-->
NWQA9y4fvqTQ9rz5lZU0Ky7avuunQd0OpkNmfOuq
Bookmark

Gimai Seikatsu Volume 6 Chapter 10

Chapter 10 - 24 Desember (Kamis) Ayase Saki


Setelah upacara akhir semester berakhir, aku pergi keluar untuk membeli bahan-bahan yang diminta Ibu (yaitu sayuran dan berbagai bumbu) dan langsung pulang ke rumah. Malam ini, kami mengadakan pesta gabungan ulang tahun dan Natal di rumah. Ibu mengambil cuti dan mengatakan bahwa dia akan memasak untuk hari ini. Jadi, aku ingin pulang secepat mungkin untuk membantunya.

Sesampainya di rumah, aku membuka pintu depan yang sudah sangat terbiasa untukku saat ini. Aku berkata, "Aku pulang" dan melepas sepatu outdoorku.

"Selamat datang kembali. Kamu pulang lebih cepat dari yang Ibu kira." Ibu sudah berdiri di dapur.

Meskipun hari baru saja lewat tengah hari.

"Biarkan aku membantu."

"Ya ampun. Aku bisa melakukan semuanya sendiri, tau. Daripada itu, bagaimana kalau istirahat sejenak?"

Tidak mungkin aku bisa membiarkannya menangani semua pekerjaan sendirian, etapi aku tidak bisa mengatakan itu.

"Tidak apa-apa, aku tidak merasa lelah. Dan juga, ini."

Aku meletakkan kantong plastik belanjaan di atas meja makan.

"Makasih~"

"Aku mau ganti baju dulu. Setelah itu, aku akan membantu memasak.."

"Astaga, hari ini kamu agak keras kepala juga. Aku ingin tahu siapa yang mengajarimu.."

Kamu, Bu...

Tapi, aku menelan komentar itu dan menuju ke kamarku. Setelah aku selesai berganti pakaian, aku segera kembali ke dapur.

"Nah, baiklah. Ngomong-ngomong, mau buat apa untuk makan malam hari ini?"

"Hmm, karena kita akan merayakan Natal dan ulang tahun kalian berdua, aku berpikir untuk membuatnya sedikit lebih mewah dari biasanya. Nasi, sup miso, salad dan daging."

Itu... kedengarannya hampir sama dengan makan malam biasa kita, bukan?

"Tapi, ini adalah daging yang akan kita gunakan!" Dia membuka pintu kulkas dan menunjukkan situasi di dalamnya.

Whoa, potongan daging itu sangat besar!

Belum lagi daging itu dikemas ke dalam beberapa paket yang lebih kecil.

"Ini... bukan ayam biasa, kan?"

"Ini daging kalkun."

"Bagaimana...? Kapan...?"

Masuk akal jika itu adalah daging bebek. Mereka menjualnya di supermarket lokal. Tapi meskipun sekarang aku lebih sering melihatnya daripada dulu, kalkun masih jarang di sini, seperti aku harus memasuki negeri impian untuk mendapatkannya.

Bagaimana dia...?

"Apa dagingnya sudah dipanggang?"

"Memasak ini dari mentah akan sedikit berlebihan, bahkan bagiku. Aku tahu resep untuk itu, tetapi itu akan memakan terlalu banyak waktu. Kamu harus memanggangnya, lalu membiarkannya membeku selama tiga hari, mempersiapkan segala sesuatunya sehari sebelumnya, mengisinya dan menyatukannya lagi... yang mana itu lezat, tetapi aku mungkin juga bisa menghemat waktu, kan?"

"I-Iya, kedengarannya merepotkan."

"Memang begitu. Makanya, kita memesannya yang sudah dipanggang. Atau lebih tepatnya, Taichi-san yang melakukannya. Itu baru saja tiba di sini belum lama ini. Kita hanya perlu menghangatkannya." Dia menutup kulkas.

"Itu berarti kita bisa meninggalkan daging untuk yang terakhir... Apa lagi?"

"Nasi, salad dan sup miso."

"Eh? Tapi, itu tidak memakan waktu lama..."

"Ara? Apa kamu salah paham tentang satu hal?"

...Eh?

"Ah, Ayase-san. Selamat datang kembali."

