NWQA9y4fvqTQ9rz5lZU0Ky7avuunQd0OpkNmfOuq
Bookmark

 

Gyaru ni mo Fukezu Jilid 1 Bab 5

 Penerjemah: Randika Rabbani 

Proffreader: Randika Rabbani 


Tanaka Note: Moga ae kalian tetep bisa baca di web yang nerjemah aslinya, gak web copasan sana yang ngambil terjemahan nya dari sini.


BAB 5 

“Kebahagiaan Sejati”



Bagian 1

"Lari keliling sekolah sebanyak tiga putaran? Mustahil! Sekolah ini luasnya kayak apa, coba?"

Sejak pelajaran olahraga dimulai, Otozumi terus saja seperti ini. 

Dia berjalan sambil terus mengeluh, membuatku dan Tanuma hanya bisa tersenyum kecut.

Pelajaran olahraga hari ini diisi dengan latihan mandiri karena guru sedang tidak masuk.

Seharusnya, menu latihannya adalah lari keliling sekolah tiga putaran lalu latihan beban, tapi karena tidak ada guru pengganti, semua orang jadi bermalas-malasan.

Saat aku sedang berpikir begitu, tiba-tiba terdengar suara langkah kaki dari belakang yang dengan cepat menyalip kami.

Tanuma berseru kagum, "Wah, anak-anak klub lari, rajin sekali, ya."

"Cih," Otozumi mencibir.

"Mereka tuh yang aneh. Aku sama sekali tidak mengerti, kok bisa mereka suka lari. Kan capek."

"Ada yang namanya runner's high, kau tahu?"

"Nggak perlu lari juga bisa high, kok."

Sementara mereka berdua asyik mengobrol, aku menatap ke langit.

Cuacanya serasa membuat hati jadi muram.

Awan abu-abu menyelimuti langit. 

Udara terasa lembap dan lengket di kulit. 

Sebentar lagi bulan Juni, mungkin musim hujan akan segera tiba. 

Seolah membenarkan pikiranku, bunga hydrangea yang bermekaran di pinggir jalan bergoyang tertiup angin.

"Eh?"

Otozumi memicingkan mata dan memayungi matanya dengan tangan.

Sepertinya dia menemukan sesuatu. 

Tiba-tiba dia berlari mendekati pagar kawat yang mengelilingi sekolah.

Sambil menoleh ke belakang, dia melambaikan tangan dengan riang.

"Sini, kalian berdua! Ada gadis-gadis yang sedang bermain bulu tangkis!"

"Wah, iya tuh!"

Karena Tanuma pergi, aku pun mengikutinya.

Kami berdiri di depan pagar kawat dan melihat ke seberang. 

Di lapangan belakang, ada beberapa siswi yang mengenakan seragam olahraga yang sama dengan kami sedang mengayunkan raket. 

SMA Takizaki memiliki warna seragam olahraga yang berbeda untuk setiap angkatan, jadi kami langsung tahu kalau mereka anak kelas satu.


Meskipun merasa agak risih karena seperti sedang mengintip, tanpa sadar aku mencari sosok tertentu di antara mereka.

"Shibumi-chan nggak ada, ya?"

"Iya, dia pasti bolos lagi. Tuh, lihat, dia lagi duduk di bangku sana."

Hah? Benarkah? Lagi?

Kata-kata mereka berdua menggangguku.

"Apa maksud kalian barusan? Dia pernah bolos juga sebelumnya?"

"Apa? Jangan-jangan kau tidak tahu?"

"Eh? Tooya tidak tahu? Akhir-akhir ini semua orang membicarakannya! Shibumi-chan tidak pernah ikut pelajaran olahraga. Katanya dia selalu izin untuk melihat saja."

"Eh?"

Aku tidak tahu... Jadi begitu...

Otozumi dan Tanuma bercakap-cakap, "Apa nilainya tidak apa-apa, ya?", "Entahlah."

"Kalau ada alasan yang jelas, meskipun hanya melihat-lihat saja, dia tetap bisa dapat nilai. Tapi kalau bolos, sih, susah."

"Ya, mungkin bolos, sih. Lihat saja, Shibumi-chan kan gyaru? Rambutnya bisa berantakan, dan dia pasti malas, makanya tidak mau ikut pelajaran olahraga."

Bukan begitu—

Aku menyangkalnya dalam hati.

