-->
NWQA9y4fvqTQ9rz5lZU0Ky7avuunQd0OpkNmfOuq
Bookmark

Gimai Seikatsu Volume 6 Chapter 3

Chapter 3 - 13 Desember (Minggu) Asamura Yuuta


Hari Sabtu berlalu tanpa sesuatu yang besar terjadi. Hari Minggu berikutnya menandai hari ulang tahunku, tetapi sebagai siswa SMA yang paling biasa-biasa saja di dunia, ulang tahunku tidak dirayakan dengan nyanyian burung atau keriuhan ketika aku membuka pintu depan.

Sebagai gantinya, aku menghadiri pelajaran pagi di sekolah persiapanku seperti biasa. Setelah periode pertama berakhir, kami beristirahat sejenak.

Kupikir aku mungkin juga bisa minum kopi. Jadi, aku menuju ke area istirahat dengan Vending Machine. Menyusuri lorong dan berbelok, aku tiba di area yang luasnya sekitar sepertiga ukuran ruang kelas biasa, yang memiliki meja-meja besar yang dapat menampung enam orang, seukuran yang biasa kau lihat di kantin sekolah, ditambah beberapa kursi plastik lipat untuk duduk.

Setelah aku membeli secangkir kopi dengan susu dan tanpa gula, aku meniup beberapa kali cairan kecoklatan yang mengepul dan mencari tempat duduk yang terbuka. Saat itulah aku melihat seorang gadis yang tidak asing lagi-Fujinami Maho.

Satu kursi kosong di depannya. Mata kami bertemu saat dia mengangkat kepalanya dan aku duduk.

"Selamat pagi." Dia menyapaku dengan gumaman samar.

"Pagi. Kau kenapa? Masuk angin?"

Lebih dari tinggi badannya, masker putih yang dia kenakan paling menonjol saat ini.

"Aku tidak akan datang untuk menghadiri kelas persiapan jika aku sedang flu. Aku hanya melindungi diriku sendiri. Udara selama hari-hari musim dingin ini begitu kering, itu membuatnya lebih mudah terkena flu dan infeksi lainnya."

"Ah, masuk akal juga."

"Nenek selalu mengatakan kepadaku untuk memakai masker setiap kali di luar dingin."

Aku hanya mengangguk dalam diam. "Nenek" yang dia bicarakan ini sebenarnya adalah orang yang merawatnya sekarang. Setelah orang tua Fujinami meninggal dan beberapa masalah terjadi dengan kerabatnya, dia diambil oleh orang ini, yang sekarang merawatnya.

"Yah, bahkan masker ini tidak akan melindungiku dari gelombang dingin."

"Meski begitu, lebih baik dilindungi daripada benar-benar tidak berdaya. Saat aku masih kecil, aku memiliki periode di mana aku akan terus-menerus mencuci tanganku seperti orang gila."

"Hanya ketika kamu masih kecil?"

"Aku terkena flu tepat sebelum ulang tahunku. Jadi, aku tidak bisa makan kue ulang tahunku. Jadi, aku bersumpah pada diriku sendiri bahwa aku tidak akan masuk angin di tahun berikutnya."

"Ah, jadi ulang tahunmu pada musim dingin? Bentar lagi, ya?"

"Sebenarnya, hari ini." Aku mengangkat bahu sambil menjawab.

"Begitukah?" Fujinami berdiri dan menuju ke Vending Machine tanpa mengatakan apa-apa.

Dia mengeluarkan uang receh dari sakunya dan membeli sekaleng jagung rebus panas. Sementara aku memikirkan apakah dia lapar, dia kembali dengan sekaleng jagung rebus dan meletakkan kaleng itu di depanku.

"Ini hadiah ulang tahunmu. Meskipun mungkin agak berat untuk dinikmati dengan kopimu."

"Eh...?"

"Maaf, itu tidak seberapa."

"Ah, tidak, tidak apa-apa. Hanya saja..."