Aku berbalik untuk melihat Asamura-kun keluar dari kamarnya.

"Ah, aku pulang."

"Ternyata kau sudah bangun, Akiko-san. Apa kau sudah menyiapkan makan malam?"

"Sebenarnya, aku ingin beres-beres dapur dulu." Katanya kepada Asamura-kun, sambil menunjuk ke arah dapur.

Oh ya, ini sudah dekat dengan akhir tahun.

"Biarkan aku membantu," kata Asamura-kun dan aku segera menyusul.

"Aku juga."

"Astaga, padahal kamu tidak perlu repot-repot begitu. Tapi, makasih.." Ibu berkata sambil tersenyum. Aku tahu bahwa membersihkan dapur adalah pekerjaan yang berat.

Ibu menggunakan banyak minyak saat memasak. Dan itu cenderung meninggalkan noda yang tidak nyaman.

"Meskipun... ini sangat bersih." Aku melihat ke dinding dan berkomentar.

"Yah, itu karena aku dan Ayahku jarang menggunakan dapur."

"Aku juga baru membeli minyak goreng setelah pindah ke sini. Kurasa mereka tidak pernah menggunakannya di sini sebelumnya," Ibu menimpali dengan penjelasan.

Seperti yang dia katakan, jika kau tidak menggunakan minyak apa pun saat memasak, tidak mungkin dapur akan menjadi terlalu kotor... Itu menjelaskan mengapa Asamura-kun begitu terkejut ketika dia melihatku memasak tempura. Dia tidak terbiasa menggoreng sesuatu.

"Aku juga berpikir untuk membersihkan kipas ventilasi juga, tapi itu jauh lebih mudah."

"Lagipula, kita sudah membuat mereka melalui banyak pekerjaan."

"Aku tidak berpikir aku bisa membuat makanan seperti tempura dan semacamnya di rumah..."

"Hm? Apa yang kamu bicarakan, Asamura-kun. Tentu saja bisa.."

"Uh-uh, begitu ya..." Asamura-kun menunjukkan senyum masam.

Dia memang pernah mengatakan bahwa dia ingin mencobanya sendiri, tapi dia harus melihat dan belajar terlebih dahulu, itu sudah pasti. Karena itu... Huh, kurasa membersihkan tahun ini tidak akan terlalu sulit. Untuk kipas ventilasi, kita bisa melepas filternya, mencucinya di bak cuci piring atau bak mandi, dan membersihkannya dengan deterjen... atau bahkan mungkin tidak.

Dan kita mungkin juga tidak perlu merendam ubin di sekitar kompor dengan deterjen untuk menghilangkan noda minyak. Itu semua terdengar cukup mudah.

"Kurasa ini tidak akan memakan waktu terlalu lama."

"Kalau begitu, mari kita selesaikan dengan cepat dengan kita bertiga, oke?"

Ibu menghela napas.

"Baiklah, tapi pertama-tama kita harus menyelesaikan persiapan makan malam terlebih dahulu," katanya, dan Asamura-kun dan aku mengangguk sebagai jawaban.

Kami membutuhkan waktu sekitar 2 jam hingga semuanya benar-benar bersih. Setelah bersih-bersih dapur, kami memutuskan untuk istirahat sejenak sambil makan makanan ringan sebelum kembali menyiapkan makan malam.

Sepertinya Ibu sudah tidak sabar untuk memasak denganku, karena dia menyuruh Asamura-kun keluar dari dapur. Dengan enggan Asamura-kun kembali ke kamarnya. Dua jam berlalu dalam sekejap mata. Kami membuat sup miso dan salad... Ini benar-benar tidak terasa seperti makan malam Natal. Bahkan, mungkin masih terasa ringan, sampai Ibu mengatakan kepadaku bahwa Ayah Tiri membelikan kue yang dipesannya.

...Kue setelah makan malam?!

Aku sudah takut menginjak timbangan besok. Mungkin makan malam yang lebih ringan lebih baik. Dengan menggunakan kubis dan mentimun yang aku beli, Ibu mulai mengerjakan sesuatu. Dia memasukkan sayuran yang telah kami potong ke dalam kantong Ziploc dan mengayunkannya.

