-->
NWQA9y4fvqTQ9rz5lZU0Ky7avuunQd0OpkNmfOuq
Bookmark

Gimai Seikatsu Volume 6 Chapter 7

Chapter 7 - 20 Desember (Minggu) Asamura Yuuta


Entah kenapa aku merasa gelisah sepanjang hari. Saat aku bangun, aku merasakan campuran antara kegugupan dan kegembiraan. Perasaan ini tidak hilang bahkan selama shifku di tempat kerja. Dan tidak butuh waktu lama sampai waktu yang ditunggu-tunggu tiba.

Saat ini jam menunjukkan pukul 6 sore. Hanya 30 menit lagi. Dengan Natal yang sudah dekat, jalanan semakin ramai dari hari ke hari. Rasanya tidak tepat untuk meninggalkan pekerjaan lebih awal selama badai seperti itu. Terutama selama paruh kedua bulan Desember, karena bekerja di toko buku selalu menjadi neraka.

Karena pengiriman terhenti selama Tahun Baru, jadwal rilis selalu dimajukan, memaksa rilisan terbaru keluar lebih cepat dari biasanya. Yang membuat kami harus mengemas rak-rak buku dengan buku-buku tersebut. Inilah yang kami sebut 'preemptive stocking'.

Pada dasarnya, ini adalah hasil dari penulis dan departemen editor yang meminta maaf dengan berlinang air mata saat mereka mengirimkan semua rilisan lebih awal kepada kami dan memaksakan jadwal neraka ini kepada kami. Jika kami mendapatkan dua puluh eksemplar rilisan yang biasanya hanya mendapatkan sekitar sepuluh eksemplar per minggu, maka kami akan mulai kehabisan ruang pada display datar, memaksa kami untuk berkreasi dalam penempatan buku dan kami juga perlu membuat lebih banyak display untuk setiap seri.

Dan karena pelanggan tidak tahu bahwa semua ini terjadi di belakang layar, mereka akhirnya menjadi bingung dan meminta bantuan karyawan kami. Ketika seseorang tersesat di dunia ini, ada orang lain yang harus bekerja keras. Begitulah dunia ini terus berputar. Sejujurnya, aku tidak memiliki apa-apa selain rasa syukur. Aku hanya berharap aku bisa membantu seseorang ketika mereka merasa tersesat.

Oh ya, Yomiuri-senpai akan datang untuk shift hari ini ketika Ayase-san dan aku pergi. Sebelum pergi, aku bekerja menata rak-rak lagi. Setidaknya aku ingin mengurangi beban kerja rekan-rekanku yang lain. Setelah shift-ku selesai, aku menuju ke kantor.

"Eh?"

Aku membuka pintu dan terkejut melihat Yomiuri-senpai sedang duduk di sana. Karena rekan-rekan kerjaku yang lain dari shift jam 6 sore sudah berjalan-jalan di dalam toko, aku tidak menyangka akan melihatnya masih berada di sini saat mendekati jam kerja.

"Sungguh pemandangan yang langka."

"Nee, Kouhai-kun. Barusan kamu berpikir bahwa aku sedang bolos kerja, kan?"

"Eh, nggak kok. Sumpah, aku tidak memiliki pemikiran seperti itu."

"Kalau begitu, kamu menyuruhku untuk keluar dari sini? Jahat sekali... Waah, waaah, waaaaah!"

"Keterampilan menangis palsumu perlu diperbaiki."

"Tee hee~"

Tidak peduli seberapa banyak aku mencoba untuk menjadi orang yang lurus, rasanya seperti dia mempermainkanku.

"Haah..." Aku menghela napas tepat saat Ayase-san menyelinap masuk ke dalam kantor.

"Eh? Yomiuri-senpai, bukankah seharusnya kamu...?"

"Aku tidak bolos kerja!"

"Ah. Jadi, kamu terlambat?"

"Bukan itu masalahnya, Saki-chan. Aku sedang menunggumu! Ikutlah denganku. Karena aku tidak bisa memberimu hadiah minggu lalu!" katanya dan menyeret Ayase-san ke ruang ganti wanita.

