-->
NWQA9y4fvqTQ9rz5lZU0Ky7avuunQd0OpkNmfOuq
Bookmark

Gimai Seikatsu Volume 6 Chapter 9

Chapter 9 - 24 Desember (Kamis) Asamura Yuuta


"Sekarang kita hanya punya setengah dari kehidupan SMA kita yang tersisa, ya?"

Aku tidak berencana agar siapa pun mendengar kata-kata yang aku gumamkan pada diriku sendiri, tetapi teman baikku yang duduk di kursi di depanku tiba-tiba membalikkan tubuh bagian atasnya yang besar.

Sebenarnya, bukankah kita masih di tengah-tengah homeroom singkat kita?

"Asamura. Mulai tahun depan, kita harus lebih fokus pada ujian masuk kita." Maru berkomentar dengan suara pelan.

Wali kelas kami di depan kelas menyuruh kami untuk berhati-hati selama liburan musim dingin. Dan dengan suara itu di satu telinga, aku tidak bisa menahan diri untuk tidak menelan ludah mendengar pernyataan Maru.

.... Ujian masuk, ya?

Maru melanjutkan dengan nada pasrah.

"Pada akhirnya, kita akan menjadi orang dewasa.."

"Aku tidak keberatan dengan pemikiran menjadi dewasa."

Jika ada, aku tidak menyukai pemikiran untuk selalu menjadi anak-anak. Aku tidak ingin terlindung selama sisa hidupku. Faktanya adalah bahwa tumbuh menjadi dewasa memang tampak seperti proses yang melelahkan. Aku hanya teringat wajah Ayahku.

Sebenarnya, mungkin tidak sebanyak itu?

Karena aku tidak bisa mengingat ekspresinya yang kelelahan setelah menikah lagi, kurasa dia merasa jauh lebih baik sekarang karena Ibu lamaku sudah tiada.

"Kau tipe orang yang ingin menjadi dewasa dengan cepat, ya?"

"Dan kau tidak, Maru?"

"Pertanyaan yang bagus. Karena tumbuh dewasa berarti belajar lebih banyak dan lebih banyak lagi, aku ingin semacam ruang waktu untuk menjalani hidupku dengan nyaman."

"Ohhh."

Jadi, dia tidak akan memiliki waktu sebanyak yang dia inginkan jika dia mengikuti jalan profesional baseball.

"Aku tidak akan bisa menonton semua anime musiman."

"Itu yang lu khawatirkan?!"

"Canda ngab."

Aku tidak bisa mempercayai telingaku dan mencondongkan tubuhku ke depan saat aku mengatakan itu.

Apa dia bercanda atau serius?

Aku masih belum bisa mengatakannya. Matahari menggelitik tengkukku, membuatku menoleh ke arah jendela. Matahari bersinar terang di luar. Bahkan saat sore hari, matahari rendah, berseri-seri langsung ke arah Maru dan aku. Orang-orang yang duduk di samping jendela. Dengan demikian, rasa kantuk menyerangku. Kata-kata dari wali kelas kami mulai menyerupai lagu pengantar tidur, tetapi karena beberapa menit lagi akan berakhirnya pelajaran, aku bertahan dengan itu.

Akhirnya, bel berbunyi dari pengeras suara dan gumaman wali kelas kami pun berakhir. Semua teman sekelas kami menghela napas serempak dan kemudian bersorak. Wali kelas kami menggelengkan kepala mereka sekali dan kemudian meninggalkan ruang kelas, memperingatkan kami untuk terakhir kalinya agar tidak berlebihan.

"Padahal kita masih keals 2 loh. Kenapa kita harus mendapatkan ceramah yang panjang ini hanya karena Natal?"

"Hah?" Aku memiringkan kepalaku dalam kebingungan ketika Maru mengatakan itu.

"Hubungan terlarang dan semua itu. Tidak mungkin aku akan membiarkan beberapa remaja bajingan menghancurkan waktu istirahatku yang berharga, kan?"

