-->
NWQA9y4fvqTQ9rz5lZU0Ky7avuunQd0OpkNmfOuq
Bookmark

Gimai Seikatsu Volume 8 Chapter 6

Chapter 6 - 21 April (Rabu) - Ayase Saki


Pasti ada pelajaran yang membuatku lebih mengantuk daripada yang lain.

Cuaca sangat cerah sepanjang tahun ini. Sinar matahari yang hangat masuk ke sekitar baris kedua dari jendela, membuat ruang kelas menjadi terang. Hampir terlalu terang.

Tepi gorden gulung bergoyang lembut tertiup angin dari jendela yang sedikit terbuka.

Kondisinya sempurna untuk tidur siang setelah makan siang. Bahkan, meskipun aku tidak berada di dekat jendela, tetap saja aku merasa mengantuk. Terlebih lagi, saat itu aku baru saja selesai mengikuti kelas olahraga yang melelahkan di jam pelajaran keempat. Lebih buruk lagi, pelajaran saat ini-Sejarah Jepang-adalah pelajaran yang aku kuasai, jadi aku lengah.

Diliputi rasa kantuk, tanpa sadar aku mengulangi barisan berirama, barisan perahu di kepalaku sambil tertidur.

Ketua Kelas, yang duduk di sebelahku, dipanggil oleh guru. Dia menggeser sandaran kursinya sambil berdiri, mungkin untuk membangunkanku. Untungnya, aku berhasil menjaga mataku tetap terbuka selama sisa pelajaran, tetapi aku jelas lebih mengantuk dari biasanya.

Ini adalah pertama kalinya aku tertidur di kelas sejak masuk SMA.

Aku mengacaukannya.

Aku melirik Ketua Kelas di sampingku. Dia juga menatapku dan menggerakkan jarinya ke mulutnya. Aku panik dan buru-buru menyeka mulutku.

Apa dia menyadarinya?

Dia menggerakkan bibirnya membentuk kata 'Air liur'.

Ugh. Jadi dia menyadari bahwa aku tertidur..

Aku mengucapkan 'Makasih' sambil melirik ke arah guru. Kemudian aku kembali ke papan tulis. Aku tidak pernah menyangka bahwa akan tiba saatnya aku mendapatkan bantuan dari orang lain. Aku telah mencoba yang terbaik untuk menjaga tembok-tembokku tetap tegak, untuk tidak menunjukkan kelemahan, tetapi sekarang tembok-tembok itu runtuh dengan mudahnya.

Apa yang merasukiku akhir-akhir ini?

Setelah pelajaran berakhir, kami beristirahat sejenak selama 10 menit sebelum pelajaran berikutnya dimulai. Tidak ada waktu untuk melakukan apa pun selain mempersiapkan diri untuk pelajaran berikutnya. Namun, teman-teman sekelasku mengerumuni Ketua Kelas yang ceria dan mengobrol sepanjang waktu. Sebagai orang yang berada di sebelahnya, aku mau tidak mau terjebak di dalamnya. Sebenarnya, Ketua Kelas tidak memaksaku untuk berbicara dengannya. Jadi, aku hanya bisa mendengarkan dengan setengah hati. Tapi, ada beberapa teman sekelas yang cukup gigih untuk berbicara denganku.

Perubahan terbesar di tahun ketigaku adalah bagaimana aku menghadapi situasi ini sekarang. Aku ingin belajar dari kemampuan sosial Asamura-kun yang baik di tempat kerja. Jadi, aku tidak bisa bersikap dingin seperti dulu ketika orang berbicara denganku. Jika aku menganggap hal ini sebagai latihan untuk layanan pelanggan, aku tidak bisa mengabaikannya begitu saja. Tapi, hari ini aku merasa murung dan hanya ingin menyendiri.

Jika Maaya ada di sini, dia akan memahami situasinya dan membiarkanku sendirian, tapi konyol sekali mengharapkan orang lain menunjukkan tingkat pertimbangan seperti itu.

Dengan senyum palsu di pipi, aku berjalan dengan susah payah selama istirahat. Pada saat sekolah selesai, aku merasa lelah secara mental. Dan aku masih harus menyelesaikan satu shift di tempat kerja.

* * *

Keadaan tidak membaik ketika aku mulai bekerja.

Yomiuri-san libur hari ini karena sedang mencari pekerjaan. Aku dan Asamura-kun masuk kerja bersama.