"Um.. Ada apa? Eh?"

"Jangan menolak. Serahkan semuanya pada Paman, oke?"

Jadi, dia akhirnya mengaku sebagai pria paruh baya yang menyeramkan? Tunggu, yang lebih penting lagi, Manager kami sedang duduk di mejanya menyaksikan ini dari awal sampai akhir. Dan meskipun Yomiuri-senpai terlambat untuk shift nya, dia tidak mengatakan apa-apa.

"Apa tidak apa-apa membiarkannya bersikap santai meski shiftnya sudah di mulai?"

"Yah, tempat ini hanya tidak berfungsi cukup sama tanpa Yomiuri-kun," kata manajer itu dengan senyum kalah.

"Begitukah?"

"Anggap saja itu sebagai sesuatu yang diperlukan untuk menjamin mempertahankan tingkat kerja sama tim yang membuat toko buku kita berjalan."

Aku tidak mengira dia akan se-lekat ini dengan etika Yomiuri-senpai. Aku benar-benar tidak bisa meremehkannya. Dan dia sepertinya juga tidak berbohong, saat dia kembali dari ruang ganti setelah memberikan hadiahnya pada Ayase-san dan melangkah keluar ke toko utama sambil melambaikan tangannya padaku. Aku sedikit penasaran mengapa dia menyeringai seperti itu, tapi oh yah.

Setelah sedikit menunggu, Ayase-san kembali, berganti pakaian dari seragamnya dan kami meninggalkan toko bersama-sama. Saat itu sudah lewat pukul 6 sore, tetapi kami harus datang tepat waktu untuk reservasi pada pukul 6:30. Untuk saat ini, kami berjalan menuju bangunan dengan restoran di dalamnya. Dalam perjalanan, aku mengungkit-ungkit hadiah Yomiuri-senpai, tetapi Ayase-san tidak mau memberitahuku apa-apa. Itu mungkin bukan sesuatu yang bisa dia bicarakan dengan mudah.

Tapi, tidak mungkin Yomiuri-senpai akan memberikan Kouhai di tempat kerja sesuatu yang aneh... Benar, kan?

"Di sini tempatnya, ya?"

"Hm?"

Kami sampai di gedung yang dimaksud saat aku sedang melamun. Sambil melihat papan nama di dinding luar yang memamerkan semua bangunan yang berbeda, Ayase-san berkomentar dengan nada khawatir.

"Nee, sepertinya restoran ini agak mahal. Apa kamu yakin tentang ini?"

"Jangan khawatir. Restoran ini adalah tempat makan yang sering dikunjungi keluarga. Jadi, harganya sangat terjangkau.."

Kami melangkah masuk ke dalam lift dan naik ke lantai yang dimaksud. Di lantai atas terdapat beberapa restoran bertema Barat dan juga Jepang. Setelah mencari sebentar restoran yang dimaksud di peta lantai, aku melihat tempat yang lebih besar dekat dengan pintu masuk.

"Ah, itu dia."

Itu adalah tempat yang cukup terang dengan suasana yang damai. Restoran ini menawarkan banyak ruang dengan meja di sana-sini yang tidak membuatnya terasa terlalu sempit. Karena kami terbiasa dengan kebisingan dari restoran keluarga yang selalu penuh sesak, rasanya seperti kami telah memasuki dunia yang sama sekali baru. Namun, seperti yang sudah aku katakan sebelumnya, aku kebanyakan melihat pasangan muda atau keluarga dengan anak-anak mereka. Restoran ini jelas terlihat lebih mewah daripada restoran keluarga pada umumnya, tetapi menyerupai suasana di hotel.

"Ini pertama kalinya aku datang ke tempat seperti ini..."

"Yah, ini hari ulang tahunmu. Jadi, mari kita buat yang berkesan."

Aku memberitahu karyawan itu namaku dan kami dipandu masuk ke dalam restoran. Mereka membawa kami ke sebuah meja untuk empat orang dan kami duduk berhadapan satu sama lain.