Memang, Mikane itu gyaru, tapi dia berbeda dengan kelompok gyaru yang bermasalah. 

Dia orangnya jujur dan selalu menghadapi segala sesuatu secara langsung.

Malas dan bolos tidak sesuai dengan gambaran Mikane yang kukenal.

Tapi kalau bukan karena itu, kenapa dia bolos pelajaran olahraga? Aku benar-benar tidak tahu—sebenarnya, tidak juga...

Yang terbayang di kepalaku adalah kejadian saat kami sedang jalan-jalan di Morioka.

Saat sedang menikmati pasar "Yoichi" di Zaimokucho, Mikane tiba-tiba merasa tidak enak badan, sampai-sampai dia tidak bisa berjalan.

Aku tidak bisa melupakan keadaannya yang aneh saat itu.

Apa dia sakit, ya?

Kalau benar begitu, masuk akal juga dia punya sepeda lipat khusus itu. 

Mungkin dia punya sepeda itu agar sebisa mungkin tidak berjalan kaki atau naik sepeda biasa, dan bisa bepergian dengan bus.

"Ngomong-ngomong, bagaimana perkembanganmu dengan Shibumi-chan? Sudah ditembak?"

Otozumi tiba-tiba bertanya.

"Ti-tidak... Itu..."

Aku menundukkan kepala dengan lesu.

Meskipun hampir setiap hari bertemu dan pergi makan Dapan bersama, hubungan kami tidak berubah. 

Yah, wajar saja, sih. 

Aku kan tidak melakukan apa-apa.

"...Sebenarnya... aku belum melakukan apa-apa..."

"Hah? Serius?"

Otozumi bereaksi berlebihan.

Tanuma yang mendengarkan di sampingku pun menghela napas.

"Tooya, kau pasti tahu kalau Shibusawa itu sangat populer. Kalau kau lengah, dia bisa direbut orang lain. Sejauh yang kulihat sih, belum ada yang sepertinya bisa melakukannya. Tapi, jangan sampai lengah. Dia kan dulunya tinggal di Tokyo. Entah dia punya mantan pacar atau tidak, tapi dia pasti punya teman-teman lama di sana. Kalau mereka muncul, bisa repot. Sekarang kan ada smartphone. Bukan tidak mungkin mereka pacaran jarak jauh. Kalau kau terlalu santai, kau bisa menyesal nanti."

"Betul, betul."

"A-aku tahu..."

Meskipun keras, tapi memang begitulah kenyataannya.

Mikane memang sangat populer. 

Kalau aku lengah, dia bisa saja direbut orang lain. 

Meskipun belum ada saingan yang terlihat, aku tidak boleh tenang. 

Lagipula, aku baru mengenal Mikane selama sebulan. 

Aku tidak tahu apa-apa tentang orang-orang di Tokyo yang mungkin lebih keren, lebih asik, dan lebih kenal Mikane daripada aku......

Dulu, dia pernah bilang kalau aku orang kedua yang memuji namanya... Siapa orang pertama itu, ya?

"Ah..."

Aku melihat ke langit karena ada sesuatu yang dingin mengenai kepalaku.

Otozumi berteriak, "Wah, hujan!"

"Futa, Tooya, ayo lari!"

Diguyur hujan deras, kami pun berlari sekuat tenaga.

.

Bagian 2 

Hujan yang mulai turun saat pelajaran olahraga semakin deras di sore hari, dan masih terus berlanjut hingga jam pulang sekolah. 

Suara angin menderu kencang. Butir-butir hujan sebesar kelereng menghantam kaca jendela dan pecah berkeping-keping.

Karena Gedung 3 sudah tua, ruang klub sastra pun bocor.

Sesekali angin berhenti bertiup, suara tetesan air hujan dari atap yang bocor, tes...tes...tes..., terdengar bergantian.

"Cuaca yang buruk, ya?"

Mikane menatap kegelapan di luar jendela dengan wajah muram.

Mungkin karena kedinginan, dia memeluk tubuhnya sendiri dan terus-menerus menggosok-gosok tangannya sejak tadi.

Aku teringat ada pemanas ruangan, lalu meletakkan buku yang kubaca.

"Mau kunyalakan pemanas ruangan?"

"Eh? Ada pemanas?"

"Iya, kalau dikeluarkan, ada kok. Tapi kecil."

