-->
NWQA9y4fvqTQ9rz5lZU0Ky7avuunQd0OpkNmfOuq
Bookmark

Gimai Seikatsu Volume 6 Chapter 8

Chapter 8 - 20 Desember (Minggu) Ayase Saki


Yomiuri Shiori-san menyeretku ke ruang ganti kecil.

Bukankah sebentar lagi shiftnya bentar lagi dimulai? Apa dia baik-baik saja membuang-buang waktunya mengobrol denganku? 

Segera setelah itu, dia membuka lokernya dan mengeluarkan tasnya, diikuti dengan amplop putih, yang dia tawarkan padaku.

"Ini dia."

"Eh?"

Dengan enggan aku menerima amplop itu. "Apa ini?"

"Ini hadiah ulang tahunmu!"

Hadiah yang muat ke dalam amplop kecil? Mungkin semacam kupon atau kartu hadiah?

Bahasa tubuhnya membuatnya tampak seperti dia menginginkanku untuk membuka amplop itu. Jadi, aku melakukannya, mengeluarkan selembar kertas. Ternyata itu adalah tiket untuk menonton film. Mengesampingkan judul filmnya, yang membuatku terkejut adalah jam tayang dan tanggal film itu.

"Eh, bukankah ini tiket nonton untuk hari ini?"

"Bingo. Kamu benar. Ah, ajak juga Kouhai-kun, oke?"

"Dengan... Asamura-kun...?"

Yah, dia memang membeli dua tiket. Tapi bahkan jika dia tiba-tiba memberikan dua tiket ini padaku...

"Kalian seharusnya masih punya sedikit waktu setelah kencan kalian, kan?"

"Kencan? Yah, kurasa kita masih punya waktu.."

Tak perlu dikatakan lagi, Yomiuri-san sudah menanyaiku tentang rencanaku untuk hari ini dan dia menemukan bahwa Asamura-kun dan aku membuat rencana untuk makan malam bersama. Aku belum mendapatkan rincian yang tepat dari Asamura-kun, tetapi rencananya adalah kami berangkat kerja pada pukul 6 sore karena reservasi pukul 6:30. Bahkan jika kami makan malam dengan santai, kami harusnya bisa sampai ke bioskop tepat pada waktunya. Juga, yang kami lakukan hanyalah memberitahunya tentang waktu kami akan pulang kerja.

Jadi, bagaimana dia bisa menebak jadwal kami dengan sempurna dan membeli tiket ini?

Aku merasa seperti bermain petak umpet dengannya adalah hal yang mustahil. Dan dia bahkan mengejutkanku dengan tiket bioskop sebagai hadiah ulang tahun.

.... Apa aku boleh menerimanya?

"Um... Terima kasih."

"Jangan khawatirkan itu. Bahkan jika aku memberikan sesuatu yang pantas, kamu mungkin hanya akan melihatku sebagai Senpai yang lengket dengan hadiah-hadiah yang berat. Jadi, sebanyak ini bukanlah apa-apa..."

"Tidak, aku tidak pernah-"

Sejujurnya, aku tidak berpikir aku akan pernah merasa seperti itu.

"Itu sering terjadi. Cukup jarang, meskipun."

"Yang mana?"

Apakah jarang atau tidak? Aku tidak tahu.

"Lebih penting lagi, tiket itu hanya bisa digunakan hari ini saja. Jadi, bawa saja tiket itu. Ah, aku akan memberitahumu sesuatu yang menarik-" Yomiuri-san mulai menyeringai. "Itu adalah film yang sangat dinantikan Kouhai-kun,.kau tahu.."

Mendengar itu, secara refleks mataku terbuka lebar.

"Aku sudah memastikannya sebelumnya. Jadi, aku yakin dia akan senang."

"Ugh..."

Apakah dia benar-benar akan senang?

Aku mulai berpikir, terutama tentang apa yang ada di pikiranku beberapa hari terakhir, terkait dengan ulang tahun Asamura-kun. Meskipun aku berhasil memberinya hadiah yang bagus, aku tidak melakukannya dengan kejutan apapun. Dan di sinilah aku, mengutuk masa laluku karena tidak menganggap itu penting. Tetapi dengan tiket ini, aku mungkin bisa mengejutkannya.

"Hee, hee, hee. Sekarang kamu termotivasi, kan? Aku yakin kamu menantikannya sekarang!"

"Erm, baiklah... Aku mungkin juga, ya."

Aku ingin tahu apakah Yomiuri-san mengetahui hubunganku dengan Asamura-kun dan sekarang dia diam-diam mencoba untuk mendukung kami?

"Um, kenapa kamu repot-repot melakukan ini?"