"Tapi, kenapa kamu memilih restoran ini? Apa restoran ini begitu terkenal atau semacamnya?"

"Ah. Tentang itu..."

Bahkan pengungkapan kejutan itu membuat jantungku berdebar-debar. Kupikir menjaga wajah poker jauh lebih mudah daripada pengungkapan blak-blakan seperti itu.

"Aku diberitahu bahwa sup daging sapi di sini sangat enak."

Sampai saat ini, mata Ayase-san terlihat sedikit sayu, mungkin karena dia sedikit lelah karena bekerja. Tapi saat aku menyelesaikan kalimatku, matanya terbuka lebar karena terkejut.

"Apa...?"

"Yah... aku dengar kau menyukai sup daging sapi. Makanya, aku memilih restoran ini."

Dia tidak akan mengatakan bahwa kesukaannya telah berubah, kan?

Tapi tepat ketika aku mulai merasa khawatir, ekspresi Ayase-san berubah menjadi tidak percaya.

"Kamu tahu soal itu?"

"Aku bertanya pada Akiko-san, maaf."

Ini adalah kejutan terbaik yang bisa kulakukan, mengingat dia sudah tahu hadiah apa yang akan dia dapatkan. Ketika aku memberinya penjelasan itu, mulutnya terbuka lagi dalam keadaan linglung, tetapi ekspresinya dengan cepat berubah menjadi ekspresi ketidakpuasan.

"Tidak adil."

"Eh?"

"Aku juga ingin melakukannya. Tidak adil kalau hanya kamu yang melakukannya.."

"Ah, um... Ayase-san?"

"Aku juga ingin memberimu kejutan."

"Ah..."

Kurasa itu masuk akal. Lagipula, dia lebih suka memberi daripada menerima.

Mungkin aku menikmati diriku sendiri mengejutkannya seperti ini. Tapi, aku bisa mengerti kenapa dia tidak senang. Karena itu, kupikir ini adalah pertama kalinya dia benar-benar mengatakan "Tidak adil" sambil cemberut seperti itu. Itu menunjukkan perasaannya yang tulus dengan ekspresi yang cerah, tidak seperti bagaimana dia ketika kami baru saja bertemu.

... Itu artinya dia mulai terbuka padaku, kan?

Saat aku memikirkannya seperti ini, aku tidak bisa tidak berpikir bahwa dia imut sekali.

Karyawan itu menyingkirkan plakat bertuliskan "Reservasi" dari meja kami dan menawarkan menu kepada kami berdua. Dan sementara kami membaca-baca, garpu dan pisau muncul di atas meja.

"Ini semua terlihat lezat... Bolehkah aku memesan ini?" Dia menunjuk ke arah sup daging sapi spesial saat dia bertanya kepadaku.

"Tentu saja."

Kami memutuskan untuk memesan set sup daging sapi. Dan, tidak butuh waktu lama sampai makanannya di antarkan ke meja kami juga.

"Silakan. Ah, supnya masih agak panas. Jadi, tolong harap berhati-hati."

Seperti yang dikatakan oleh karyawan itu, aku bisa melihat garis samar-samar uap naik dari piring yang berisi semur. Aroma saus yang menguar dari demi-glaze yang kental menggelitik hidungku sampai-sampai aku merasa kelaparan. Dan dari lautan kecoklatan, aku bisa melihat gumpalan daging menyembul keluar. Itu adalah bahan utama dari rebusan daging sapi ini. Wortel oranye dipotong tipis-tipis, lalu diiris tipis-tipis. Di sampingnya ada brokoli hijau yang indah. Jamur yang dipotong-potong bertentangan dengan saus cokelat dengan kulit putihnya di tengah, menciptakan parade warna cerah merah, hijau, dan putih. Singkatnya, itu terlihat sangat lezat.

Setelah menusukkan garpuku ke dalam daging dan memotongnya sedikit, dagingnya langsung hancur berantakan. Mengambil sekitar setengah dari gumpalan daging itu, aku membawanya ke mulutku dan aku merasakan panas yang menyakitkan membakar lidahku.