Apa dia akan membuat sesuatu yang ringan? Tapi ini hari Natal, kan?

Terlebih lagi, kita juga merayakan ulang tahun Asamura-kun dan ulang tahunku. Dalam hal itu, tidak terlalu aneh untuk tetap tradisional. Tapi.... acar untuk pesta ulang tahun masih tidak lazim.

"Ada apa dengan wajahmu itu, Saki?"

"Yah, bagaimanapun juga aku adalah Putrimu."

"Kalau begitu, kamu pasti akan bertemu seseorang sehebat Taichi-san."

"Ya, iya."

Setelah Ayahku meninggalkan kami, aku tidak begitu yakin tentang Ibu yang akan menikah lagi. Mungkin aku hanya berhati-hati. Sulit dibayangkan, tapi aku hanya memiliki sedikit kenangan tentang Ibu yang berbicara tentang pria ketika dia berada di rumah. Dia mungkin mengabaikan percintaan sama sekali saat membesarkanku. Ditambah lagi, berkat pekerjaannya, dia kemungkinan besar bertemu dengan banyak pria yang tidak sedap dipandang. Jadi, aku tidak akan terkejut jika dia mengembangkan ketidakpercayaan terhadap pria pada umumnya. Setelah dia mengangkat topik tentang menikah lagi, kami berbicara tentang Ayahku sekali di rumah. Mengenang hal itu, Ibu berkata:

'Sulit bagi dua orang asing untuk bergaul satu sama lain.'

Dia telah beristirahat sekitar waktu itu. Jarang sekali melihat ibu minum di rumah, tetapi dia dengan lembut memiringkan gelas di udara dan es di dalamnya mengeluarkan suara berdenting saat berbenturan dengannya.

'Dia dan aku tidak bisa akur. Tapi jika bukan karena dia, maka orang lain tidak akan menyelamatkanku.'

'Kurasa begitu...?'

'Begitulah dunia pekerjaan. Tidak ada orang yang terlihat sempurna di mata semua orang. Seperti yang dikatakan anak-anak muda zaman sekarang. "Kamu mendukung siapa yang kamu bisa," bukan?'

Itu pertama kalinya aku mendengarnya.

'Jadi, ini... Asamura-san? Apa kamu yakin ingin bersamanya?

'Untuk saat ini, ya.'

'"Untuk saat ini...?" Sekarang aku malah khawatir.'

'Aku tidak cukup percaya diri untuk berbohong padamu dan mengatakan bahwa kita akan bersama selama sisa hidup kita. Kurasa kita akan baik-baik saja untuk sementara waktu. Tapi, kehidupan tidak berjalan semudah itu. Yah, setidaknya ini akan bertahan sampai kamu menikah atau Ibu mendapatkan menantu.'

Dan bagaimana jika aku tidak berniat untuk melakukan keduanya?

'Kalau begitu.. mengapa Ibu merasa ingin menikah lagi?'

'Karena dia mengalami rasa sakit yang sama denganku, mungkin?'

'Ah... Benar, dia juga sudah bercerai.'

'Itu benar. Paling tidak, aku ragu hal yang sama akan terjadi lagi. Yah, itu mungkin hanya angan-anganku saja, tetapi kamu tidak bisa mengubah hidupmu sementara tidak menyimpang dari jalanmu sekali atau dua kali.'

Aku berpikir, apakah memang begitu cara kerjanya? Seolah-olah itu bukan masalahku. Apa artinya menikah?

Aku tidak pernah benar-benar memikirkannya. Jadi, aku tidak punya cara untuk melihatnya dengan cara yang sama seperti yang dilakukan Ibu. Tapi, aku sudah menemukan pilihanku sendiri dalam hidup. Aku ingin bisa mendapatkan cukup uang untuk menghidupi diriku sendiri tanpa bantuan suami. Aku ingin kekuatan untuk berdiri di atas kedua kakiku sendiri.

'Nah, jika memungkinkan, aku ingin kamu memanggil Taichi-san dengan sebutan Ayah Tiri...'

Kata-kata itu mengejutkanku. Kata-kata yang dia katakan padaku bahkan tidak langsung mencapai otakku. "Ayah tiri"-Jika aku harus menebak, mungkin itu adalah keinginan Ibu agar aku menerima Asamura-san secara terbuka, karena dia mungkin akan merasakan banyak tekanan tiba-tiba memiliki menantu perempuan pada usia yang sulit.