"Setuju. Aku akan merasakan hal yang sama."

"Jadi, Onii-chan sama sekali tidak khwatir, ya?"

Maru menggunakan nada menggoda dengan kosakata itu menyebabkan mataku terbuka lebar.

"Apa?"

"Mengetahui Ayase, dia mungkin akan memiliki rencana malam ini, bukan?"

"Malam ini?"

"Seperti kencan Natal. Bukankah menurutmu begitu?"

Butuh waktu yang sangat lama sebelum makna di balik kata-katanya mencapai otakku.

Apakah dia menyiratkan bahwa Ayase-san memiliki rencana kencan hari ini?

Yah, setiap pengamat tidak akan tahu hubungan seperti apa yang Ayase-san dan aku miliki. Mungkin ada orang yang akan mencoba mengundang Ayase-san untuk kencan Natal. Dan pada saat yang sama, mungkin akan tampak aneh jika dia menolak setiap undangan.

Mungkin dia bahkan akan menyetujuinya... Tidak, tidak.. itu tidak mungkin.

Tiba-tiba, aku merasakan getaran di dekat dadaku dan dengan panik duduk tegak. Dan pada saat yang sama, aku mendapatkan sebuah pesan Line baru. Pesan itu bertuliskan "Aku akan pulang setelah berbelanja," tentu saja, pengirim pesan itu adalah Ayase-san.

Hm, jadi dia akan pulang agak terlambat... Lihat? Aku tahu itu...

"Ada apa? Apakah Ayase-san mengatakan bahwa dia membenci Kakak laki-lakinya sekarang atau sesuatu?"

"Tidak mungkin dia berbicara seperti adik perempuan dari beberapa anime aneh."

"Jadi itu Ayase-san, ya?"

"Ugh."

"Kau begitu mudah dibaca."

"Kupikir kau terlalu tajam dalam hal hal semacam ini."

"Terus? Bukankah kau harus menanggapinya, Onii-chan?"

"Tidak, tidak apa-apa." Aku memasukkan kembali smartphoneku ke dalam saku dan meregangkan badan.

Sementara itu, Maru meraih tasnya dan berdiri.

"Pokoknya, sampai jumpa di lain waktu, Asamura."

"Ya. Kita mungkin tidak akan bertemu lagi sampai Tahun Baru. Jadi... selamat tahun baru?"

"Benar, aku ragu kita akan bertemu satu sama lain selama liburan musim dingin. Jadi, pastikan untuk memiliki awal yang baik untuk tahun baru." Maru membalikkan punggungnya ke arahku dengan satu tangan di udara, berjalan keluar dari ruang kelas.

Aku melihatnya berjalan ke kejauhan dan kemudian melihat sekeliling kelas sekali lagi. Setengah dari teman sekelas kami sudah meninggalkan ruang kelas, mungkin karena kegiatan klub atau langsung pulang ke rumah. Sementara itu, aku merenungkan apakah aku harus mampir ke toko buku atau tidak.

Astaga, sungguh kekhawatiran yang tidak perlu... Oh ya, hari ini akan ada pesta Natal di rumah, aku lupa.

* * *

Dinding dapur berkilau. Tentu saja, ini bukan berkatku. Akiko-san adalah orang yang tiba-tiba berkata, "Aku akan membersihkan tempat ini dengan baik hari ini." Dan tentu saja, dia menunjuk ke arah dapur ketika dia mengatakan itu. Ayase-san dan aku sudah menawarkan diri untuk membantu. Karena aku dan Ayahku jarang memasak, dapur masih cukup bersih dan kami selesai membersihkan semuanya setelah kira-kira dua jam. Ini kira-kira pukul 3 sore. Jadi, setelah istirahat dan beberapa makanan ringan-