"Aduh aduh aduh aduh!"

"A-Asamura-kun? Ini ambil. Minum perlahan.."

Kurasa aku menggigit lebih dari yang bisa aku kunyah, secara harfiah dan kiasan. Dengan panik, aku meraih gelas air berkarbonasi dan meneguk sekitar setengah dari semuanya. Karyawan itu melangkah ke arah meja kami dan mengisi gelasku dengan air lagi.

"Makasih."

Seperti yang kau harapkan dari seorang profesional yang bekerja di industri makanan, mereka berpura-pura tidak melihat kecerobohanku dan hanya menawarkanku lebih banyak air. Dengan menggunakan ini, aku menyesap sedikit lagi dari gelas.

"Fiuh, bener juga, sup dan dagingnya masih panas..."

"Tentu saja, kan baru di masak. Lain kali, hati-hati.." Ayase-san menggunakan pisau dan garpunya untuk memotong daging dengan indah.

Setelah mendapatkan sepotong kecil daging, dia membawanya ke mulutnya dan menunjukkan senyum bahagia.

"Enak sekali!" Dia senang, mengatakan bahwa rasanya mirip dengan sup daging sapi yang dia sukai saat masih kecil. "Aku ingin tahu apa bedanya dengan semur daging sapi yang kita buat di rumah..."

"Oh, kau juga tidak tahu 'ya?"

"Iya, jika berbicara tentang rebusan seperti ini. Rasa dari masing-masing bahan agak melebur ke dalam saus, kan?"

"Ah, itu benar."

Itu adalah sesuatu yang kupelajari baru-baru ini dengan membantu memasak di rumah.

"Tetapi dalam kasus ini, rasa daging itu sendiri masih terkonsentrasi, bukan?"

Sambil mendiskusikan hal ini, aku menggigit lagi sup daging sapi. Setelah perut kami kenyang, aku mengeluarkan hadiahku untuknya. Seperti yang dia minta, hadiah itu berisi sabun. Dia menerima hadiahku dan membuka bungkusnya.

"Ah... Ini kantong sabun mandi."

"Itu hanya bonusnya saja."

"Makasih. Aku sangat senang." Ayase-san tersenyum padaku. "Sabunnya juga bagus. Jujur saja, sangat di sayangkan menggunakan sabunnya. Sebelumnya, aku agak penasaran sabun mana yang akan kamu pilih. Tapi, ini lebih dari ekspetasiku.."

Mempertimbangkan pilihan kata-katanya, dia mungkin menyadari bahwa sabun ini seharusnya memiliki efek penyembuhan dan relaksasi. Jika demikian, maka nasihat yang diberikan Maru padaku tampaknya telah berhasil.

"Jadi...um, aku sangat senang dengan semua ini... Jadi, kalau kamu tidak keberatan..." Ayase-san meletakkan tas kecilnya di atas meja, mengeluarkan sebuah amplop. "Maukah kamu menemaniku menonton film ini setelah ini?"

Dia mengeluarkan sebuah kertas dan menunjukkan sisi depannya padaku. Ternyata itu adalah tiket untuk film yang diputar hari ini pukul 20:50 di bioskop dekat stasiun kereta Shibuya. Dan yang paling mengejutkan dari semuanya adalah, judulnya terdengar sangat familiar. Seperti yang diharapkan, bisa dibilang, karena ini adalah film terbaru setelah 3 tahun dari sutradara yang aku minati. Dan tentu saja, ini juga bukan suatu kebetulan.

"Mungkinkah..."

"Mnm, aku mendapatkan ini dari Yomiuri-san sebagai hadiah ulang tahunku. Dia bilang 'Gunakan tiket itu sesukamu! Ah, karena tiketnya ada dua, pastikan untuk mengajak Kouhai-kun, oke~!' Begitulah katanya.."

Yomiuri-senpai... Dia benar-benar seorang ahli taktik yang menakutkan.