Aku tidak mengharapkan dia memberiku sesuatu. Jadi, itu mengejutkanku - cukup mengejutkan, sebenarnya.

"Terima kasih."

"Santai saja. Itu bukan sesuatu yang mahal. Jadi, kamu tidak perlu berterima kasih padaku. Terlebih lagi, kupikir kamu akan mendapatkan hadiah yang sebenarnya dari pacarmu nanti."

Aku melemparkan senyum masam.

"Kalau begitu, permisi." Fujinami membalikkan badannya ke arahku dan aku membiarkannya pergi dengan sedikit membungkuk saat aku masih mengambil kaleng itu.

Dia bilang itu bukan sesuatu yang istimewa, tetapi aku cukup senang ada orang yang merayakan ulang tahunku.

* * *

Hari ini aku ada shift pada malam hari.

Aku tiba di toko buku sekitar 20 menit sebelum shift kerjaku dimulai. Jadi, kupikir aku mungkin juga akan memeriksa keadaan toko hari ini, berjalan di sekitar tempat itu dengan tas olahraga di bahuku. Sepertinya hari ini kami akan kedatangan banyak pelanggan lagi. Sementara aku sibuk menghitung salinan majalah yang kami pajang, aku merasakan seseorang mencolek punggungku.

"Yo, Kouhai-kun."

Berbalik, aku disambut oleh pemandangan Yomiuri-senpai, rambut hitamnya yang panjang dan mengkilap seperti biasanya.

"Ah, ternyata kau toh, Senpai."

"How fare thee?"

"...Apa?"

.... Ngomong apa barusan?

"'How fare thee' berarti-"

"Ya, iya. Itu pada dasarnya adalah 'Apa kabar?', bukan?"

Kupikir orang akan mengatakan itu di awal surat atau sesuatu seperti itu.

"Tepat sekali! Aku terkejut kamu tahu."

"Yah... ini adalah pertama kalinya aku disapa seperti itu. Lebih penting lagi, apa kau sudah merasa lebih baik?"

Kami menjauh dari area utama sehingga kami tidak akan menghalangi pelanggan. Namun, sebelum dia menjawab pertanyaanku, dia menunjuk ke arah kantor di belakang dan mulai berjalan ke arah itu. Dia mungkin tidak ingin mengganggu pelanggan. Aku mengangguk dan ikut.

"Yep, aku sudah fit 100%. Tapi, aku merasa seperti sudah lama sekali. Daripada itu, jadi kamu mengkhawatirkanku 'ya, Kouhai-kun?"

"Ya, ya. Aku senang kau merasa lebih baik."

"Aku sebenarnya sudah cukup sehat dua hari yang lalu, tetapi semua orang dari kantor mengatakan untuk memastikan dan mengambil satu hari libur lagi."

"Apakah itu flu?"

"Yup. Tenggorokanku sakit dan aku mengalami demam lebih dari 39° Celsius."

"Itu pasti berat bagimu, Senpai."

"Itu benar. Prok, prok, seperti aku bertepuk tangan di kuil!"

Seperti biasa, pernyataannya memiliki sedikit getaran orang tua pada kata-katanya... yang artinya dia kembali normal.

Pemulihan yang sempurna, aku berani mengatakannya...

Bagaimanapun, kami melanjutkan percakapan kami sampai kami mencapai kantor. Kami mengetuk pintu, tetapi tidak ada seorangpun yang ada di sana setelah kami masuk.

"Aku sebenarnya mencoba untuk berhati-hati, kau tahu? Kurasa karaoke ketahanan dari seminggu yang lalu adalah apa yang memberikanku pukulan terakhir. Tapi, aku tidak bisa menahannya, kita mengumpulkan semua orang dari SMA bersama-sama."

"Jadi, itu seperti reuni kelas?"

"Dua mantan rekan klubku akan menikah bulan depan."

"Hah?!" Aku tidak bisa menahan keterkejutanku.