"Sisanya... Kurasa hanya menyiapkan malam saja. Jadi, kamu bisa bersantai di kamar atau di ruang tamu, Yuuta-kun." kata Akiko-san dan menyuruhku kembali ke kamar, mungkin karena dia menanti-nantikan sesi memasak yang menyeluruh dengan putrinya. Jadi, aku tidak punya pilihan lain selain kembali ke kamarku dan membuka tasku. Aku mengambil buku yang baru saja kubeli dan membuka halaman pertama, dengan santai menikmati waktu membacaku. Saat berikutnya aku mengangkat kepalaku, aku menyadari bahwa bagian dalam kamarku mulai menjadi gelap. Matahari sudah lama terbenam. Aku membaca bagian terakhir dari buku itu dan kemudian menghela napas.

-Hebat juga. Aku membaca semuanya dalam sekali duduk.

Aku tidak percaya aku membaca vol pertama dari cerita fiksi ilmiah hardcover yang berat hanya dalam waktu dua jam, belum lagi yang diterjemahkan. Aku mulai merasa seperti aku sendiri memiliki tugas berat di pundakku yang memaksaku untuk melakukan perjalanan melalui ruang dan waktu.

Sekarang aku mengerti mengapa ini akan menerima adaptasi Hollywood. Aku menutup buku ketika mendengar Akiko-san dan Ayase-san terlibat dalam percakapan yang menyenangkan. Setelah menyembulkan kepalaku keluar dari ruangan, Akiko-san melihatku.

"Yuuta-kun, bisakah kamu menyalakan TV?"

"Mengapa TV?"

"Iya, aku hanya ingin beberapa kebisingan putih. Sebuah film atau sesuatu seperti itu akan dilakukan."

"Ah, begitu. Oke."

Aku mencari remote dan menyalakan layanan streaming terbaik yang bisa kutemukan. Jika dia menginginkan suara bising di latar belakang, maka saluran yang khusus untuk film akan melakukan trik itu.

"Apa kau lebih suka film Jepang? Atau mungkin film Barat?"

"Film Barat. Dengan subtitle juga tidak masalah."

"...Kau benar-benar menggunakan ini sebagai BGM, ya?"

Terlebih lagi, bahkan kalimat-kalimatnya bisa memberikan banyak kegembiraan sendiri, bahkan jika kau tidak bisa memahaminya. Aku membuka layanan khusus untuk itu dan memilih film acak yang sesuai dengan musim Natal. Sepertinya itu adalah film komedi untuk anak-anak. Aku sudah melihatnya berkali-kali sebelumnya. Sesuatu tentang anak-anak yang ditinggal oleh orang tua mereka dan melakukan ini dan itu. Sepertinya film ini cukup bagus, karena mereka membuat sekuel demi sekuel. Apalagi, pendekatannya sangat Hollywood-esque di mana tidak jelas apakah ada hubungan antara seri-seri tersebut.

Mungkin orang tuanya bercerai di sekuelnya?

Aku tidak bisa lengah bahkan dengan film keluarga seperti ini.

"Makasih, Yuuta-kun!"

"Um ... apa ada yang bisa kubantu?"

"Buatlah dirimu lapar!"

"....Hah?"

Jadi, haruskah aku melakukan beberapa latihan ringan?

Aku melirik Ayase-san, yang hanya bersenandung sendiri sambil mengayun-ayunkan wajan. Setidaknya, kurasa aku tidak boleh memecah konsentrasinya.

"Yah, panggil saja aku kalau kau membutuhkan bantuan.."

"Okaaay!"

Setelah membersihkan bak mandi dan memeriksa ketinggian air, aku kembali ke ruang tamu. Aku duduk di sofa dan kembali menonton film yang sedang tayang. Tak lama kemudian, Ayase-san bergabung denganku di sofa, yang mungkin berarti mereka sudah selesai memasak.

