bisakah kita melakukannya?"

Setelah menanyakan hal itu, Ayase-san mulai menceritakan percakapannya dengan Profesor Kudou.

Ada satu kata yang terus muncul: ketergantungan.





|| Previous || ToC || Next Chapter ||

|1| Huruf kanji untuk konsentrasi adalah 集中.

|2| Ohitashi: Hidangan Jepang yang terbuat dari sayuran rebus, biasanya bayam, yang didinginkan lalu disajikan dengan saus kecap atau kaldu dashi. Aburaage: Bahan makanan Jepang yang terbuat dari tahu yang digoreng dan diiris tipis, biasanya digunakan sebagai pembungkus sushi gulung atau diisi dengan bahan-bahan seperti nasi dan sayuran.

|3| Wakame: Rumput laut yang dapat dimakan yang digunakan dalam masakan Jepang, dengan rasa yang sedikit manis dan asin, dan sering digunakan dalam sup, salad, dan hidangan nasi.

|4| Bunashimeji: Sejenis jamur dengan rasa ringan dan pedas yang digunakan dalam masakan Jepang, sering digunakan dalam sup, rebusan, tumisan, dan hidangan nasi.

|5| Pencuri nasi (飯泥棒) dapat merujuk pada hidangan atau masakan yang sangat lezat sehingga orang tidak dapat menahan diri untuk tidak memakannya dalam jumlah yang banyak, seolah-olah mereka "mencurinya".
Post a Comment

Post a Comment

close