-->
NWQA9y4fvqTQ9rz5lZU0Ky7avuunQd0OpkNmfOuq
Bookmark

Gimai Seikatsu Volume 6 Chapter 2

Chapter 2 - 11 Desember (Jumat) Ayase Saki


Homeroom yang dipersingkat berakhir dengan guru keluar dari ruang kelas dan suasana tegang tiba-tiba menjadi rileks. Teman-teman sekelasku mulai mendiskusikan rencana Natal mereka sebelum waktunya. Sementara aku menyibukkan diri memeriksa selembar kertas yang baru saja kuterima. Aku telah mendapatkan total 815 poin, yang merupakan hasil yang cukup memuaskan.

"Sakiii! Wajahmu mengatakan bahwa kamu telah mendapat nilai yang cukup baik dalam ujian, Sire!" Maaya berlari ke arah mejaku.

"Sire...? Apa kamu menonton anime sejarah lain lagi?"

"Aku yang mereka sebut 'Failing Grade Samurai'.."

"Aku sudah bisa melihatmu akan dihabisi pada pertemuan pertamamu."

"Mungkin, ronin akan terdengar lebih keren?"

"Terserah. Keduanya akan membuatmu segera diiris. Juga, bisakah kita berhenti dengan seluruh hal tentang Samurai?"

"Hmph, maka kita bisa pergi dengan... Erm..."

"Sekali lagi, aku tidak peduli dengan cara apapun."

Dia tampak aneh terpaku pada seluruh tindakan sejarah ini, tetapi karena aku pribadi tidak bisa diganggu. Jadi, aku hanya mengabaikannya dan melanjutkan.

"Kamu dingin seperti biasanya, Saki! Kita hampir setengah jalan melewati bulan Desember. Jadi, tidak bisakah kamu setidaknya sedikit menghangatkan diri selama musim ini? Kalau begitu aku akan menempel padamu seperti ngengat pada lampu! Aku ingin melihat Saki-tan yang hangat dan bengkak!"

"Bisa nggak kamu tidak memperlakukanku seperti kompor? Jadi, bagaimana nasibmu?"

Tentu saja, aku sedang membicarakan tentang hasil ujiannya.

"801! Tidak ada yakuza, tidak ada sumpah, dan tidak ada identifikasi! Hanya itu yang akan aku katakan !"

"Apa maksudmu?"

"Karena kamu adalah Saki yang polos, kamu mendapatkan permen!"

"Ya, iya."

Maaya mengeluarkan permen yang tidak ada dan menaruhnya ke tangan yang kutawarkan padanya.

"Kamu sudah jauh lebih baik dalam bermain bersama dengan lelucon orang lain! Kurasa aku harus berterima kasih pada Asamura-kun untuk itu."

"Kenapa kamu tiba-tiba membawa nama Asamura-kun?"

Maaya tidak merespon. Dia hanya menyeringai padaku. Aku terlambat menyadari bahwa aku telah terpancing. Tapi tidak peduli apa yang kukatakan sekarang, aku takut dia hanya akan mengolok-olokku lagi. Jadi, aku hanya menutup bibirku rapat-rapat dan menghadapi rasa malu.

"Dan bagaimana denganmu?" Maaya bertanya.

"Aku mendapat 815 poin."

"Ohh! Pantesan kamu membuat wajah puas seperti itu. Seperti yang diharapkan dari Saki-chan!"

"Tidak, aku tidak membuat wajah-"

....Atau memang aku...? Aku mungkin membuat wajah seperti itu...

Aku merasa seperti aku melakukannya. Aku bisa mengatakan bahwa pipiku cukup ringan untuk bergerak sendiri. Dan kupikir aku juga terdengar cukup bersemangat. Dan seolah-olah menjawab pikiranku, orang-orang di sekitar kami menjadi lebih berisik juga. Mereka mengatakan hal-hal seperti "Suasana di sekitar Ayase-san berbeda dari biasanya..." dan "Ini pertama kalinya aku melihatnya tersenyum," dan seterusnya.

Kau bercanda, kan? Aku pasti pernah tersenyum sebelum hari ini, kan?