Meskipun ada ruang untuk orang lain di antara kami, aku teringat pada malam kami menonton film bersama. Aku melihat ke arah Ayase-san, bertanya-tanya apakah dia sedang menonton film, tetapi dia sedang melihat-lihat koleksi kosakatanya. Dan karena Akiko-san bersama kami, aku bahkan tidak yakin bagaimana berinteraksi dengan Ayase-san.

Juga, menonton film bersama keluarga adalah hal yang normal, bukan?

Aku terlalu banyak memikirkannya. Ketika aku melihat ke arah Ayase-san lagi, dia sudah meletakkan earphone-nya ke telinganya dan sedang mendengarkan sesuatu saat dia mengerjakan kosakatanya. Dia tidak menunjukkan niat untuk berbicara denganku. Dia juga tidak menonton film. Situasi ini mengingatkanku setahun yang lalu.

"Aku pulang." Ayahku tiba di rumah dengan sebuah kotak plastik di satu tangan.

Dia mengatakan bahwa dia akan pulang sekitar pukul 7 malam, tetapi sudah setengah jam lewat dari itu. Dia berjalan melewati kami dan langsung masuk ke dapur.

"Ah, ini aku sudah mengambil pesananmu, tempatnya agak ramai. Jadi, aku butuh waktu sedikit. Maaf."

"Nggak apa-apa kok!"

Dia membawa kembali kue utuh yang berdiameter dua belas... mungkin lima belas sentimeter? 

Jika kau bertanya padaku, kenapa aku bisa tahu... Itu karena aku dan Ayase-san memutuskan untuk tidak makan makanan manis saat makan malam di luar. 

Lagipula, tidak mungkin kami bisa menghabiskan kue 12cm utuh tepat sebelum makan malam. Bahkan kue 15cm cukup sulit untuk dihabiskan oleh 4 orang. Tapi, kurasa kita bisa menyimpan sisa makanan untuk besok.

"Sebelum makan kuenya, ayo kita makan malam bersama..," kata Akiko-san dan menaruh kue di lemari es sambil tersenyum.

Karena kami sudah mempersiapkan diri untuk akhir tahun, kulkas dan freezer kami cukup penuh.

"Yuuta-kun, bisakah kamu membawa ini dan ini untukku?"

"Oke."

Dia menyerahkan beberapa bir dan sampanye non-alkohol, yang kubawa ke meja makan. Kurasa kita akan membutuhkan gelas dan pembuka botol juga. Setelah membuat ruang yang cukup di dalam kulkas, Akiko-san mendorong kotak dengan kue di dalamnya. Sementara itu, Ayase-san mulai menghangatkan makanan dan aku membawa pemanas ke meja. Pada saat Ayahku kembali setelah berganti pakaian yang lebih nyaman, meja makan sudah siap.

"Ohh!! Kelihatannya enak sekali!"

Fokus utama makan malam Natal hari ini berdiri di tengah meja: Unggas panggang rasa rempah-rempah. Itu bukan hanya daging ayam biasa, itu sebenarnya daging kalkun asli yang cenderung dinikmati pada acara-acara khusus seperti ini di Jepang. Meskipun kupikir ini biasanya dimakan di negara lain sekitar Thanksgiving. Daging kalkun ini memiliki lebih sedikit lemak daripada daging ayam biasa. Itu sebabnya, daging kalkun ini sering ditemukan pada menu untuk orang-orang yang sedang diet. Itu juga bukan kalkun utuh, tetapi jumlah daging yang menunggu di piring untuk dimakan cukup besar bagiku untuk meragukan apakah kami bisa menghabiskannya. Ayahku rupanya telah memesannya secara online, memilih opsi panggang.

"Hmm, mungkin sesuatu dengan pasta akan memberikan nuansa Natal yang lebih kental?" Akiko-san berkomentar sambil melihat ke arah meja yang terisi penuh.