"Kalau begitu, boleh tolong nyalakan? Aku basah kuyup waktu pelajaran olahraga tadi. Dari tadi aku kedinginan terus..."

Waktu pelajaran olahraga, ya.

Mumpung lagi bicara soal olahraga, mungkin aku bisa tanya kenapa dia selalu izin. 

Tapi, bagaimana kalau dia jadi kesal? Ada hal-hal yang orang tidak ingin ditanyakan. 

Mikane selalu ceria dan bersemangat, bagaimana jika dia sakit? 

Pasti itu akan melukai citranya.

Dengan pikiran yang melayang-layang, aku mengeluarkan pemanas, meletakkannya di dekat kaki Mikane, dan menyalakannya.

Cahaya hangat dari pemanas membuat kaki Mikane tampak kemerahan.

"Hangat~ Terima kasih, Yukki."

"...Iya."

Tidak bisa. Aku tidak berani bertanya.

Menyerah, aku kembali ke sofa dan duduk.

Kuambil buku yang tadi kubaca dan membukanya di halaman yang sama.

Tapi, karena banyak pikiran, aku jadi tidak bisa fokus seperti biasanya.

"Ngomong-ngomong, Yukki milih jurusan apa?"

"...Untuk sekarang, aku memilih jurusan Sastra. Alasannya karena aku suka membaca..."

"Jurusan Sastra, ya~"

Mikane menopang pipinya dengan kedua tangan.

"...Kalau aku pilih jurusan IPA, kita jadi beda kelas, dong..."

"...I-iya."

Aku juga memikirkan hal itu.

Kalau bisa, sih, aku ingin sekelas dengannya. 

Tapi, aku rasa tidak boleh menentukan jurusan hanya karena alasan ada gadis yang kusuka.

Keheningan menyelimuti kami.

Mikane tidak membaca bukunya, dia hanya menatap cahaya pemanas.

Merasa sedikit canggung, aku berdiri sambil berkata, "Aku mau beli teh di mesin penjual otomatis di luar."

"Hati-hati di jalan~"

"Mikane mau minum sesuatu? Mau kubelikan yang hangat?"

"Tidak, tidak usah. Aku tidak apa-apa."

"Oh, baiklah. Kalau begitu, aku beli untukku saja."

Sambil mengeluarkan dompet dari tas, aku keluar dari ruang klub sambil melihat Mikane yang sedang menghangatkan tangannya di pemanas.

Kututup pintu ruang klub tanpa menoleh, lalu aku berpikir, 'Eh?'

Semua ruang klub gelap.

Tidak ada tanda-tanda keberadaan orang.

"Ah, hari ini hari Rabu, ya."

Klub Sastra yang kuikuti hampir setiap hari memang hobiku, tapi klub-klub lain tutup setiap hari Rabu. 

Karena aku seharian di ruang klub, aku sampai lupa kalau hari ini hari Rabu.

Saat itu, tiba-tiba lampu menjadi redup. 

Aku mendongak ke langit-langit gedung.

Bola lampu tua yang ada di sana berkedip-kedip dengan ritme yang tidak beraturan, kadang terang, kadang redup. 

Seekor ngengat kecil terbang di sekitarnya, mungkin masuk dari koridor.

Sebenarnya, aku tidak terlalu ingin minum teh.

Karena takut, aku ingin kembali. 

Aku berbalik.

Tapi, apa yang harus kukatakan pada Mikane? 

Aku tidak bisa bilang kalau aku tidak jadi pergi karena takut gelap, itu memalukan.

Setelah ragu-ragu, aku memutuskan untuk tetap pergi.

Aku berjalan cepat di koridor yang berbunyi.

Saat sampai di ujung tangga, aku berteriak, "Waah!" dan berhenti.

Seekor siput perak yang sangat besar sedang menyeberangi koridor. 

Kalau aku terus berjalan, mungkin aku akan menginjaknya. 

Aku tidak berpikir siput itu akan menyerangkku, tapi entah kenapa aku merasa ngeri dan tidak bisa bergerak maju.

Gooo... suara angin menderu. 

Suara hujan menghantam atap.

Siput perak itu terus merangkak dengan santai, seolah tidak peduli dengan semua itu.

"Meskipun itu bukan siput, tapi ada cerita pendek karya Kenji Miyazawa tentang lintah. Sepertinya judulnya 'Three people who graduated from Cairo head sinus bear school'..."