"Kenapa mereka semua bertingkah seperti sedang melihat hewan langka di kebun binatang?"

"Maksudku, sikapmu itu setara dengan lendir logam dalam hal kelangkaan."

"Bisakah kamu berhenti menggunakan contoh yang tidak aku pahami...?"

"Yang ingin aku katakan adalah kamu biasanya bertindak seperti Si Cantik Yang Keren, Kuudere? Tidak, lebih tepatnya kamu tidak peka dan kamu tidak peduli jika orang menyukaimu atau tidak. Meskipun kamu sangat sensitif ketika menyangkut apa yang orang lain pikirkan tentangmu."

Kata-kata Maaya mungkin terdengar seperti tusukan keras di tempat yang menyakitkan, tetapi dia tidak salah. Aku pribadi hanya terkejut mendengar hal positif itu datang dari teman sekelasku.

"Perbedaan 14 poin, ya? Hampir saja aku bisa menyamaimu. Sial, lain kali aku tidak akan kalah!"

"Ya, ya. Semangat."

"Kaaaaah! Seringaimu itu bahkan lebih menjengkelkan hanya karena kamu pernah menang melawanku!"

"Aku tidak menyeringai, oke?"

"Jadi, Saki."

.. .. Apa lagi sekarang?

"Ulang tahunmu sebentar lagi, kan?"

"Ah, ya. Emang kenapa?"

Ekspresi frustrasi dan kekalahannya lenyap dalam sekejap dan dia tampak sangat bersemangat ketika dia menanyakan hal itu padaku. Sejujurnya, terkadang sulit untuk mengikutinya, mengingat betapa cepat dan seringnya dia mengubah topik pembicaraan.

"Aku ingin memberimu hadiah! Tapi, aku tidak tahu apa yang kamu inginkan!"

"Kamu tidak perlu memberiku apapun."

"Muu aku ingin memberikanmu hadiah! Aku pasti akan melakukannya! Aku sangat ingin! Aku ingin memberikanmu hadiah karena aku ingin!"

"Begitu."

"Sebaliknya, bukankah hari ulang tahun Asamura-kun sebentar lagi juga? Kamu bilang itu cukup dekat dengan ulang tahunmu."

"Ulang tahunnya 1 minggu sebelum ulang tahunku."

"Dia?!"

"Itu hanya kata ganti orang ketiga. Tenanglah."

Sama sekali tidak ada arti yang lebih dalam dari itu, ya ampun...

"Eh? Kalau begitu..."

"Yup, tanggal 13."

"Bukankah itu lusa! Aww, kawan! Kenapa kamu tidak memberitahuku?!"

"Eh...? Yah...maaf?"

"Jadi begitu. Kalian akan merayakannya berdua, kan? Itu berarti aku tidak bisa mengajak pacar orang lain pada hari Minggu untuk memberinya hadiah..."

"Sekali lagi, dia bukan-"

"Jadi, kalau dia hanya kakak tirimu.. Aku bebas mengajaknya pergi kencan di suatu tempat?"

".... Nggak bisa."

Dia terus menyeringai padaku. Tapi, aku memutuskan untuk tidak memberikan komentar tentang alasannya. Aku lebih suka dia berpikir bahwa aku adalah seorang brocon.

"Kalau begitu, kamu hanya perlu memberinya hadiahku sebagai gantinya."

Aku yakin Asamura-kun akan baik-baik saja jika tidak mendapatkan hadiah. Tapi, Maaya adalah tipe orang yang sangat terganggu dengan hal semacam itu. Dan itu tidak berhubungan dengan fakta bahwa dia berteman dengan kakak tiriku. Ini hanya cara dia menandai. Dan karena aku tahu itu, aku tidak bisa begitu saja menolak tawarannya.

"Kalau kamu mencari hadiah untuk Asamura-kun, kupikir apapun yang bersangkutan dengan musim dingin tidak masalah. Bagaimanapun juga, kita akan mengadakan pesta ulang tahun kita berdua pada tanggal 24 bersama dengan orang tua kita."

"Jadi, kamu akan bersama dengan Asamura-kun selama Natal!?"

"Kamu masih terus membicarakan hal itu?"