"Mao-chan dari semua orang, juga. Dia bilang dia mungkin akan menjadi yang terakhir, namun dia punya begitu banyak hal yang harus didahulukan. Mereka rupanya berjanji untuk melakukannya setelah mereka lulus dari sekolah teknik mereka. Tapi, dia marah karena butuh waktu setengah tahun lebih lama dari yang direncanakan."

"Ah, benar... Um, selamat?"

"Bukan aku yang akan menikah, kau tahu."

"Aku tahu, tapi..."

Aku benar-benar tidak tahu bagaimana menanggapi hal itu. Terlebih lagi, jika mereka adalah teman sekelas Yomiuri-senpai, maka mereka adalah orang dewasa yang tepat dan tidak ada yang "terlalu cepat" dalam masyarakat modern.

"Dia mengalami kasus utama dari blues pernikahan. Jadi, kami semua pergi keluar untuk berkaraoke untuk mendengar semua keluhannya. Yep, kamu sebaiknya berhati-hati, Kouhai-kun."

"Benar...?"

Karena semua itu terdengar seperti berasal dari dunia yang sama sekali berbeda, aku tidak bisa benar-benar memahami bagaimana dan apa yang harus kuhindari.

Serius. Aku tidak mengerti apa-apa di sini.

"Ketika dua orang yang benar-benar asing terlibat dalam kontrak kemitraan sosial, mereka memiliki banyak gesekan dan perselisihan yang menanti mereka."

"Begitukah?"

"Begitulah cara pernikahan sering bekerja. Kamu mengalami Romeo dan Juliet yang terbaik, Kouhai-kun."

"Pertemuan dua orang yang tidak bisa lebih berbeda?"

"Kamu punya Keluarga Capulet yang termasuk dalam faksi saus dalam hal telur goreng dan kemudian ada faksi garam dan merica yang dipimpin oleh Keluarga Montague. Keretakan di antara keduanya tidak dapat diatasi."

"Aku merasa seperti Shakespeare sedang membalikkan badan di kuburannya sekarang."

"Perbedaan nilai melahirkan perselisihan, yang berujung pada tragedi. Menyedihkan sekali. Btw, kamu termasuk faksi apa, Kouhai-kun?"

"Tamagoyaki? Aku lebih suka kecap asin."

"Faksi ketiga bangkit dari abu! Secara pribadi, aku lebih suka kecap asin. Bagaimana jika keluarga kecap berbicara menentang pernikahan kita? Oh, Romeo, mengapa engkau harus menjadi pemuja kecap? Tolong, mari kita buang bumbu kita! Sebenarnya, mari kita menyerah saja pada seluruh masalah pernikahan."

"Satu-satunya hal yang benar-benar aku pahami adalah bahwa aku benar-benar tidak mengerti apa yang ingin kau katakan padaku. Jadi, aku menyerah. Lagi pula, apa yang ingin kau bicarakan?"

"Oh, ya. Kouhai-kun, hari ini ulang tahunmu, kan?" Yomiuri-senpai berkata sambil meletakkan sebuah kantong kertas di atas meja.

"Ya. Yah... Aku terkejut kau tahu ulang tahunku, Senpai"

"Saki-chan yang memberitahuku. Ulang tahunnya minggu depan, bukan?"

"Ah, ya. Itu benar."

"Dia akan mendapatkan hadiahnya nanti. Tapi ini untukmu." Dia berkata dan mengeluarkan kantong plastik lain yang lebih kecil.

Dilihat dari bentuknya, kupikir ada buku-buku di dalamnya. Karena dia mengangguk sambil menyerahkannya padaku, aku pikir tidak apa-apa untuk membukanya.

"Ohhh... Ini..."

Begitu banyak buku-buku klasik. Dia mungkin membelinya di toko buku bekas atau antik. Aku melihat "The Apology of Socrates" karya Plato, "Discourse on the method" karya Descartes, "The Myth of Sisyphus" karya Camus, "Critique of Pure Reason" karya Kant dan bahkan "Thus Spoke Zarathustra" karya Nietzsche.