Banyak cerita dongeng karya Kenji Miyazawa yang menyeramkan. ‘Three people who graduated from Cairo head sinus bear school’ adalah salah satunya.

Tiga lulusan Sekolah Beruang, yaitu laba-laba bertangan merah panjang, lintah perak, dan rakun yang tidak pernah mencuci muka, percaya pada ajaran Guru Beruang Gua bahwa makhluk terbesarlah yang paling hebat. 

Setelah lulus, mereka menipu dan memakan hewan-hewan lain dengan berbagai cara.

Berwajah ramah, namun berhati dingin, begitulah ketiga hewan itu.

Cara mereka memakan hewan-hewan polos itu dengan lahap juga benar-benar mengerikan.

Tapi, ini bukan dunia dongeng, dan yang ada di depanku ini juga bukan lintah, melainkan siput. 

Tidak ada alasan untuk takut, kan?

Saat aku mengangkat kaki—

Uhuk uhuk! Hah... Hak hak uhuk uhuk...

Terdengar suara batuk yang keras dan suara seperti sesuatu yang jatuh.

"Suara Ini—"

Entah kenapa, aku punya firasat buruk tentang Mikane.

Aku tidak bisa tinggal diam!

Aku berbalik dan berlari sekuat tenaga.

Aku berlari di koridor tanpa henti, lalu mendobrak pintu ruang klub dan masuk.

"Mikane! Kamu baik-baik saja?"

Aku melihat sekeliling dan menemukannya tergeletak di lantai dalam posisi seperti orang jatuh.

Tas, smartphone, buku pelajaran, pulpen, handuk muka, kosmetik, setumpuk stiker, botol minum, dan berbagai macam barang berserakan di sekitarnya, sementara dia terbatuk-batuk dengan hebat.

Ambulans? Tidak, tidak akan sempat. Kalau begitu... pernapasan buatan? Ta-tapi, apakah ada gunanya dalam situasi seperti ini? Tunggu! Tenang! Aku tidak boleh panik sekarang!

Aku mundur selangkah dan mengamati situasi.

Lalu, aku menyimpulkan bahwa Mikane mungkin sedang berusaha mengambil sesuatu dari tasnya, tapi gagal, lalu dia terjatuh dan tasnya ikut jatuh, sehingga terjadilah kekacauan ini.

Apa yang ingin dia ambil?

...Pasti obat! Benda yang dia kira kacamata waktu itu, pasti itu inhaler!

Aku langsung meraih tas Mikane, memasukkan tangan ke dalamnya, dan meraba-raba isinya.

Inhaler... inhaler... inhaler... Ah, ketemu!

Bentuknya seperti kotak kacamata, tapi agak bengkok.

Aku berlari ke Mikane sambil membawa kotak itu, lalu membukanya dan mendekatkannya ke mulut Mikane.

Perlahan tapi pasti, napas Mikane mulai tenang.

"Mikane, kamu baik-baik saja?"

"...Iya..."

Syukurlah... Syukurlah...

Aku merasa lega sampai hampir menangis hanya karena mendengar suaranya yang pelan. 

Tapi, bagaimana aku bisa langsung tahu kalau itu inhaler, ya? Mungkin memang benar kalau dalam situasi genting, kita bisa mengeluarkan kemampuan lebih dari biasanya.

Aku terus menopang punggungnya yang hampir roboh. 

Sekitar lima menit kemudian, Mikane menghela napas pelan, lalu berkata dengan suara serak, "...Sejak pindah ke sini, aku tidak pernah kambuh... jadi aku agak... lengah... Mungkin karena kehujanan... Kalau Yukki tidak ada di sini, mungkin aku sudah..."

Ada banyak hal yang ingin kutanyakan, tapi kupikir yang lebih penting sekarang adalah membuatnya pulih.

"Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk bicara. Bagaimana kalau kamu pulang saja sekarang? Mau kupanggilkan taksi?"

"...Aku akan... menelepon Papa... jadi... tidak apa-apa..."

"Ayahmu? Akan datang ke sini?"

"...Iya, mungkin..."

Satu jam kemudian, Mikane mendapat telepon dari ayahnya yang mengabarkan bahwa beliau sudah sampai.

Aku memapah Mikane ke pintu masuk gedung sekolah utama.

Di balik hujan gerimis, terlihat cahaya lampu mobil di kegelapan. 

Meskipun tidak terlalu jelas, sepertinya itu mobil mewah yang mahal.