"Sangat di sayangkan aku tidak bisa berada di sisi kalian. Aku berharap kita bisa bertemu pada hari Natal."

"Aku baik-baik saja seperti ini, oke? Dan bukankah kamu sudah merencanakan pesta dengan semua orang?"

"Huh? Oh, aku punya beberapa hal lain yang harus dilakukan hari itu-"

Oh, benarkah? Kurasa itu bukan hal yang penting, kalau begitu.

"Yah, kamu tahu! Bahkan jika aku mengadakan pesta seperti itu, itu akan penuh dengan pasangan! Aku tidak ingin menghabiskan Natalku seperti itu! Haha!"

...Hm?

"Benarkah?"

"Ya, ya! Karena kita berada di SMA sekarang, tidak aneh bagi orang-orang untuk memiliki hubungan semacam itu di sana-sini, kan?"

...Ada apa dengan jeda itu? Mungkin Maaya sudah punya semacam hubungan khusus dengan seseorang yang spesial? Aku tidak berpikir dia akan memberitahuku, setidaknya... Apa dia akan memberitahuku?

"Jenis hubungan seperti itu..."

"Apa kamu tertarik?" Maaya bertanya saat dia mendekatkan wajahnya ke wajahku, yang menyebabkanku menggelengkan kepalaku dengan panik.

"Yah, ini masih terlalu dini untukmu, Sakicchi."

"Kenapa kamu bertingkah seperti Senpai sekarang?"

Dia menyeringai lagi, yang hampir menyebabkanku meledak dengan bingung "Tidak mungkin!" tapi aku mengenalnya. Ini adalah pertanyaan yang menuntun. Atau lebih tepatnya, ekspresi yang menuntun. Dia tidak menuntunku kemana-mana, tetapi wajah itu saja hampir membuatku tergelincir.

Narasaka Maaya benar-benar individu yang berbahaya. Dia berhasil membawa rahasia dirinya sendiri sementara dengan mudah menggali rahasia orang lain. Dan proses pikiranku aneh hari ini. Mengetahui Maaya, aku pikir dia akan memberitahuku jika dia memiliki seseorang seperti itu. Dan jika dia tidak, maka itu berarti sebenarnya cukup normal untuk merahasiakan hubungan semacam itu. Ditambah lagi, aku bahkan tidak tahu apakah Maaya pacaran dengan seseorang atau tidak.

* * *

Waktu yang menegangkan di tempat kerja berakhir dalam sekejap. Yomiuri-san tidak masuk kerja hari ini, yang cukup langka. Berkat itu, kami sepuluh kali lebih sibuk dari biasanya. Kami praktis terikat pada mesin kasir, bahkan tidak bisa memeriksa apa pun di dalam toko. Saat aku mendongak ke atas, aku melihat berbagai lampu yang menutupi pohon-pohon yang berdiri di sisi jalan. Musik musiman yang berasal dari toko-toko hampir tenggelam oleh para karyawan yang menyatakan penjualan yang sedang berlangsung. Ini benar-benar membuatmu menyadari bahwa Natal sudah dekat.

Saat Asamura-kun berjalan di sampingku, dia terus mendekatkan sepedanya ke jalan, perlahan-lahan mendorongnya seiring dia menyamai kecepatanku. Akhir-akhir ini, kami sering pulang bersama seperti ini ketika kami selesai bekerja. Tetapi tangannya yang memegang stang terlihat sangat dingin. Aku bertanya kepadanya mengapa dia tidak mengenakan sarung tangan dan dia menjawab bahwa sarung tangan membuatnya merasa tangannya akan terlepas dari setang. Dia berbicara tentang hal itu dari segi keselamatan, tetapi dia juga menyebutkan bahwa dia mungkin harus mengenakan helm dan sarung tangan pada akhirnya karena peraturan sekolah.

"Kalau begitu, kamu pasti membutuhkannya," kataku dengan sedikit kebingungan dan sebagai tanggapan dia mengatakan bahwa dia akan memeriksanya.

"Kamu juga tidak mengenakan syal. Apa kamu tidak merasa kedinginan?"