'Jika tidak, segalanya akan menjadi membingungkan'.

-Ternyata aku salah.

'Membingungkan?'

'Maksudku, nama keluarga Yuuta-kun juga Asamura. Ini akan membingungkan dengan siapa yang kamu ajak bicara..'

'Yuuta... Siapa itu?'

'Oh? Apa aku belum memberitahumu? Dia adalah putra Taichi-san. Asamura Yuuta-kun.'

'Jadi dia ... punya anak?'

'Dia berumur 16 tahun, sama sepertimu. Dan karena ulang tahunnya satu minggu sebelum ulang tahunmu, dia akan menjadi Kakakmu. Yuuta-oniichan kedengarannya bagus atau Yuuta-nii juga memiliki nada yang bagus. Oh, pada dasarnya kalian kembar karena ulang tahun kalian begitu dekat.'

Tidak, kami tidak. Aku belum pernah mendengar tentang kembar yang tidak berhubungan darah...

'Ini pertama kalinya aku mendengar hal itu.'

'Nah, sekarang kamu sudah memilikinya. Dan kupikir kamu akan bertemu dengannya minggu depan. Jadi, kamu punya dua pilihan. Entah memanggil Taichi-san "Ayah tiri," atau memanggil Yuuta-kun "Onii-chan." Aku baik-baik saja dengan salah satu. Jadi, itu pilihanmu.'

Aku tidak ingat banyak tentang apa yang terjadi setelah itu. Aku merasa seperti hari itu berakhir setelah sedikit lebih banyak olok-olok dan pembicaraan kosong. Bagaimanapun, aku benar-benar terlempar pada wahyu yang tiba-tiba ini. Belum lagi bahwa aku akan segera bertemu dengannya. Aku benar-benar berharap dia akan memberitahuku lebih cepat. Ibu berkata bahwa "Setidaknya kamu sudah tahu sebelum hari yang sebenarnya, kan?" tapi aku tidak bisa berkomentar.

'Tidak mungkin ada orang yang akan diam saja tentang hal itu sampai hari pertemuan!'

Sudah lebih dari setengah tahun sejak saat itu. Bahkan jika aku bertanya kepada Ibu sekali lagi apakah dia pikir dia akan baik-baik saja, dia mungkin akan menjawab dengan jawaban yang sama "Untuk saat ini." Ibu tahu bahwa cinta tidak akan bertahan selamanya dan dia sudah siap untuk itu. Meski begitu, aku merasa Ayah tiri dan ibu benar-benar mirip satu sama lain. Sulit untuk benar-benar menjabarkannya, tapi aku bisa melihat bahwa Ibu telah sedikit lebih terbuka dan santai sejak dia bertemu dengannya. Karena dia bersedia untuk beristirahat dengan baik dan tidak bekerja sampai mati, aku sangat bersyukur untuk itu. Semuanya jauh lebih baik daripada dia merusak kesehatannya.

Ibu dan Ayah kandungku bukanlah pasangan yang cocok satu sama lain. Selama 10 tahun lebih menjadi pasangan, mereka tidak pernah berhasil menyesuaikan diri satu sama lain bahkan sekali pun. Sebaliknya, ayah hanya bisa melihat ibu seperti yang dia lukiskan dalam pikirannya.

Sambil membicarakan ini dan itu, aku dan ibu melanjutkan persiapan kami untuk makan malam. Waktu berlalu sampai ayah tiri pulang dan Asamura-kun muncul lagi dari kamarnya. Dia mungkin sedang tidur siang atau membaca buku seperti yang biasa dia lakukan. Asamura-kun memang kutu buku.

Melihat Asamura-kun keluar dari kamarnya, Ibu memanggilnya.

"Yuuta-kun, bisakah kamu menyalakan TV?"

"Mengapa TV?"

Rupanya, dia ingin memiliki film yang berjalan di latar belakang untuk membuat sedikit white noise. Kami tidak bisa melihat layar TV dari posisi kami, tapi kami mendengar suara seorang anak laki-laki yang energik. Dan karena memutar lagu-lagu Natal, mungkin itu adalah film Natal. Asamura-kun duduk di sofa ruang tamu dan menonton film.