Mikane menjejakkan kakinya di tanah dan perlahan melepaskan diri dariku.

"Terima kasih. Sampai sini aja."

"Tapi..."

"Sudah dekat, kok. Aku bisa jalan sendiri. Yukki, terima kasih untuk hari ini..."

Mikane menghilang di balik hujan gerimis. 

Pintu di sisi pengemudi terbuka, dan terlihat siluet seorang pria jangkung.

Mungkin itu ayahnya Mikane.

Mereka tampak bercakap-cakap sebentar, lalu masuk ke dalam mobil dan menghilang di balik hujan.

.

Bagian 3 

Hujan turun terus-menerus. 

Kemarin lusa hujan, kemarin hujan, hari ini pun hujan.

Aku tidak punya semangat untuk melakukan apa pun. 

Dengan pakaian olahraga, aku berbaring di tempat tidur sambil menatap model Galaxy Express yang tergantung di langit-langit.

Mikane tidak muncul disekolah, baik hari Kamis, Jumat, bahkan saat kegiatan klub di hari Sabtu.

Harume-sensei bilang ke semua orang kalau dia sedang "sakit", tapi kurasa ini lebih serius dari itu.

Bagaimana keadaannya sekarang, ya? 

Sepertinya dia pergi ke rumah sakit setelah itu, tapi jangan-jangan dia sampai dirawat inap? 

Kalau begitu, mungkin aku tidak bisa bertemu dengannya untuk sementara waktu.

Aku mengambil smartphone dan duduk bersila di tempat tidur.

Aku mencari media sosial Mikane.

Tidak ada unggahan maupun postingan baru dalam beberapa hari terakhir.

Aku meletakkan siku di lutut dan menopang dagu, lalu mulai berpikir untuk mengirim pesan di LINE.

...Aku masih agak takut, tapi sekarang aku lebih ingin menghubunginya. Lagipula—

"Dulu Mikane pernah bilang, lebih baik mengungkapkan perasaan kita secara langsung."

Aku memilih nama "Mikaneppu" dari daftar kontak, lalu menulis pesan singkat, "Maaf mengganggu, apa kabar? Bagaimana keadaanmu? Kapan kamu bisa kembali ke sekolah?" Tidak ada emoji, emoticon, atau candaan. Meskipun ini adalah pesan yang membosankan, mungkin ini memang ciri khasku.

Setelah selesai menulis pesan, aku menatapnya sejenak, lalu menggerakkan ibu jariku ke tombol kirim.

Dengan mengumpulkan semua keberanianku, aku menekannya.

"Huuuh..."

Entah kenapa aku jadi lelah.

Setelah menyelesaikan satu pekerjaan, aku jadi memikirkan hal lain.

"Aneh sekali, kenapa tiba-tiba menjadi sepi sekali? Apa Mao sudah selesai menonton TV?"

Hari ini, Ayah dan Ibu sedang tidak di rumah karena ada acara pemakaman. 

Hanya ada aku dan Mao di rumah.

Sekitar dua jam yang lalu, Mao masih menonton anime di sofa ruang tamu.

Karena volumenya keras, aku bisa mendengarnya dari kamarku, tapi sekarang yang kudengar hanyalah suara tetesan air hujan.

Merasa perlu untuk melihat keadaannya, aku turun dari tempat tidur dan keluar kamar.

Aku berjalan di koridor untuk mengecek kamar Mao yang ada di lantai dua, tapi aku berhenti di tengah jalan saat melihat pintunya terbuka.

Ruangan di balik pintu itu tampak gelap. Sepertinya lampunya mati.

...Kalau begitu, mungkin dia di ruang tamu.

Aku pun berbalik dan menuruni tangga dengan suara derit kayu.

"Haaah, gelap banget, bahaya..."

Lampu koridor masih belum diperbaiki juga. 

Kalau tidak segera diperbaiki, aku bisa jatuh dan terluka.

Ding! Suara itu terdengar saat aku hendak membuka pintu ruang tamu.

Aku terkejut dan berteriak pelan, "Hiii!"

...Suara smartphone? Ah, Mikane?!

Aku buru-buru mengeluarkan smartphone-ku.

Tapi, yang muncul di layar kunci hanyalah notifikasi dari aplikasi video.

Aku juga mengecek LINE, tapi pesanku belum dibaca.