* * *

Setelah makan malam kami berakhir, kami segera menuju ke bioskop yang dimaksud. Karena tiketnya terbatas untuk hari ini, kami tidak ingin menyia-nyiakan niat baik Yomiuri-senpai. Atau begitulah aku membuat alasan untuk diriku sendiri, tetapi aku benar-benar ingin menonton film ini juga. Bagaimana pun juga, aku sudah menunggu film ini selama 3 tahun. 

Di sini, di Tokyo, anak di bawah umur tidak diizinkan untuk melakukan bisnis apa pun setelah jam 11 malam. Hal yang sama juga berlaku untuk film, karena kau tidak bisa menonton film yang melampaui batas itu. Untungnya, film hari ini berlangsung dari jam 8:50 sampai 10:50 malam, mungkin membuat runtime sekitar 100 menit setelah kau menghitung iklan dan semacamnya. Sekali lagi, kemampuan penjadwalan Yomiuri-senpai tidak main-main. Aku yakin dia akan menjadi Manager atau sekretaris yang hebat.

"Asamura-kun, setelah ini kita langsung pulang, oke? Ayase-san bertanya, dan aku mengangguk.

Karena kami akan pulang terlambat, kami menghubungi orang tua kami. Mereka mengizinkan kami asalkan kami segera pulang ke rumah setelah film berakhir. Mereka mengatakan tidak masalah jika kami memesan taksi juga. Tapi, kupikir kami akan baik-baik saja bahkan tanpa itu.

"Ngomong-ngomong, film tentang apa ini?" katanya sambil melihat ke arah layar di bioskop.

Tampak pada posternya adalah seorang anak laki-laki dan perempuan, mungkin masih SMA. Namun, aku tidak tahu apa sebenarnya film itu.

"Apa itu film horor? Mungkin fantasi? Atau fiksi ilmiah?"

"Sebenarnya, aku juga tidak tahu."

Ayase-san menatapku dengan heran.

"Eh, kamu tidak tahu juga?"

"Yah, aku menghindari informasi apapun yang mengenai film ini. Aku tidak ingin terkena spoiler.."

"Hm.. Jadi, kamu benar-benar menantikan film itu, ya?"

"Yah, kau bisa menganggapnya seperti itu.."

Diberitahu hal ini di depan wajahku membuatku merasa sedikit malu dan aku menyadari betapa aku telah mengantisipasi film ini.

Kami melewati stan konsesi dan segera tiba giliran kami untuk menunjukkan tiket dan memasuki teater ke-3. Untuk tempat duduk, kami memilih tempat duduk di tengah, tetapi sedikit ke arah belakang penonton. Itu adalah tempat duduk yang sempurna yang memungkinkan kami menonton film tanpa harus menegangkan leher kami ke atas.

Meski begitu, tekanan yang kau rasakan dari layar yang begitu besar tidak bisa dibandingkan dengan TV kecil di rumah. Kecuali kau seorang jutawan yang memiliki bioskop rumah sendiri dengan layar 1000 inci. Namun, menontonnya di bioskop besar seperti ini memberikan perasaan yang lain. Seolah-olah kau mengalami segalanya bersama dengan rekan-rekan di sekitarmu. Setelah mencapai tempat duduk kami, kami baru saja mulai bersantai ketika iklan mulai diputar dan lampu meredup. Tak lama kemudian, film pun dimulai.

Yang ditampilkan di layar adalah semacam SMA yang bisa kau lihat di mana saja. Melalui jendela, kau bisa melihat ke dalam ruang kelas dan kamera mendekati siluet yang duduk di sudut. Di sana ada seorang gadis dengan rambut hitam, sama seperti yang ditampilkan di poster film. Warna rambutnya berbeda, tetapi dia sedikit mirip dengan Ayase-san. Awal film menunjukkan kehidupan sehari-hari gadis introvert di SMA. Kemudian, suatu hari sebelum liburan musim panas tiba, terjadi pencurian di dalam kelas.