Maksudku, kita punya kalkun sebagai hidangan utama, tetapi masih ada cukup nasi untuk membuat kita merasa kenyang dan kita juga punya sup miso biasa. Dalam hal warna Natal, ini jelas berada di sisi yang lebih lemah. Ayase-san angkat bicara, mencoba memberikan tindak lanjut.

"Erm, menurutku ini sudah lebih dari cukup. Lagipula, kita juga sudah membuat salad biasa, kupikir ini lebih cocok sebagai makan malam Natal ala Barat. Lihat saja semua dressing-nya juga. Mana yang lebih kau sukai, Ayah Tiri?"

"Aku akan memilih Jepang klasik."

Sungguh, asal-usul seperti apa yang dimiliki Natal pada saat ini?

Aku tidak punya masalah dengan makan malam Natal, tetapi pemikiran itu membuatku bingung.

"Kami juga menyiapkan beberapa acar sayuran. Di sini, ada beberapa acar kubis dan mentimun. Kamu suka itu. Benar, Taichi-san?"

"Tentu saja aku suka. Terima kasih."

"Ibu... Acar akan menjadi eno-"

Cukup.. Dia mungkin ingin mengatakannya, tetapi menelan kata-katanya. Dia mungkin menyadari bahwa ini tidak cukup untuk dikomentari. Ayase-san dan aku tersenyum masam dan duduk. Bagaimanapun juga, Natal seharusnya tentang cinta dan kedamaian.

"Pokoknya ... Selamat Natal! Dan Yuuta, selamat ulang tahun!"

"Ayah, kau seharusnya mengatakan sebaliknya, bukan?"

"Ah, benar juga. Maaf. Selamat ulang tahun, Saki-chan. Dan Selamat Natal!"

"Makasih."

"Selamat ulang tahun, kalian berdua. Sekarang kalian berdua sudah berusia 17 tahun," kata Akiko-san sambil menatap wajah kami berdua.

Orang tua kami membuka bir mereka, dengan Ayase-san dan aku yang memiliki sampanye non-alkohol, saat kami menaruh gelas mereka bersama-sama untuk bersulang. Seperti yang kau harapkan, sup miso buatan Akiko-san benar-benar lezat. Seperti yang dikatakan oleh Ayahku, berdebat tentang gaya Jepang atau Barat adalah masalah sepele. Dan hari ini, sup miso-nya berbahan dasar tahu. Tahu putih yang diiris dengan indah dipadukan dengan daun bawang. Supnya sendiri terbuat dari miso merah. Sambil menyesapnya, aku menyadari sesuatu.

...Apakah dia membuat ini dengan mempertimbangkan warna-warna Natal? Yah, seharusnya tidak apa-apa setidaknya untuk hari ini.

"Sausnya juga enak."

"Dagingnya juga sangat lembut saat dikunyah. Kurasa aku bisa mengatakan aku berhasil membuatnya dengan baik."

Akiko-san dan Ayahku berbagi kesan tentang makanannya dan mengatakan bahwa penilaianku tidak terlalu jauh. Setelah makan malam kami berakhir (di mana aku sedikit menahan diri untuk menyisakan ruang untuk kue), kami minum kopi setelah makan malam dan mulai memotong kue.

Bagian atas kue berukuran 15cm itu bertuliskan "Selamat Natal" yang ditulis dengan cokelat dan biskuit berbentuk Sinterklas di sebelahnya. Rasanya agak memalukan untuk memotong kue yang dihias dengan krim putih seindah ini. Di dalam irisan kue yang kenyal, aku melihat warna merah dari beberapa stroberi. Itu khas untuk Natal, baiklah. Kau harus memiliki shortcake.

"Lebih baik tetap klasik daripada bereksperimen dan merusak hari, kan?" Kata Ayahku.

Yah, dia tidak salah. Aku menusukkan garpuku ke dalam sepotong kue yang diberikan oleh Akiko-san dan kami melanjutkan untuk merayakan ulang tahun pertama dan Natal kami sebagai sebuah keluarga. Ayahku senang karena nilaiku naik dibandingkan musim panas lalu dan bertanya apakah Ayase-san juga tertarik untuk bersekolah di sekolah persiapan.