Aku bisa melihat profilnya dari sini. Dan pemandangan itu mengingatkanku ketika kami pertama kali bertemu. Aku begitu gugup, aku hanya menciptakan citraku sendiri terhadap Asamura Yuuta, yang dia tepis.

Orang tua kami mungkin menyaksikan pertukaran kami dalam keprihatinan, tapi kata-katanya memberiku perasaan lega dan damai. Dia membuatku menyadari bahwa dia tidak akan memaksakan harapan apapun padaku. Dan itulah mengapa aku mengatakan apa yang aku rasakan saat itu.

'Aku tidak akan mengharapkan apapun darimu. Jadi, aku ingin kamu juga tidak mengharapkan apapun dariku..'

Sejak hari itu, Asamura-kun selalu berada dalam pandanganku...

Kami selesai mempersiapkan segala sesuatu untuk makan malam dan Ibu mengatakan bahwa aku bisa beristirahat. Aku melepas celemekku dan mulai berpikir. Saat aku kembali ke kamarku, aku melihat kartu kosakata yang berserakan di mejaku. Hari ini adalah liburan musim dingin yang dimulai hari ini. Jadi, tidak ada alasan khusus aku harus mempraktekkan materi pelajaran dan belajar untuk ujian masuk sekarang tidak terlalu berharga karena kami akan segera makan malam. Yang terbaik yang bisa kulakukan adalah mengerjakan kartu kosakataku lagi.

Aku menyambungkan earphone ke smartphoneku dan mulai memutar beberapa lofi hip-hop. Sebuah nada samar dengan suara hujan di latar belakang menggelitik telingaku. Aku mengambil kartu kosakataku dan meninggalkan kamarku, menuju ke ruang tamu. TV masih memutar film Natal, tetapi aku sedang mendengarkan musikku sendiri. Jadi, aku tidak bisa mendengar dialog atau suara apa pun. Karena itu, aku bisa menunggu di sini sampai Ayah Tiri pulang. Aku duduk di samping Asamura-kun dan mulai membolak-balik kartu-kartu milikku.

Memantul-Untuk menangkis sesuatu. Oke, aku mengerti.

Perhatian-Untuk terlibat dengan seseorang atau sesuatu.

Ah, ini juga dalam konteks menunjukkan kepedulian terhadap seseorang.

Bukankah kekhawatiran adalah sesuatu yang serupa?

Aku berhenti membolak-balik kartu dan mulai berpikir. Aku mencarinya di kamus. Perbedaannya dengan cemas adalah bahwa kekhawatiran tidak digunakan ketika terjadi suatu kejadian yang menyusahkan. Ini lebih berkonotasi melakukan sesuatu untuk mencegah hal yang membuatmu khawatir. Lagipula, penting untuk membantu dan tidak hanya khawatir. Meskipun aku tidak tahu seberapa penting perbedaan itu untuk diingat.

Mempertimbangkan-...Mempertimbangkan? Um, berpikir untuk melakukan sesuatu?

Aku mengerjakan kartu kosakataku sambil menikmati irama menyenangkan yang memasuki telingaku. Dan hal ini berlanjut sedikit lebih lama, dengan Asamura-kun di sebelahku yang sedang menikmati filmnya.

* * *

Aku tidak tahu apa yang membangunkanku malam itu. Namun, mungkin aku menyadari sesuatu di tengah kegelapan. Seberkas cahaya samar-samar memasuki kamarku yang tadinya gelap gulita. Pintunya terbuka.

"Kupikir aku sudah menutupnya..." Aku bergumam pada diriku sendiri dan berdiri.

Aku menyalakan lampu di samping tempat tidurku dan melihat sebuah kotak kecil berdiri di samping pintu yang terbuka.

"Santa...?"

Aku teringat kembali pada saat aku benar-benar jatuh cinta pada 'Sinterklas' di sekolah dasar. Meskipun saat aku mengatakan "Terima kasih, Ibu" kepadanya keesokan paginya, Santa berhenti datang. Aku mengenakan kardiganku dan meraih hadiahnya. Hadiah itu bukan sesuatu yang besar. Cukup pas di telapak tanganku. Aku melepaskan pita dan membuka kertas pembungkusnya untuk melihat sebuah kotak putih. Di atas kotak itu terdapat sepucuk surat yang dimulai dengan kata-kata "Untuk Saki."