Aku mulai merasa cemas.

Mungkin dia hanya belum melihatnya, tapi tergantung jenis dan pengaturan smartphone-nya, notifikasi bisa muncul di layar kunci seperti punyaku. 

Bukan tidak mungkin dia sudah melihatnya, tapi tidak membukanya. 

Kalau begitu... Yah, mau bagaimana lagi, toh aku sudah mengirimnya.

Lebih baik aku fokus pada Mao saja sekarang.

Sambil meyakinkan diri sendiri, aku membuka pintu ruang tamu dan memanggil, "Mao?"

Dia tidak ada di sofa... TV-nya juga mati. Hah? Lalu... di mana dia?

Aku mulai khawatir.

Dia tidak mungkin keluar rumah, kan? 

Kalau begitu, di dapur? 

Tidak, dia juga tidak ada di dapur. 

Jangan-jangan, dia ada di kamarnya?

Tadi aku langsung menyimpulkan dia tidak ada di kamarnya hanya karena lampunya mati, tapi mungkin saja dia sebenarnya sedang tidur di tempat tidur. 

Wajar saja kalau dia mengantuk saat menonton TV, lalu tidur siang di kamar.

Aku keluar dari ruang tamu, lalu naik ke lantai dua dan kembali menuju kamar Mao.

Saat berjalan di koridor lantai dua, aku mendengar suara Mao dari suatu tempat, dan aku pun merasa lega.

Oh, jadi dia ada di kamar Ayah dan Ibu.

Dari balik pintu kamar, aku bisa mendengarnya bergumam sendiri, seperti, "Cermin, cermin, siapa yang paling cantik di dunia—" Aku jadi penasaran apa yang sedang dia lakukan di dalam.

Aku memutar gagang pintu dan membukanya perlahan.

Kamar tidur itu remang-remang, hanya diterangi lampu tidur.

Aku melihat punggung Mao di depan meja rias yang ada di pojok ruangan.

"Haaah, syukurlah. Aku sampai khawatir kamu ke mana. Tapi, ngapain di sini tanpa menyalakan lampu?"

Saat Mao berbalik, aku langsung mundur karena terkejut.

"Uwaah!"

Di sekitar mulutnya merah semua, dan sebagian kulitnya putih pucat. 

Entah dia sendiri yang memasangnya atau tidak, ada banyak bulu mata palsu di kelopak matanya, dan di sekelilingnya diwarnai hitam pekat. 

Vokalis band metal yang gagal make up pun tidak akan seperti ini.

Ada apa ini? Apa hari ini Halloween?

"Kakak, Mao sudah jadi gyaru."

"Hah? Gyaru?"

Mungkin ini pengaruh Mikane, tapi apa sebenarnya gyaru itu menurut Mao?

Saat aku masih tercengang, tiba-tiba terdengar suara Ding! dari sakuku.

Aku buru-buru mengecek smartphone-ku, dan ternyata benar dari Mikane.

Pesannya diawali dengan, Aku dapat LINE dari Yukki! Yatta!, lalu dia bercerita dengan penuh semangat kalau dia dirawat di rumah sakit sampai kemarin, dan besok dia akan kembali ke sekolah.

Aku merasa lega, dan aku juga sangat senang akhirnya bisa bertukar pesan dengannya. 

Padahal ini hal yang mudah, kenapa aku takut selama ini?

"Ah, benar juga!"

Tiba-tiba aku punya ide. 

Aku pun menyalakan kamera smartphone-ku.

Aku mengarahkan kamera ke Mao.

"Kita tanya saja sama gyaru asli, ya, apa kamu sudah mirip gyaru. Ayo Mao, pasang gaya—"

Cekrek!

.

Bagian 4

Keesokan paginya, saat aku sedang memasukkan buku catatan dan buku pelajaran ke dalam meja, 

Mikane masuk ke kelas sambil menyapa dengan ceria, "Selamat pagi!"

"Lama tidak bertemu! Kamu ke mana saja?"

"Apa kamu sakit flu?"

"Kami semua khawatir, lho."

Sambil mengobrol, teman-teman perempuannya pun berkerumun mendekatinya.

Syukurlah dia sudah sehat.

Aku menggantungkan tasku di samping meja sambil melemaskan otot-otot wajahku.

Tentu saja, aku tahu dia akan datang hari ini karena dia sudah bilang di LINE kalau besok dia akan masuk sekolah. 