Mungkin karena aku hampir terlambat dan merasa terburu-buru, pekerjaan hari itu menjadi bencana.

Aku melakukan banyak kesalahan yang biasanya tidak kulakukan. Misalnya, ketika aku pergi untuk mengisi ulang buku-buku di rak, aku hampir menaruhnya di rak yang salah. Meskipun disimpan di bagian yang sama, manga yang ditujukan untuk pria atau wanita berbeda. Seperti yang dijelaskan oleh Asamura, jika hanya ada gadis-gadis cantik di sampulnya, itu untuk pria dan jika hanya ada pria keren, itu untuk wanita. Tentu saja ada pengecualian, tetapi itulah tren umum yang harus kuingat.

Namun dia juga memperingatkanku bahwa jika itu tertukar - anak laki-laki yang imut dan bukan anak laki-laki yang keren dan sebaliknya - itu bisa terjadi di kedua arah. Aku tidak begitu paham, tapi ternyata, memang begitulah adanya dan aku hampir melupakan pelajarannya.

Selain itu, aku hampir melakukan kesalahan saat memberikan uang kembalian kepada pelanggan dan melipat sampul buku.

Itu semua bukanlah kesalahan yang fatal, tetapi aku tahu ada sesuatu yang salah dan aku harus melakukan sesuatu. Jadi, aku bertanya kepada Manajer apakah aku bisa menggunakan toilet.

Tujuanku adalah mencuci muka untuk memperbaiki kurangnya konsentrasi. Aku menyiram wajahku dengan air dingin dan memeriksa penampilanku di cermin wastafel. Mataku terlihat agak bengkak, tapi itu mungkin karena aku tertidur di waktu yang tidak tepat dan bangun lebih awal. Aku kurang tidur, jadi kurangnya konsentrasiku mungkin karena kurang tidur.

Karena aku tidak merias wajah terlalu banyak hari ini, aku tidak perlu repot-repot mengulanginya. Kalau aku adalah orang dewasa yang bekerja atau seperti Yomiuri-san, aku mungkin harus memperbaikinya dengan benar.

Ketika aku mengatakan kepada Manajer bahwa aku sudah kembali, dia memintaku untuk memberitahu Asamura-kun untuk pergi ke gudang. Aku menemukannya saat istirahat minum teh di kantor dan menyampaikan pesan tersebut.

Ketika aku berada di sana, aku memiliki kesempatan untuk meminta maaf kepadanya karena tertidur semalam, tetapi aku merasa sangat tidak nyaman. Begitu pesan itu disampaikan, aku langsung bergegas keluar ruangan.

Bahkan, dalam perjalanan pulang ke rumah sepulang kerja, aku tidak dapat menemukan kata-kata yang tepat untuk diucapkan.

Perasaan suram masih melekat pada diriku.

* * *

Penaku berhenti di halaman ketika aku mendengar 'Sudah siap!' dari balik pintu.

"Mm, aku akan ke sana!"

Aku menjawab kembali dan menandai tempat di buku catatanku di mana aku telah meringkas catatanku dari kelas. Aku juga belum membuat banyak kemajuan hari ini.

Belajar setelah selesai bekerja dan pulang ke rumah hanya dimungkinkan karena keluarga kami bergantian membuat makan malam. Aku bersyukur untuk itu, tetapi aku juga merasa sedikit bersalah. Aku berniat untuk melakukan semuanya sendiri.

Begitu masuk ke ruang makan, aromanya menggelitik hidungku.

"Aromanya enak. Ibu membuat kari?"

Asamura-kun menjelaskan bahwa Ibuku telah membuat nikujaga dan dia menggunakan sisa makanannya untuk membuat kari. Dia menambahkan sayuran dalam microwave sebagai pelengkap dan mengubahnya menjadi kari sayuran. Asamura-kun setahun yang lalu tidak akan pernah bisa melakukan hal seperti ini. Karena aku tahu dia dan Ayah Tiri hanya akan membeli makanan siap saji atau memesan makanan yang diantarkan sebelum aku dan Ibuku pindah. Kalau dipikir-pikir, Asamura-kun bahkan tidak tahu cara mengasinkan daging saat itu.

Melihat kemajuannya, aku benar-benar terkesan. Namun, dia khawatir bahwa kari berbahan dasar sisa makanan akan dianggap sebagai kari yang malas. Menurutku pribadi, aku tidak berpikir demikian. Jika kari Asamura-kun dianggap malas, maka apa yang kumasak setiap hari juga akan dianggap malas.