Alasan momentumku menurun menjelang akhir kalimat adalah karena aku menyadari bahwa aku mungkin hanya membayangkan hal-hal yang ada di kepalaku. Ditambah lagi, Asamura-kun menyebutnya personifikasi dari pria paruh baya yang menyeramkan, tetapi melihat penampilannya yang cantik dengan rambut hitam panjang, jika dia ternyata menjadi sainganku dalam cinta, maka aku tidak berpikir aku bisa menang melawannya.

"Kenapa, katamu? Itu karena aku ingin berbicara tentang spoiler menarik dengan kalian berdua! Semua kritikus lainnya memuji film ini. Jadi, aku ingin berdiskusi tentang hal itu."

"Uh-huh? Apa itu film yang sulit untuk dipahami atau semacamnya?"

"Nggak kok! ...kurasa. Nah, itulah mengapa aku ingin kamu menontonnya. Aku sudah menontonnya sendiri."

Tatapan Yomiuri-san serius. Jadi tidak tampak seperti dia menggodaku. Terlebih lagi, dia sering menggodaku sepanjang waktu. Jadi, aku tidak bisa terlalu yakin, tetapi dia mungkin tulus tentang hal ini. Dan secara pribadi, aku merasa akan sia-sia jika tidak menontonnya setelah mendapatkan tiket sebagai hadiah.

"Baiklah. Aku akan memastikan untuk menikmatinya bersama Asamura-kun." Aku mengucapkan terima kasih dan menerima hadiah ulang tahunku.

* * *

Kami meninggalkan pekerjaan dan menuju ke gedung di dekat stasiun. Lantai 6 pada dasarnya penuh dengan restoran dan kedai makanan lainnya. Dan Asamura-kun mengajakku ke restoran Barat di lantai itu. Aku senang karena ternyata tempat itu menyenangkan, tetapi masih ada sesuatu yang terasa janggal. Tempat itu tidak tampak seperti tempat yang sering dikunjungi Asamura-kun.

Kenapa dia memilih tempat ini? Aku bertanya padanya dan jawaban yang dia berikan adalah-

"Aku diberitahu bahwa sup daging sapi di sini sangat enak."

Untuk sesaat aku merasa bingung. Semur daging sapi adalah salah satu hidangan favoritku. Dan menurutnya, dia bertanya kepada Ibu tentang hal itu. Karena hadiah itu sendiri tidak memiliki unsur kejutan, dia ingin memberikan kejutan yang tepat dengan cara yang berbeda. Dan saat dia mengatakan itu, jantungku berdetak kencang. Aku benar-benar bahagia. Tapi pada saat yang sama, aku mulai merajuk. Aku tidak bisa memberinya kejutan, namun dia membuatku sebahagia ini.

Seorang karyawan membawakan kami menu. Omurice dan kari keduanya tampak lezat. Terutama puding bertabur krim dengan saus karamel yang dituangkan di atasnya.

Tidak, tunggu. Aku di sini bukan untuk makan makanan manis..

"Ini semua terlihat lezat... Bolehkah aku memesan ini?"

Pada akhirnya, aku ingin mencoba sup daging sapi. Ketika aku melihat lauk pauk yang menyertainya dan harganya, itu adalah satu hal yang kuinginkan. Dan sup yang tiba di depanku bahkan melebihi ekspektasiku.

Kenapa sup daging sapi dari restoran selalu terlihat lebih baik daripada yang kita buat di rumah?

Aku sudah lama memiliki pertanyaan ini. Asamura-kun berusaha memberikan jawaban.

"Mungkin ada perbedaan dengan dagingnya?"

"Mungkin. Itu akan menjelaskan banyak hal... Aku ingin mencoba membuatnya sendiri."

Mungkin itu hanya perbedaan prosedur saja?

Perasaan tidak senang muncul di dalam dadaku yang menusuk hatiku. Kenangan masa lalu yang telah kukunci rapat-rapat kembali berkelebat di kepalaku. Saat aku masih kecil, kami sering makan di restoran pribadi dekat rumah kami. Aku masih tidak bisa melupakan rasa sup daging sapi yang mereka sajikan. Aku tidak percaya bahwa sesuatu yang begitu lezat bisa ada di dunia ini. Itu benar dan aku menyadari itu. Tapi... kurasa perasaan ini tidak hanya terkait dengan makanan itu sendiri.

Ibuku sudah menikah lagi, kali ini dengan Ayah Asamura-kun, Taichi-san.. yang ternyata adalah orang baik yang bisa membuat Ibu bahagia. Halloween lalu, ketika Ibu mengambil cuti kerja, dia mengatakan ini:

'Dengan adanya Taichi-san, aku mulai berpikir bahwa aku bisa beristirahat lebih lama lagi.'