Tapi, aku tetap merasa cemas sampai melihatnya secara langsung.

"Yukki, selamat pagi!"

Aku tiba-tiba disapa dan langsung melongo.

Mikane melambaikan tangan dari tengah kerumunan teman-temannya. 

Teman-teman perempuan di sekelilingnya dan teman-teman sekelas lainnya menatap kami dengan ekspresi sedikit terkejut.

Selama ini, kami memang mengobrol saat kegiatan klub, tapi tidak terlalu banyak mengobrol di kelas. 

Tapi, Mikane mendobrak kebiasaan itu. Di depan semua teman sekelas.

"Se-selamat pagi..."

Aku mengangkat tangan dengan canggung. 

Mikane keluar dari kerumunan teman-temannya dan mendekatiku sambil berkata, "Mao-chan lucu banget, ya!"

"Aku sampai sakit perut karena tertawa."

"Ah, iya..."

Aku melihat sekeliling, khawatir dengan reaksi teman-teman yang lain, sampai mataku bertemu dengan Tanuma dan Otozumi.

Mereka berdua tersenyum tipis.

Aku merasa tenang karena tahu ada yang mendukungku, dan aku pun ikut tersenyum.

"Aku juga kaget. Saat Mao berbalik, wajahnya jadi seperti itu."

"Mao-chan serius mau jadi gyaru, ya?"

"Entahlah. Aku ragu dia tahu apa itu gyaru. Kurasa dia cuma mengagumimu."

"Mengagumiku?"

"Iya."

"Serius? Kalau begitu, aku harus mengajarinya banyak hal. Bolehkah aku main ke rumah Yukki nanti?"

"...Eh? Ke rumahku?"

Aku tidak percaya ada gadis sekelas yang mau datang ke rumahku.

Kalau sampai terjadi, itu pasti luar biasa.

"Te-tentu saja boleh..."

"Asik!"

Mikane tertawa gembira.

Dia seperti orang yang berbeda dengan saat dia kesulitan bernapas waktu itu. 

Kudengar, orang punya banyak sisi berbeda, dan mungkin Mikane juga begitu.

Saat jam pulang sekolah tiba, aku pergi ke ruang klub sastra dengan sedikit gugup.

Di sekolah ini, hanya aku yang tahu kejadian Mikane pingsan waktu itu. 

Meskipun kami tidak membicarakannya di kelas, aku yakin kami pasti akan membahasnya saat kegiatan klub.

"Dia belum datang, ya?"

Wajar saja, sih, karena aku datang lebih awal. Mikane memang belum ada di ruang klub.

Aku membuka pintu masuk dan jendela di bagian belakang ruangan untuk menyegarkan udara dan suasana.

Pepohonan bergoyang tertiup angin.

Udara terasa dingin untuk ukuran bulan Juni.

"Yukki, kamu sudah datang?"

Aku menoleh saat mendengar suara itu, dan melihat Mikane melambaikan tangan dengan senyum ceria seperti biasa.

Mikane duduk di sofa dekat pintu masuk dan meletakkan tasnya. 

Saat dia membuka ritsletingnya, ada dua kaleng minuman keluar dari dalamnya.

"Yukki mau minum yang mana? Kola kayu manis? Atau krim soda jeruk?"

"...Eh? Kamu mau memberiku?"

"Iya, ini baru kubeli, jadi masih dingin."

Apa ini sebagai ucapan terima kasih atas kejadian waktu itu?

"Kalau begitu... aku mau kola kayu manis."

"Oke!"

Seperti yang dikatakan Mikane, minumannya sangat dingin. 

Saat aku membuka tutupnya dengan menarik pengaitnya, terdengar suara pssh, dan aroma kayu manis pun menyebar. 

Sementara itu, Mikane kesulitan membuka tutup minumannya karena dia khawatir cat kukunya akan terkelupas. 

Akhirnya, dia mengeluarkan koin dari dompetnya dan menggunakannya untuk membuka tutup kalengnya.

Aku menyesap minuman itu, lalu menghela napas, "Huuuh..."

Suasana mulai tenang, dan kupikir kami akan mulai membicarakan kejadian waktu itu—tapi Mikane hanya minum, tidak juga memulai pembicaraan. 

Merasa aku yang harus memulai, aku pun membuka mulut.