"Kalau kamu khawatir tentang biaya, maka.."

"Tidak, tidak apa-apa. Jika aku memulai sesuatu yang baru sekarang, aku mungkin akan terganggu."

Itu adalah respons yang penuh dengan pengekangan seperti yang kau harapkan darinya, tetapi orang tuaku masih menerimanya. Memikirkan tentang hal itu, sebelum mereka pindah bersama kami, Ayase-san dan Akiko-san telah hidup sendiri-sendiri. Membiasakan diri untuk tiba-tiba tinggal bersama dua orang pria pasti sangat sulit. Belum lagi bahwa orang tuaku dan aku telah tinggal di sini sebelumnya, dan mereka pindah bersama kami. Perubahan dalam lingkungan saja pasti sangat menekan.

Tak terasa hampir setengah tahun sejak pertama kali aku bertemu Ayase-san.

"Tapi, kalau kamu berubah pikiran. Katakan padaku, oke?"

"Mn, terima kasih... Ayah tiri."

Menambahkan bagian terakhir dari kalimat itu membuat Ayahku mulai tersenyum bahagia. Bagus, dia tumbuh menjadi orang tua helikopter yang luar biasa.

"Secara pribadi, aku jauh lebih khawatir tentang Yuuta-kun. Apa kamu bahkan menemukan waktu untuk bersantai dan menikmati diri sendiri?"

"...Bukankah sebaliknya? Kupikir kau akan khawatir jika aku kurang belajar."

"Aku tidak pernah sekali pun mengkhawatirkan hal itu," Ayahku berkomentar dari samping.

Ya, aku tidak ingat Ayahku pernah mengatakan "Belajarlah." 

Meski begitu, dia sangat aneh dan memperhatikan setiap panggilan dari sekolah yang menyangkut diriku. Aku tidak ingat sudah berapa lama dia seperti itu, mungkin sejak bercerai dengan Ibu kandungku.

Dia akan memintaku untuk menunjukkan raporku,.. serta semua lembar soal, sampai aku SMP. Ditambah lagi, dia bahkan tidak akan mengatakan apa-apa saat membacanya. Dia hanya menganggukkan kepalanya, bertanya apakah ada sesuatu yang tidak aku mengerti. Rasanya seperti dia sedang melihat gambar x-rayku.

Dan kemudian.

Beberapa hari kemudian, buku teks dan buku referensi untuk mata pelajaran dimana aku mengalami kesulitan tiba-tiba muncul di mejaku. Hal itu dengan sendirinya menciptakan banyak tekanan. Meski begitu, aku berhasil lulus dan masuk SMA. Sampai saat ini, dia hanya meminta rapor dan tidak ada yang lain.

"Sejak kecil, Yuuta suka membaca buku. Kesehariannu sebagai siswa SMA itu sebentar. Jadi, selagi ada waktu.. nikmatilah masa-masa SMA-mu.."

"Meski kau mengatakan itu.. aku masih menikmati keseharianku sebagai siswa SMA, kau tahu.."

"Begitu? Yah, sebagai Ayahmu.. aku senang mendengarnya. Kesampingkan itu.." Ayahku berhenti berbicara dan mengedipkan mata pada Akiko-san.

Lalu, dia berdiri dan membuka pintu kamar tidur mereka. Dari sana, dia kembali dengan sebuah kantong plastik yang tersembunyi di balik pintu.

"Ini ambil. Ini hadiah ulang tahun kalian berdua.."

"Hm? Ini..."

"Ini semua buku, ya?" Ayase-san bertanya, bingung.

Benda-benda yang dibungkus dalam paket Natal itu cukup tebal. Juga, alasan utama Ayase-san dan aku bisa menebak bahwa itu adalah buku adalah karena kami sudah terbiasa membungkus buku. Kami sudah sering melihat pemandangan yang tidak asing ini.