"Ini... cukup banyak koleksi."

"Semua dipilih sendiri oleh Hakim Yomirui Shiori, kumpulan filsafat yang harus dibaca. Meskipun mereka tidak memiliki urutan atau organisasi tertentu, dan beberapa sama sekali tidak berhubungan."

"Itu masih luar biasa. Aku akan mengalami kesulitan mendapatkan semua ini karena aku hanya seorang siswa SMA. Dan aku sudah menahan diri untuk membelinya jika itu terlalu sulit untuk dibaca. Tapi, aku sudah melihat-lihatnya di perpustakaan."

"Awalnya, aku ingin memberikanmu mainan seks sebagai gantinya. Tapi, aku khawatir aku akan mendapat masalah hukum karena memberikannya kepada anak di bawah umur.  Makanya, aku memilih sesuatu yang sedikit lebih ortodoks."

"Aku senang kau memilih set buku filsafat."

"Aku minta maaf karena ternyata itu hadiah yang membosankan." Dia meminta maaf dengan ekspresi serius, yang membuat seluruh mainan orang dewasa tampak seperti dia benar-benar serius dan tidak hanya bercanda denganku.

Pikiran seperti ini membuatku semakin mungkin terkena flu karena menyebabkan suhu tubuhku mendidih.

"Pokoknya, terima kasih banyak."

Sama seperti sekaleng potage Fujinami-san, aku merasa benar-benar senang dengan hadiah kejutan. Aku selalu berpikir akan lebih baik untuk memperjelas apa yang kau inginkan sebagai hadiah, tetapi mendapatkan sesuatu yang tak terduga seperti ini tidak terlalu buruk. Karena dia memberiku banyak buku-buku lama dan klasik, mungkin akan membutuhkan banyak ketekunan untuk membacanya. Meskipun begitu, seorang kutu buku sepertiku tidak akan pernah menolak mendapatkan buku sebagai hadiah. Dan mereka juga akan menawarkanku banyak waktu membaca sebagai imbalannya.

* * *

Setelah shift-ku selesai dan aku pulang ke rumah, Akiko-san sudah berangkat ke tempat kerjanya di bar, tetapi Ayahku masih belum tidur. Kurasa dia sedang menungguku pulang bersama Ayase-san. Mungkin karena hari itu hari Minggu dan dia punya lebih banyak waktu atau mungkin karena hari itu adalah hari ulang tahunku. Tapi, sepertinya makan malam yang dibuat Ayase-san sedikit lebih mewah dan enak dipandang. Ada daging sapi panggang sebagai hidangan utama dengan salad dan kentang potage. Saat kami duduk di meja, orang Ayahku berkata, "Fiuh, kau sudah habis-habisan hari ini, ya?" dan mengangguk-angguk pada dirinya sendiri.

"Oh, ya. Hari ini hari ulang tahunmu, Yuuta.."

"Oh, kau mengingatnya?" Aku berbicara dengan nada suara yang terkejut. Aku sebenarnya tidak mengharapkan Ayahku untuk mengingatnya.

"Tentu saja aku ingat!" Dia memberiku tatapan masam.

"Karena sebelumnya kita akan merayakan ulang tahunku dan Ayase-san di hari Natal, kupikir kau lupa tanggal yang sebenarnya."

"Yah, makan malam mewah Saki-chan memberiku sedikit petunjuk, kurasa."

"Jadi, kau memang lupa?"

"Hahaha."

"Jangan berharap bahwa tertawa akan membuatku memaafkanmu."

Dia cenderung melakukan itu ketika mencoba untuk mengalihkan kesalahan. Juga, aku tidak marah. Ini hanyalah pertukaran kasual lain yang cenderung kami lakukan.

"Oke, mari kita hentikan topik itu." Ayase-san menimpali dengan senyum masam dan mulai membagikan mangkuk nasi yang berisi nasi mengepul.