Semua orang langsung mencurigai gadis itu. Bahkan temannya yang dia yakini berhubungan baik dengannya tidak memihaknya, yang membuatnya tidak punya pilihan selain berkeliaran di kota, penuh dengan keputusasaan dan dia akhirnya terlindas truk dan sekarat. Untuk sesaat, kupikir kita akan berhadapan dengan perkembangan isekai, tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Malahan, dia kembali ke masa lalu. Sekarang dia telah diberi kesempatan kedua, dia berteman dengan orang lain dan meskipun dia berhasil menghindari insiden sebelumnya, sesuatu yang lain terjadi dan dia sekali lagi dikhianati, menyebabkan dia mengalami keputusasaan lagi.

Setelah menemui kegagalan demi kegagalan, gadis itu menutup hatinya sepenuhnya, menghalangi kehangatan dari luar. Namun, suatu hari, seorang siswa pindahan datang. Dia adalah karakter lain yang ditampilkan di poster, seorang anak laki-laki dengan rambut berwarna cerah. Setelah semua yang telah dilalui gadis itu, awalnya dia tidak terbuka kepada anak laki-laki itu. Tetapi, anak laki-laki itu terus berbicara dengannya hari demi hari dan kehangatan yang dibawanya perlahan-lahan mulai meluluhkan hatinya yang beku. Dan kemudian hari yang ditakdirkan itu tiba sekali lagi.

Pada hari terakhir sebelum liburan musim panas, situasinya meningkat dan gadis itu dicurigai telah melakukan pembunuhan.

Siapakah pelaku yang sebenarnya? Dan mengapa dia terpaksa mengulanginya lagi dan lagi?

Anak laki-laki itu mengungkapkan dirinya berasal dari masa depan.

'Sederhananya, ini adalah fenomena yang mirip dengan pendulum osilasi waktu dengan kau sebagai pusatnya. Membiarkanmu sendirian seperti ini dapat menyebabkan riak dalam waktu dan menghancurkan ruang dan alam semesta secara keseluruhan.'

Dan untuk menyembuhkan luka ini, dia melakukan perjalanan kembali sepuluh ribu tahun ke masa lalu.

'Itu sebabnya kau mendekatiku?'

Setelah mendengar pertanyaan gadis itu, anak laki-laki itu menggelengkan kepalanya. Bahkan di masa depan yang jauh, mereka tidak tahu apa yang bisa menyebabkan ini.

'Lalu, kenapa?'

'Karena kau tidak memiliki keyakinan pada siapapun lagi, kau memperlakukanku, yang terasing dan tidak terbiasa dengan akal sehat saat ini, sama seperti orang lain. Kita berhasil menyesuaikan diri satu sama lain tanpa prasangka apapun. Ditambah lagi... sup misomu benar-benar enak. Sayangnya, di masa depan, di tempat asalku, kami tidak lagi memiliki sup miso.'

Dia menjelaskan bahwa sup miso telah tiada di dunia tempat dia dilahirkan. Hal itu membuatku tertawa kecil dan gadis di layar tersenyum bersamaku. Setelah itu, anak laki-laki itu memeluk anak perempuan itu. Dia berbicara dengan nada lembut dan berkata 'Aku akan menyelamatkanmu dari tempat ini'. Sebagai tanggapannya, gadis itu mulai menangis terisak-isak seperti anak kecil.

Aku bisa melihat Ayase-san bergerak di sampingku. Dia mencondongkan tubuhnya ke depan, pandangannya tertuju ke arah layar. Satu air mata mengalir di pipinya. Aku dengan panik mengalihkan pandanganku kembali ke layar. Rasanya seperti aku melihat sesuatu yang seharusnya tidak aku lihat. Dan pada saat yang sama, aku bersumpah. Aku ingin menjaganya apapun yang terjadi.

Film mencapai klimaksnya dan lagu penutup mulai diputar. Setelah kira-kira 103 menit, film itu berakhir. Dan secara naluriah aku tahu bahwa hari itu, ulang tahun Ayase-san yang ke-17, akan menjadi sesuatu yang tidak akan pernah aku lupakan.





|| Previous || ToC || Next Chapter ||
Post a Comment

Post a Comment

close