Tentu saja, salah satu alasanku menanyakan hal ini adalah karena lehernya terlihat sedingin tangannya, tetapi aku lebih penasaran apakah dia benar-benar memiliki syal atau tidak. Lagipula, syal akan menjadi hadiah yang sempurna untuk ulang tahun. Namun, Asamura-kun menjelaskan bahwa mengenakan syal saat berkendara akan lebih berbahaya. Kurasa dia benar. Tapi tetap saja, aku tidak bisa membiarkan tangannya kedinginan seperti itu. Jadi, aku memilih untuk menempatkan tanganku di atas tangannya. Tidak banyak yang bisa dilakukan karena aku mengenakan sarung tangan, tetapi setidaknya bisa melindungi tangannya dari angin malam yang dingin.

Tak lama setelah itu, kami memasuki gang kecil, jauh dari jalan utama. Jumlah lampu di sekitar kami semakin sedikit, dengan hampir tidak ada orang yang berjalan melewati kami lagi. Mungkin itulah sebabnya aku berhasil melakukan ini. Itu semua berkat tidak ada orang yang melihat kami. Meskipun aku hanya meletakkan tanganku di tangannya, jantungku mulai berdebar-debar seperti orang gila. Aku khawatir bahwa dia mungkin merasakan denyut nadiku di tangannya, tetapi pada saat yang sama, aku berharap hal itu terjadi.

"Bagaimana hasil ujianmu?" Asamura-kun tiba-tiba berbicara, yang menyebabkan jantungku hampir melompat keluar dari dadaku.

"Ah, um, aku mendapat 815 poin."

"Kau semakin baik dalam studimu, ya?"

Begitulah katanya, tetapi nilainya adalah 819 poin. Aku tahu, itu bukan perbedaan yang besar dan kami tidak berkompetisi atau apapun, tetapi kata-kata pertama yang keluar dari mulutku adalah-

"Aku kalah lagi..."

Mengapa aku tidak ingin kalah melawan Asamura-kun dalam hal nilai?

Semangat kompetitifku sendiri mengejutkanku. Aku pasti terdengar cukup kecewa dan frustasi, karena Asamura-kun, sebaik dia, mulai mengatakan bahwa perbedaan ini hanya karena dia menghadiri sekolah persiapan dan dia bahkan memujiku karena perkembanganku di mata pelajaran sastra modern setelah menerima nilai merah beberapa bulan yang lalu. Dia bahkan mengatakan bahwa aku akan dengan mudah melewatinya jika aku menghadiri sekolah persiapan juga.

"Aku tidak punya rencana untuk pergi ke sana."

"Yah, biayanya sangat mahal. Jadi, aku bisa mengerti itu."

Itu salah satu alasanku juga. Tapi, alasan yang lebih besar mengapa aku tidak mau menerima sarannya adalah karena aku tidak bisa menunjukkan kelemahanku sendiri kepada orang lain. Aku takut hanya mengandalkan orang lain tanpa syarat. Dan aku juga belum belajar keterampilan untuk benar-benar melakukan itu.

"Kalau kau berubah pikiran, beritahu aku. Aku akan membantumu mempersiapkan segalanya."

Namun, karena Asamura-kun begitu mendukung, aku mulai merasa menyesal. Uang dan sifatku adalah satu hal, tetapi alasan terbesar mengapa aku lebih suka tidak menghadiri sekolah persiapannya adalah alasan yang sama sekali berbeda-aku khawatir bahwa aku tidak akan fokus pada pelajaran dan hanya akan menatap Asamura-kun sepanjang waktu. Tentu saja, tidak mungkin aku bisa mengatakan itu padanya. Aku akan mati karena malu.

Apartemen kami mulai terlihat, yang membuat kepalaku akhirnya kembali ke mode kerja biasa. Lebih spesifik lagi, aku mulai memikirkan apa yang harus kubuat untuk makan malam. Asamura-kun dan aku pulang pada waktu yang sama. Dan karena shift kerja kami, aku tidak punya waktu untuk pulang lebih awal untuk mempersiapkan apa pun. Satu-satunya hal yang kami miliki yang bisa aku siapkan dengan cepat adalah...