Ketika aku mendengarnya, aku merasa lega dari lubuk hatiku yang terdalam. Sekarang, Ibu bisa mengambil cuti. Ini berbeda dari sebelumnya. Itu tidak terjadi beberapa tahun yang lalu. Ketika Ayahku pergi begitu saja, dia tidak bisa bergantung pada keluarganya. Jadi, dia melakukan yang terbaik untuk membesarkanku sendiri, bahkan memasak makanan untukku setiap hari. Bahkan sebagai seorang anak kecil, aku mengerti betapa sulitnya hal itu baginya. Jadi, sekitar saat aku masuk ke SMP, aku mulai belajar memasak untuk mengurangi bebannya. Aku tidak memiliki keluhan tentang makanan Ibu. Makanan Ibu tetap lezat seperti biasanya.

Tapi tetap saja, ada makanan yang tidak bisa dibuatnya hanya karena dia sangat sibuk. Hal-hal yang membutuhkan banyak waktu untuk mempersiapkannya. Hidangan seperti ini tidak sesuai dengan gaya hidup kami. Ayahku adalah seorang yang suka pamer. Jadi, dia selalu membawa kami ke restoran yang tampak mewah. Tetapi karena dia terlalu suka pamer, dia selalu memarahi kami tentang sopan santun kami. Mungkin tidak terlalu buruk jika itu hanya jenis keluarga tempatku dilahirkan.

Namun, kami pergi ke tempat-tempat seperti ini mungkin dua kali setahun. Jadi, bahkan jika kau mengharapkan seorang gadis muda di sekolah dasar untuk menunjukkan sopan santun yang sempurna, itu hanya akan membuatnya terlalu gugup untuk menikmati rasanya. Aku terlalu takut untuk bersuara, karena Ayahku akan meneriakkan namaku dan memarahiku. Bagiku, makan di luar seperti sebuah ritual di mana kecerobohan tidak diperbolehkan.

Pada hari perceraian itu terjadi, Ibu memang tampak sedikit kelelahan, tetapi dia juga tampak segar. Dan saat itulah dia mengajakku ke sebuah restoran Barat sederhana di lingkungan sekitar, bukan restoran mewah dengan suasana yang kaku. Aku memesan jus jeruk, yang aku minum habis-habisan setelah lidahku terbakar karena sup daging sapi. Sudut-sudut mulutku basah kuyup oleh saus dan Ibu menyekanya sambil tersenyum.

Karena semua pelanggan lain juga keluarga dengan anak-anak, rasanya seperti kami semua adalah satu keluarga besar, pergi makan di luar. Dan sup daging sapi yang kumakan pada hari itu... sudah jadi dan direbus, selalu siap untuk pelanggan berikutnya. Sensasi lembut dagingnya dibuat dengan mempertimbangkan pelanggan. Di dalam daging, cairan daging terasa seperti bisa melelehkan jantung beku siapa pun. Itu memenuhi mulutku dengan rasa lega dan damai.

"Ayase-san, ini hadiah dariku."

Aku ditarik kembali ke dunia nyata. Asamura-kun menyerahkan sebuah tas kecil dengan hadiahku di dalamnya. Aku memang meminta sabun sederhana yang bisa digunakan, tetapi ternyata sabun itu adalah sabun aromatik dengan efek relaksasi, yang berbau seperti herbal yang menyenangkan. Aku bisa mengatakan bahwa Asamura-kun telah memikirkannya dengan matang. Aku akan menggunakan ini saat mandi setelah melepas persenjataanku. Memiliki efek relaksasi dan penyembuhan yang sempurna untuk saat itu. Rasanya seperti dia mengatakan padaku bahwa tidak apa-apa untuk bersantai.

Bolehkah aku....? Bolehkah aku benar-benar menikmati waktu santaiku?

Sampai saat ini, selalu hanya ada Ibu dan aku, selalu. Tapi, aku tidak bisa secara terbuka menunjukkan emosi ini.

"Aku sangat senang dengan semua hadiah yang kamu berikan. Jadi, um... Maukah kamu menemaniku menonton film ini?" kataku sambil menunjukkan tiket bioskop yang kudapat dari Yomiuri-san.

Tiket bioskop untuk film yang seharusnya ingin ditonton oleh Asamura-kun. Dan ekspresinya sudah cukup memberitahuku. Itu membuatku senang bahwa aku telah mencoba untuk mengejutkannya. Terima kasih banyak, Yomiuri-san.

* * *

Gagasan menonton film selalu memiliki sesuatu yang istimewa dibandingkan dengan hiburan lainnya. Terlepas dari kenyataan bahwa ada orang lain di sekelilingnya, rasanya seperti tempat itu ada hanya untukmu. Atau mungkin memungkinkanmu untuk sepenuhnya membenamkan diri. Tidak terlalu dekat tetapi tidak terlalu jauh, hanya mengalami hal yang sama bersama-sama. Aku belum pernah mengalami ini sebelumnya.