"Bolehkah aku membukanya?"

"Tentu saja."

Aku memberikan tatapan ragu-ragu pada Ayahku, yang terus menyeringai pada dirinya sendiri dan membuka kertas pembungkusnya. Seperti yang diharapkan, itu adalah sebuah buku. Belum lagi...

"Buku latihan ujian masuk universitas?!"

"Kupikir ini akan berguna karena sebentar lagi kalian ada ujian. Kalian belum memilikinya, kan?"

"Yah, aku tidak punya, tapi..."

Ayase-san sama bingungnya denganku, dan aku tidak menyalahkannya. Bagaimanapun juga, hadiah yang kami terima dari orang tua kami pada hari Natal adalah "Kumpulan Soal Ujian Masuk Universitas dan Fakultas." Karena sampul depannya berwarna merah, beberapa orang menyebutnya akahon atau "buku merah". Biasanya, kau akan mulai mencari buku ini setelah kau mengincar universitas impianmu, tetapi ini adalah untuk semua masalah bersama.

Belum lagi, buku itu memiliki lima eksemplar untuk semua mata pelajaran yang bermasalah denganku.

Tak perlu dikatakan lagi, aku sangat berterima kasih untuk ini. Lagipula, mereka bisa dengan mudah melampaui harga tiga buku hardcover. Memungkinkanku untuk memilikinya kapan pun aku mau, pasti akan sangat berguna. Namun...

"Ini benar-benar tidak terasa seperti hadiah."

"Setelah kalian menjadi dewasa, kalian bebas menjalani hidup kalian sesuka hati. Tapi sekarang, ini adalah waktu ujian masuk."

"Lakukan yang terbaik, kalian berdua," kata Akiko-san sambil tersenyum.

"Terima kasih. Aku akan melakukan yang terbaik." Ayase-san berterima kasih kepada mereka berdua dan menundukkan kepalanya.

Pada saat itu, Ayase-san dan aku mengalami perasaan aneh dari hadiah Natal ini, masih tidak tahu mengapa sebenarnya Ayahku dan Akiko-san terus mengedipkan mata satu sama lain. Dari TV, kami mendengar suara anak yang melindungi rumah mereka dari pencuri. [TN: Sepertinya mereka sedang menonton film Home Alone wkwkwk]

* * *

Malam itu, tepat ketika aku pergi tidur untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, aku mendengar suara samar-samar. Aku membuka mataku di tengah kegelapan. Aku melihat sekeliling, tidak melihat sesuatu yang luar biasa di kamarku. Atau lebih tepatnya, aku sama sekali tidak melihat apa-apa. Aku meraih smartphoneku dan menyalakan layar, memeriksa waktu saat aku melakukannya. Saat itu hampir setengah tengah malam. Aku baru saja tertidur beberapa saat yang lalu. Juga, aku sekarang memiliki liburan musim dingin mulai besok. Jadi, tidur sedikit tidak ada salahnya.

Aku kemudian memutar smartphoneku untuk menerangi area di sekitar pintuku. Aku melihat sebuah kotak kecil di samping pintu yang sebelumnya tidak ada di sana.

... Apa itu?

Untuk mengetahuinya, aku benar-benar harus bangun dari tempat tidur... Tapi anehnya aku penasaran. Aku membuka selimutku, yang menyebabkan tubuhku menggigil karena udara dingin. Aku merasakan dorongan untuk memeluk diriku sendiri untuk sedikit menghangatkan diri. Aku mematikan AC karena aku tidak berpikir aku akan benar-benar bangun dari tempat tidur lagi. Setelah berjalan menuju kotak itu, aku mengambilnya dan kembali ke tempat tidurku, menyalakan lampu di samping bantalku.