"Ngomong-ngomong, kamu pingsan di sini waktu itu, kan? Bolehkah aku bertanya tentang kejadian itu?"

Mikane tampak ragu sejenak, lalu mulai bercerita dengan suara yang lebih pelan dari biasanya.

"...Aku ini penyakitan sejak kecil, jadi aku tidak bisa... terlalu banyak bergerak... Harume-sensei juga tahu soal itu, makanya aku diizinkan untuk tidak mengikuti pelajaran olahraga sama sekali. Penyakitku yang paling parah adalah... asma..."

"Asma..."

Aku sudah menduganya karena dia punya inhaler.

"Kamu tampak sangat menderita waktu itu. Apa itu serangan asma?"

"Iya, benar. Aku juga kaget karena sudah lama tidak kambuh. Waktu aku di Tokyo, aku sering kambuh seperti itu, dan aku hampir mati beberapa kali... Ayahku bilang, kita pindah ke Iwate karena udara dan air di sini bersih, jadi mungkin akan baik untuk kesehatanku."

Entah kenapa aku jadi merasa sangat malu. 

Selama ini, aku berpikir kalau Mikane bisa seceria matahari karena dia punya banyak kelebihan. 

Tapi ternyata, dia bahkan tidak memiliki sesuatu yang selama ini kuanggap biasa saja…

(TLN : Kesehatan)

Mungkin karena melihat reaksiku, Mikane bertanya dengan wajah cemas, "...Bagaimana menurutmu... setelah mendengar ceritaku?"

"Aku... itu... aku merasa kamu orang yang sangat kuat. Meskipun kamu punya masalah sebesar itu, kamu tetap ceria, bersemangat, dan punya mimpi. Kurasa aku tidak akan bisa seperti itu..."


"Aku tidak selalu ceria, kok," katanya sambil tersenyum kecil, meskipun dia menyangkalnya.

"Aku juga sering merasa sedih. Karena itu... mungkin aku tidak bisa menjadi Gadis Cuaca. Tapi... aku juga punya keinginan kuat untuk tidak menyerah. Meskipun mimpiku tidak terwujud, aku tidak mau membenci takdir atau terus-menerus menangis. Aku ingin menemukan banyak kebahagiaan kecil dan menjalani hidup dengan bahagia."

Oh, jadi karena itu—

"'Kebahagiaan sejati'..."

"Iya, itu," Mikane menunjuk dengan tenang.

"Waktu pertama kali mengobrol denganku, kamu meminjamkanku 'Night on the Galactic Railroad', kan?"

"Iya."

"Waktu itu, aku meminjamnya tanpa banyak berpikir. Aku cuma dengar itu karya penulis dari Iwate, jadi kupikir bisa jadi bahan obrolan. Tapi setelah membacanya... tiba-tiba ada sebuah kereta yang menuju alam baka? Aku pernah hampir mati dan melihat hal-hal aneh, jadi aku langsung tertarik."

"Eh? Jangan-jangan, kamu melihat Galaxy Express?"

"Tentu saja tidak sampai seperti itu, tapi aku pernah melihat cahaya indah berbentuk salib. Sejak melihatnya, aku jadi banyak berpikir... Apa itu kebahagiaan manusia? Bagaimana caranya agar bisa bahagia? Semua orang di buku itu juga memikirkan hal yang sama, kan? Aku merasa mereka mirip denganku."

Mikane meminum jusnya untuk mengambil napas.

Lalu, dia berkata dengan penuh tekad, "Meskipun mimpiku tidak terwujud, aku ingin menemukan banyak 'kebahagiaan sejati' dan hidup bahagia. Maukah kamu membantuku mewujudkannya, Yukki?"

"Tentu saja," jawabku dengan tegas, meskipun dalam hati aku merasa ragu. 

Apakah hanya itu yang bisa kulakukan untuknya? Tidak bisakah aku melakukan lebih dari itu?

‘Ayo kita pergi bersama, sejauh mungkin. Aku tidak peduli meskipun tubuhku harus hancur berkeping-keping seperti kalajengking itu, asalkan itu demi kebahagiaan semua orang.’

Tapi, apa sebenarnya 'kebahagiaan sejati' itu?

Apakah Giovanni, tokoh utama 'Night on the Galactic Railroad' yang mengatakan kalimat itu, juga merasakan hal yang sama sepertiku...?


Previous Chapter | ToC | Next Chapter

Post a Comment

Post a Comment

close