Sedangkan untuk film itu sendiri, cukup menarik.. tetapi juga sangat menakutkan. Main Heroine dikhianati oleh teman-teman sekelasnya berulang kali. Dia terlibat dalam kecelakaan dan diragukan oleh semua orang, dan setiap kali dia mencoba untuk meminta bantuan, dia ditolak dengan kejam. Setelah dia meninggal dalam sebuah kecelakaan, dia melakukan perjalanan kembali ke masa lalu, hanya untuk sekali lagi merasakan keputusasaan yang sama. Di saat MC muncul, hatinya sudah beku dan hancur berkeping-keping.

Anak laki-laki itu menyatakan dirinya berasal dari masa depan dan mencoba menghindari spiral yang tak berujung ini ... tetapi karena gadis itu telah disakiti terlalu sering, dia tidak percaya bahwa dia benar-benar ingin membantunya. Karena dia telah dikhianati begitu banyak, gadis itu melihat semua orang di sekitarnya sebagai musuh.

Alasanku menyadari bahwa hal ini mungkin dipengaruhi oleh “The Snow Queen” karya Andersen, mungkin karena Asamura-kun telah menceritakannya kepadaku sebelumnya. Pada dasarnya, bekas luka yang dibawa gadis itu di dalam hatinya seperti potongan cermin iblis yang menusuk mata dan jantung Kai, sedangkan anak laki-laki yang datang dari 10.000 tahun di masa depan untuk membantunya adalah Gerda. Fakta bahwa peran gender terbalik mungkin ada dalam pikiran tema modern.

Bahkan sebelum aku menyadarinya, aku terpaku pada layar. Waktu yang dihabiskan anak laki-laki dan perempuan itu bersama hanya dua minggu tepat sebelum liburan musim panas. Dalam waktu yang singkat ini, tidak mungkin anak laki-laki itu bisa berhasil meluluhkan hati gadis yang membeku itu. Itu yang akan kupikirkan setahun yang lalu.

Adegan klimaks pun tiba. Di layar, anak laki-laki itu memeluk gadis itu.

'Aku akan menyelamatkanmu dari tempat ini. Oleh karena itu, keluarkan semua emosimu itu.'

Setelah mendengar kata-kata itu, gadis itu membalas pelukan anak laki-laki itu dengan sekuat tenaga. Biasanya, aku tidak akan pernah menunjukkan kelemahan seperti ini, terutama di depan umum. Tapi... kurasa ini karena Asamura-kun berada tepat di sampingku. Aku seharusnya sendirian, namun aku tidak. Ini adalah keajaiban dari bioskop. Merasakan kehadiran Asamura-kun di sampingku, aku mungkin diizinkan untuk merasakan kelegaan ini.

-Aku tidak bisa.

Aku mencoba yang terbaik untuk menahannya tetapi gagal. Sensasi hangat dan basah mengalir di pipiku. Lagu penutup mulai diputar dan bahkan setelah kredit mulai bergulir, aku mendapati diriku tidak dapat bergerak. Tepat sebelum lampu menyala, aku akhirnya berhasil mengeluarkan suaraku dari tenggorokanku.

"Bolehkah aku ke toilet sebentar?" Aku bertanya, tetapi tidak menunggu jawaban dan aku buru-buru pergi ke toilet.

Aku memeriksa riasanku di cermin. Seperti yang diduga, alas bedak di bawah mataku telah menjadi korban. Jika aku tahu hal ini akan terjadi, aku akan menyiapkan riasan yang lebih kuat. Menyadari kesalahanku, aku hanya bisa menghela napas. Aku benar-benar menangis. Aku terkejut pada diriku sendiri, hanya untuk kemudian menyadari bahwa aku sudah lama tidak menangis.

Aku membuka tasku untuk memperbaiki riasanku, hanya untuk tanganku berhenti. Aku melihat diriku di cermin sekali lagi. Agak berantakan, tetapi tidak terlalu banyak sehingga aku benar-benar harus memperbaikinya.

Maksudku, setelah ini kita aka pulang ke rumah, bukan?

Di luar gelap dan kita juga tidak akan banyak melihat wajah satu sama lain. Ketika aku melihat area di sekitar mataku, aku teringat akan “The Snow Queen”. Dalam film itu, air mata adalah apa yang melelehkan potongan cermin iblis. Dan dengan demikian, hati anak laki-laki itu mulai mendapatkan kembali kehangatannya.

...Mungkin aku tidak perlu memperbaikinya. Kami hanya akan pulang ke rumah dan Asamura-kun berada tepat di sisiku. Setidaknya untuk saat ini, aku tidak membutuhkan persenjataan apapun.





|| Previous || ToC || Next Chapter ||
Post a Comment

Post a Comment

close