Surat itu dari Ibuku, menulis tentang rasa terima kasih yang dia miliki untukku sebagai putrinya dan bagaimana dia khawatir bahwa dia mungkin sudah memberikan tekanan yang terlalu besar padaku.

Kenapa selalu begitu memalukan ketika membaca surat dari keluargamu sendir? .... Namun, aku masih membaca surat itu sedikit lagi dan kemudian membuka kotak kecil itu. Di dalamnya terdapat gelang dari produsen mahal. Aku kembali ke surat itu.

Mengetahui dirimu, ada kemungkinan besar kamu akan mencoba untuk mandiri setelah lulus SMA....

Aku hampir melompat kaget ketika aku membaca surat itu. Aku tidak pernah secara jelas menyuarakan keinginan itu, namun dia sudah mengetahui semuanya.

Aku yakin akan hal itu.. Bagaimanapun juga, kamu itu putriku, kamu tidak akan pernah membuang-buang uang. Lagipula, kamu keras kepala..

"Karena aku putrimu, ya..." Aku melihat gelang di tanganku.

Itulah mengapa aku memberimu gelang ini sebagai hadiah. Tahun depan, tidak akan ada apa-apa selain ujian masuk yang memenuhi pikiranmu. Jadi, aku ingin memberikannya kepadamu sekarang selagi kamu masih memiliki waktu luang. Jika terpaksa, kamu bahkan bisa menjualnya. Ini akan memungkinkanmu untuk membeli makanan setidaknya selama sebulan. Gunakan waktu itu untuk meminta bantuan dari seseorang, oke?

Dia bahkan tahu aku kesulitan mengandalkan orang lain.

"Tapi... Aku baru saja mendapatkan ini sebagai hadiah. Siapa juga yang akan menjual barang berharga dari seseorang hanya karena mereka terdesak?"

Sebenarnya, ada satu orang di sini, ya?

Ibu melanjutkan suratnya dengan meminta maaf karena membuatnya menjadi sesuatu yang mahal seperti ini, tetapi dia ingin aku membiarkannya melakukan ini untukku dan kemudian dia mengakhiri suratnya seperti itu. Aku tidak bisa menahan napas. Dia tahu bahwa menulis surat seperti ini akan menyulitkanku untuk mengembalikannya. Aku melingkarkannya di pergelangan tanganku sebentar dan kemudian meletakkannya kembali di tempat tidurku, dan cahaya redup dari lampuku meneranginya dengan warna perak yang cerah. Aku menyodok jariku ke arahnya.

"Aku tidak takut bekerja keras. Aku akan membayarmu sepuluh kali lipat untuk ini suatu hari nanti." Aku menyatakannya, meskipun dengan suara yang lemah lembut.

Jika ada, rasanya lebih seperti aku sedang berdoa. Dengan hati-hati aku memasukkan kembali gelang itu ke dalam kotak dan menyimpannya. Aku tidak akan pernah berpikir untuk menjual ini. Aku akan memakainya setiap kali aku bertemu dengan orang-orang yang penting bagiku. Aku membuatnya agar gelang itu terlihat dari luar kotak dan menyimpannya di samping tempat tidurku, lalu meringkuk di bawah selimutku.

"Terima kasih, Bu." Aku bergumam dan melihat ke dalam kotak itu untuk terakhir kalinya sebelum aku menutup mata.

Bahkan di tengah kegelapan, kilau perak yang samar-samar masih terlihat. 

Ukurannya bisa muat di atas kepala malaikat seperti lingkaran cahaya, bukan?

Meskipun lingkaran cahaya seharusnya berwarna emas. Yah, itu perbedaan kecil. Wajah-wajah semua orang yang kusayangi berkelebat di balik kelopak mataku dan kemudian lenyap.

Selamat Natal. Aku harap mereka semua selalu bahagia.






|| Previous || ToC || Next Chapter ||
Post a Comment

Post a Comment

close