Atau begitulah yang kupikirkan, tetapi ketika kami memasuki apartemen, kami langsung disambut oleh kantong plastik yang tergeletak di atas meja di ruang tamu. Ternyata itu adalah makanan yang dibeli Ayah tiriku. Beberapa sayuran, daging babi asam manis gyoza dan steak lada. Aku bisa merasakan pipiku rileks.

Sungguh tindakan yang penuh wawasan...

Aku tidak tahu apakah Ibu memintanya untuk melakukan hal ini, tetapi mengetahui Ayah Asamura-kun, dia mungkin saja berinisiatif membelinya. Aku menyiapkan semuanya di piring saat Asamura-kun menyiapkan nasi dan sup. Setelah itu, kami mulai makan.

Tepat setelah itu, kami menyadari bahwa kami menggunakan saus yang berbeda untuk gyoza kami. Kami menukarnya sehingga kami berdua bisa mencicipi saus satu sama lain. Tapi seperti yang kupikirkan, aku masih tidak terlalu suka kecap asin. 

Kalau dipikir-pikir, dia juga makan Tamagoyaki dengan kecap asin, kan?

Oh ya, ada sesuatu yang membuatku ragu-ragu saat itu.

Itu adalah ketika aku mencicipi sausnya. Itu membuatku berpikir "Tunggu, bukankah ini...?" tapi aku segera menggigitnya.

Bingung karena ciuman tidak langsung? Dan ini bahkan lebih tidak langsung dari sekedar tidak langsung biasa... dan aku masih sadar akan hal itu? Apa aku ini, anak sekolah dasar?

Pada akhirnya, kami berdua terus makan dalam diam. Tepat ketika aku merasa seperti aku tidak bisa menahan keheningan lebih lama lagi, Asamura-kun menyinggung soal hadiah ulang tahun. Hal ini membuatku senang. Jadi, aku menanggapinya. Ketika aku mengatakan bahwa aku tidak membutuhkan hadiah khusus atau sesuatu yang bijaksana, Asamura-kun menatapku dengan tatapan ragu-ragu. Tetapi jika hubungan ini tidak akan berakhir suatu hari nanti, maka kita masih memiliki kenangan yang kita ciptakan bersama. Jika kita bisa mendapatkan kenangan baru yang berharga setiap tahun, maka kupikir itu sudah cukup untuk menjadi hadiah. Lagipula, kenangan ini bersinar jauh lebih terang daripada apa pun yang bernilai fisik.

Alasanku berpikir seperti ini mungkin karena Ayah kandungku. Dia selalu terobsesi dengan nilai uang atau fisik. Saat aku masih kecil... Saat dia masih baik kepadaku, aku dan Ibu sering memberinya hadiah. Dan ketika perusahaannya mulai pindah ke gedung perkantoran untuk karyawan mereka, dia menjadi asyik dengan nilai semacam ini. Setelah beberapa saat, dia mulai mengatakan hal-hal seperti "Kalian bisa bertahan hidup berkat apa yang kubelikan, tapi kau masih mengeluh?" Dia terikat oleh nilai uang. Itulah mengapa aku lebih suka tidak mendapatkan hal seperti itu.

Tapi, itu hanya setengahnya saja. Setengahnya lagi adalah karena aku ingat saat aku melihat punggung Ibu ketika Ayahku meninggalkan kami. Punggungnya bergetar karena bahunya menggantung rendah, tetapi ketika dia berbalik untuk memelukku, dia tidak menunjukkan air mata. Dia tidak ingin aku khawatir. Meski begitu, aku bisa merasakan kesedihannya. Aku masih belum bisa sepenuhnya percaya bahwa emosi yang kurasakan ini dan bahwa hubungan yang kami bagi ini, akan bertahan selamanya. Dan jika ada hari di mana semuanya runtuh, maka aku hanya akan merasakan lebih banyak rasa sakit saat melihat semua kenang-kenangan yang kumiliki. Itulah mengapa aku tidak menginginkan hadiah seperti itu.

...Aku sangat suka memikirkan rasa sakit karena kehilangan sesuatu bahkan sebelum menerima apa pun.





|| Previous || ToC || Next Chapter ||
Post a Comment

Post a Comment

close