Aku tidak bermaksud memujinya, tetapi karena aku menjadi sedikit bersemangat, wajah Asamura-kun tampak sedikit rileks. Aku merasa lega.

Kami duduk dan mulai makan.

Asamura-kun mengatakan bahwa makanannya mungkin sedikit pedas dan dia benar. Biasanya aku lebih suka yang tidak terlalu pedas. Tapi, aku sudah merasa cukup kempes sejak pagi tadi dan pedasnya ternyata tidak terlalu menggangguku.

Sambil makan, kami akhirnya bisa mengobrol panjang lebar.

Kami menyadari bahwa kami memiliki kekhawatiran yang sama akhir-akhir ini. Bukan hanya tentang Universitas, tetapi juga tentang apa yang terjadi setelahnya. Sampai saat ini, kami hanya memiliki gagasan yang samar-samar tentang apa yang ingin kami lakukan di masa depan. Namun, 6 bulan terakhir telah menyulut semangat kami dan rencana kami membutuhkan lebih banyak pemikiran.

"Jujur saja, aku tidak tahu pekerjaan apa yang cocok untukku."

Kata-kata Asamura-kun mengingatkanku pada pembicaraanku dengan Ibuku.

Aku mencoba meredakan kekhawatirannya dengan menyampaikan apa yang dia katakan kepadaku. Ketika aku mengatakan kepadanya bahwa aku tidak berpikir aku akan pandai dalam layanan pelanggan, dia mengatakan kepadaku bahwa dia juga tidak berpikir dia akan pandai di usiaku. Aku mencoba menyampaikan pesan itu kepada Asamura-kun, berharap hal itu akan menyemangatinya. Aku tahu betul betapa kerasnya dia bekerja.

Sejak aku dan Ibuku pindah bersama Ayah Tiri dan Asamura-kun, mereka berusaha menyesuaikan peraturan dan kebiasaan keluarga mereka dengan kami agar kami merasa senyaman mungkin. Termasuk dalam hal memasak. Aku tidak berpikir bahwa mengandalkan pengiriman makanan dan makanan yang sudah disiapkan adalah hal yang buruk. Hal ini bisa jadi lebih hemat biaya bagi orang yang tinggal sendiri dalam keadaan tertentu.

Jika seseorang cukup beruntung memiliki pengetahuan dan peralatan memasak yang diwariskan secara turun-temurun di keluarganya, maka biaya yang dikeluarkan bisa sangat murah. Namun bagi orang yang tidak seberuntung itu, memulai dari awal bisa jadi mahal.

Di atas semua itu, otak manusia tidak terlalu menyukai perubahan. Ayah tiri dan Asamura-kun telah menyesuaikan diri dengan kami dan aku sangat berterima kasih. Asamura-kun bahkan memasak makan malam untuk kami sendiri sekarang. Dia juga menemukan musik untuk membantuku fokus saat belajar dan membuat strategi untuk membantuku melewati ujian Sastra Modern Jepang.

Jika Asamura-kun cemas akan masa depannya, aku pun juga.

'Tidak perlu terburu-buru,' kata Ibuku kepadaku.

-"Aku tidak tahu pekerjaan apa yang cocok untukku."

Setelah selesai makan dan kembali ke kamar, aku berbisik dalam hati, 'Aku juga merasakan hal yang sama.'

* * *

Aku mandi terlebih dahulu setelah makan malam.

Saat aku duduk untuk mengeringkan rambut, aku membentangkan sebuah majalah fashion di pangkuanku dan membolak-baliknya. Ketika rambutku masih pendek, rambutku cepat kering, tapi sekarang sudah hampir kembali ke panjang semula, butuh waktu lebih lama.

Hampir tidak mungkin untuk belajar dengan rambut basah. Pengering rambut terlalu keras untuk menonton video atau mendengarkan musik dan membaca adalah satu-satunya pilihanku-baik itu majalah atau buku kosakata.

Saat aku selesai mengeringkan rambut, Ayah Tiriku sudah pulang ke rumah. Aku berseru, 'Selamat datang kembali' saat dia membuka pintu dan menunjukkan wajahnya.