Dia kemudian meletakkan tiga pasang sumpit, menuangkan teh ke dalam cangkir teh kami dan mengisi meja dengan piring. Membersihkan meja adalah tugas Ayahku. Ternyata, Akiko-san dan Ayase-san selalu membagi pekerjaan mereka dalam hal rutinitas seperti ini, tetapi aku dan Ayahku tidak pernah menjadi tipe orang yang mengelap meja sebelum makan malam. Kami pikir akan lebih masuk akal untuk melakukannya setelah meja itu kotor.

Karena itu, Akiko-san yang bekerja sebagai bartender membuatnya cukup aneh dalam hal kebersihan dan meja. Seperti yang kau harapkan, Ayase-san terpengaruh olehnya. Dan sekarang giliran kami yang dipengaruhi oleh Ayase-san.

"""Selamat makan!"""

Kami bertiga menyatukan tangan serempak dan mulai makan. Setelah mengunyah daging sapi panggang sekali atau dua kali, Ayahku membuka mulutnya dan berseru, "Maknyuss!" dengan penuh semangat.

"Seperti biasa masakanmu enak sekali, Saki-chan."

"Bukankah kau mengatakan hal yang sama kemarin?" Seruku.

"Aku akan mengatakannya lagi dan lagi. Itulah betapa enaknya masakannya!"

Inikah yang disebut sebagai orang tua yang terlalu menyayangi?

Sebaliknya, Ayase-san hanya memainkan rambutnya dengan sedikit malu-malu dan berkata, "Ini tidak seberapa dibanding masakan Ibu," dan menjelaskan bahwa dia membuatnya dengan rice cooker.

"...Kau bisa melakukan itu?"

"Iya, bahkan puding dan pancake. Rice cooker saat ini memiliki begitu banyak kegunaan. Itu bagus sekali."

"Aku tidak tahu itu."

Aku hanya pernah menggunakannya untuk memasak nasi. Aku tidak mengira kau akan memiliki banyak pilihan dengan rice cooker sederhana. Daging sapi panggang dihangatkan secara merata, dengan warna merah muda yang indah di bagian dalamnya. Dagingnya juga tidak terlalu keras untuk dikunyah. Malahan, daging ini memenuhi mulutku dengan cairan di setiap gigitannya. Ditambah dengan saus manis dan nasi yang rasanya seperti bawang dan kecap asin-

"Aku bisa makan ini selamanya," kataku.

"Makasih. Aku senang kamu menyukainya.."  kata Ayase-san tersenyum bahagia.

Seperti yang kupikirkan, dia membuatnya karena hari ini adalah hari ulang tahunku. Kesadaran itu saja sudah membuatku merasa gatal karena bahagia. Tersesat dalam pikiran, aku menyadari bahwa aku berhenti makan. Jadi, dengan aku panik mengunyah sedikit nasi terakhir.

"Aku akan ke sana sebentar."

Untuk menyembunyikan rasa maluku, aku memilih untuk berdiri dan kembali ke penanak nasi. Setelah kami selesai makan, Ayahku pergi bersiap untuk mandi. Sementara itu, Ayase-san dan aku sedang membersihkan piring, dia tiba-tiba berbisik ke telingaku.

"(Datanglah ke kamarku nanti, oke?)"

Jantungku berdegup kencang. Ayase-san menatapku dan hanya menggerakkan mulutnya dan gerakan itu membentuk kata Datang. Aku bisa dengan mudah membaca apa yang dia maksudkan, bahkan tanpa harus menjadi ahli dalam hal itu.

* * *

Setelah Ayahku masuk ke kamar mandi, aku pergi ke kamar Ayase-san dan mengetuk pintunya. Setelah mendapat izin untuk masuk, aku menyelinap ke dalam. Ayase-san telah menungguku.

"Um... ini dari Maaya."

"Dari Narasaka-san...? Tunggu, apakah ini hadiah untukku?"