Karena kotak itu dibungkus dengan pita di atasnya, aku langsung tahu bahwa ini seharusnya menjadi hadiah Natal. Dan ini dari Sinterklas. Nama itu segera terlintas di benakku, tetapi aku segera menggelengkan kepala.

Aku bukan anak kecil lagi. Tapi, sudah berapa lama sejak aku berharap seperti itu? Jadi, ini adalah hadiah utamanya, ya? Yah, aku senang mendapatkan akahon untuk Natal dan ulang tahunku, tapi kurasa itu hanya pengalih perhatian dari hal ini, ya? Apa Ayahku tipe orang yang suka melakukan hal seperti ini? Tidak, itu mungkin pengaruh Akiko-san...

Ada kemungkinan besar Ayase-san telah menerima hal yang sama pada akhirnya. Aku melepas pembungkusnya dan memeriksa isinya. Segera setelah itu, sesuatu jatuh ke tanah.

"...Huh, surat?"

Hadiah dengan kartu?

Setelah memeriksa kartu, aku menemukan bahwa teks itu cukup panjang. Dan itu dimulai dengan 'Untuk Yuuta, yang akan menjadi dewasa tahun depan'-Jadi pada dasarnya, karena hal-hal akan berantakan dan sibuk tahun depan, mereka memutuskan untuk merayakan kita menjadi dewasa sedikit lebih awal.

"Oh ya, kita harus fokus pada ujian masuk mulai tahun depan ..."

Menjadi siswa SMA kelas 3 berarti kau akan mengalami sakit perut yang konstan akibat stres. Mungkin akan sulit untuk memberi kami sesuatu ketika kami terus-menerus berada di bawah tekanan sebesar itu. Aku memeriksa di dalam kotak.

"Ini, jam tangan... Belum lagi..."

Ternyata itu adalah jam tangan dari produsen yang bahkan pernah aku dengar. Bagi siswa SMA, harganya membuatnya menjadi sesuatu yang benar-benar tidak terjangkau. Bahkan jam tangan second pun bisa dijual dengan harga yang mahal. Ini akan menjadi hadiah yang sempurna untuk merayakan pekerjaan seseorang.

-Untuk Yuuta, yang akan menjadi dewasa tahun depan.

Aku merasakan beratnya pesan yang tertulis di kartu. Tahun depan, aku akan berusia 18 tahun. Aku bahkan bisa menikah pada usia itu. Lalu, aku akan menjadi mandiri. Meskipun aku tidak pernah benar-benar memikirkannya sampai sekarang. Gagasan untuk bekerja terasa sangat sulit dipercaya. Jadwal regulernya adalah masuk universitas, lulus setelah lima sampai enam tahun dan kemudian mulai bekerja. Sebenarnya, mencari pekerjaan tidaklah mudah dari apa yang aku dengar. Kau membutuhkan keberuntungan untuk menemukan pekerjaan yang bagus. Tapi, aku membutuhkannya untuk makan dan mandiri... dan menikah...

Aku menggelengkan kepalaku ke kiri dan ke kanan. Bagian terakhir itu tidak penting sekarang. Aku mengeluarkan jam tangan itu dari kotaknya dan melingkarkannya di pergelangan tanganku. Sabuk perak itu berkilau dengan warna terang di bawah lampu LED kamarku. Jam tangan itu tidak seberat yang kuharapkan dan memakainya terasa cukup nyaman. Tapi untuk saat ini, aku menaruhnya kembali ke dalam kotak, yang aku letakkan di samping tempat tidurku.

...Aku ingin bisa mendapatkan cukup uang sehingga aku bisa membeli jam tangan semacam ini. Dan untuk itu, aku harus bekerja keras. Aku meringkuk kembali di bawah selimutku dan bahkan setelah aku mematikan lampu di samping tempat tidurku, kilau perak dari jam tangan itu tetap terlihat di balik kelopak mataku.





|| Previous || ToC ||Next Chapter ||
Post a Comment

Post a Comment

close