Asamura-kun mulai menghangatkan kari untuknya. Aku menawarkan diri untuk membantu, tapi seperti yang sudah kuduga, dia bersikeras bahwa dia tidak apa-apa melakukannya sendiri dan aku kembali ke kamar untuk belajar.

Aku mengenakan pakaian hangat agar tidak kedinginan dan membuka buku pelajaranku untuk mengerjakan mata pelajaran yang paling sulit - Sastra Modern Jepang.

Aku melanjutkan pelajaran yang kemarin dan terjebak dalam beberapa soal... 

... ...

Dengungan AC yang tadi ditenggelamkan oleh Lofi Hip Hop kembali terdengar di telingaku.

Sial, aku tertidur.

Headphoneku terlepas dan wajahku menempel di meja. Melirik ke arah jam, aku melihat sudah lewat tengah malam.

Karena konsentrasiku sudah memudar, tidak efisien jika aku mencoba melanjutkannya sekarang. Aku bahkan belum menyelesaikan setengah dari soal yang kurencanakan untuk dikerjakan di buku kerja.

"Aku menyerah. Aku mau tidur."

Aku merasa haus. Aku melepaskan headphone dan menggelengkan kepala dengan kuat sekali. Aku membuka pintu menuju dapur.

Terkejut, aku berhenti di tengah jalan. Seseorang ada di ruang makan-Asamura-kun. Dia sedang meminum cairan berwarna cokelat dari sebuah gelas. Hampir seperti teh, kemungkinan besar.

Kupikir itu terlihat enak dan memutuskan untuk mencicipinya. Aku melewatinya, membuka kulkas dan menuangkan segelas teh dingin untuk diriku sendiri. Aku duduk di sebelahnya dan mulai minum, meniru tegukannya.

"Kau bekerja keras sampai larut malam, ya."

Jantungku berdegup kencang saat kata-kata itu keluar dari mulutnya.

"Iya..."

Aku menggumamkan jawaban yang positif, tetapi sebenarnya aku benar-benar tertidur dan merasa bersalah karenanya.

Bahkan dengan masalahnya sendiri, Asamura-kun masih mengkhawatirkanku. Aku memanfaatkan kebaikannya dan mengakui bahwa aku mengalami kesulitan berkonsentrasi dalam pelajaran akhir-akhir ini. Dia mengatakan kepadaku bahwa dia juga mengalami masalah yang sama, sulit berkonsentrasi meskipun dia sudah menjadi siswa kelas 3. Ternyata kami berdua memiliki masalah yang sama tanpa kami sadari.

Agak mengejutkan bahwa kami sudah menjadi murid kelas 3 selama hampir satu bulan, tetapi belum pernah berbagi masalah satu sama lain sampai sekarang. Mungkin karena kami jarang mengobrol akhir-akhir ini.

Kami belum berbicara. Kami belum berpegangan tangan. Dan yang paling penting, kami belum merasakan kehangatan tubuh satu sama lain.

Pelukan kami di jembatan gantung Pantai Palawan terasa seperti mimpi yang jauh, sekarang.

Itu sebabnya... tadi malam... merasakan kehangatan satu sama lain terasa begitu nyaman dan kami tertidur lelap.

Kami saling memandang, meletakkan teh jelai kami dan mengulurkan tangan untuk menjembatani kesenjangan di antara kami. Namun kedua tangan kami berhenti di tengah jalan, melayang di udara.

Di belakang pikiranku adalah ketakutan akan apa yang mungkin terjadi jika aku menindaklanjuti dan menyentuhnya.

"Kita harus tidur nyenyak, kan?"

Aku menyingkirkan pikiranku tentang "Apa yang bisa saja terjadi" dari kepalaku.

Aku mencoba untuk tidak memikirkan kehangatan yang seharusnya kurasakan dalam pelukanku terlepas dariku. Kami berdua menarik kembali tangan kami.

Aku mencuci gelasku, mengucapkan selamat malam dan kembali ke kamar. Aku naik ke tempat tidur, mematikan lampu, dan memejamkan mata.

Tetapi rasa kantuk yang begitu mudah datang saat aku belajar tadi, tidak kunjung datang. Aku tidak bisa tidak membayangkan, apa yang akan terjadi seandainya kami saling berpegangan tangan dan aku tidak bisa tidur.

Aku menghabiskan malam itu dengan menatap lampu langit-langit yang berpendar redup.





|| Previous || ToC || Next Chapter ||
Post a Comment

Post a Comment

close