Ayase-san mengangguk. Ini adalah kejutan keempatku hari ini. Maru, Fujinami-san, Yomiuri-senpai dan bahkan Narasaka-san telah menyiapkan hadiah ulang tahun untukku. Aku tidak akan pernah membayangkannya.

"Mari kita mulai dengan hadiah Maaya." Dia menyerahkan sebuah buku yang dibungkus kertas.

Tiga dari empat orang memberiku buku sebagai hadiah...

"...Apa aku benar-benar terlihat seperti kutu buku?"

"Eh, kamu tidak menyadarinya?" Keterkejutan Ayase-san yang tulus membuatku merasa bingung.

Yang lebih mengejutkanku adalah buku yang menyambutku ketika aku membuka kertas pembungkusnya. Sampulnya bertuliskan "Tujuh Aturan Untuk Diikuti Yang Akan Membuatmu Berhasil dalam Cinta." Dan ada sesuatu yang tersangkut di antara halaman-halamannya, hampir jatuh. Ternyata itu adalah sebuah kartu bertuliskan "SELAMAT ULANG TAHUN", bersama dengan pesan singkat yang berbunyi 'Ini akan membantumu untuk merebut hati Saki~'. Kupikir ekspresiku sedikit terdistorsi dalam ketidakpercayaan, karena Ayase-san terdengar khawatir.

"Ada apa? Apa kamu tidak menyukai hadiahnya?"

"Tidak, bukan begitu, aku senang kok."

Aku menutup buku itu dan membungkusnya lagi dengan kertas.

Apa yang sedang dia pikirkan? Aku akan berpura-pura tidak melihatnya...

"Dan ini dariku."

Dia menyerahkan hadiahnya sendiri, terbungkus rapi dengan kertas berwarna merah terang. Setelah membukanya, aku disambut oleh penghangat leher yang aku inginkan. Terasa nyaman saat disentuh, seperti terbuat dari bahan berkualitas. Dia mungkin memilih warna yang cerah agar aku bisa terlihat menonjol saat mengayuh sepeda di jalanan pada malam hari. Aku memang tahu apa yang akan aku dapatkan sebelumnya, tetapi aku masih merasa senang bahkan tanpa kejutan.

"Selamat ulang tahun."

"Terima kasih."

"Meskipun kamu akan mendapatkan kue dengan lilin pada hari Natal."

"Ya, sudah kuduga. Tapi, hal yang sama berlaku untukmu, Ayase-san. Mari kita rayakan bersama sebagai sebuah keluarga."

"Mnm.."

Dalam satu minggu, aku akan menjadi orang yang memberikan Ayase-san hadiahnya. Dan karena ini hari Minggu yang lain-Oh, benar. Aku menyadari sesuatu yang aneh tentang semua ini. Yakni, hal tentang membagikan hadiah secara rahasia...

"Um, Ayase-san. Karena kita dekat satu sama lain sebagai keluarga. Tidak apa-apa jika kita saling memberikan hadiah di sekitar orang lain, bukan?"

"Mungkin kamu benar tentang itu. Tapi, aku  lebih suka jika tidak ada terlalu banyak mata di sekitar," kata Ayase-san, yang membuatku mulai berpikir lagi.

"Mungkin kita bisa mengambil shift kerja lebih awal. Lalu, pergi makan di suatu tempat bersama?"

"Eh... Makan di luar?" Ayase-san mengangkat sebelah alisnya dan kemudian menatapku. "Tapi, ini hanya setahun sekali... Dan ulang tahunku, jadi..."

"Kalau begitu, aku akan mencarikan tempatnya."

"Mn, baiklah."

Saat itu, kami mendengar Ayahku berteriak, "Segar sekali!" yang membuat kami berdua melompat kaget, tetapi dia segera masuk ke kamar tidurnya. Kami memutuskan untuk mendiskusikan detailnya melalui LINE. Setelah itu, aku meninggalkan kamar Ayase-san.





|| Previous || ToC || Next Chapter ||
Post a Comment

Post a Comment

close