-->
NWQA9y4fvqTQ9rz5lZU0Ky7avuunQd0OpkNmfOuq
Bookmark

Gimai Seikatsu Volume 6 SS Colletion

Short Story Colletion


Cerita 1: Ayase-san Yang Santai.

Ayase Saki tidak menunjukkan keterbukaan sama sekali. Atau, paling tidak, seharusnya begitu. Namun, yang membuatku sangat terkejut dan tidak percaya, saat ini dia sedang tidur di sofa ruang tamu. Dia duduk menyamping sambil mengistirahatkan lengannya di samping. Dengan tubuhnya yang condong ke samping, aku khawatir dia akan terjatuh jika dibiarkan sendirian. Dan karena aku belum pernah melihatnya terlihat seperti ini, aku terkejut. Memang, AC menjaga ruangan tetap hangat, tetapi tidak baik bagi tubuhnya untuk tidur seperti ini. Untuk sesaat, aku ragu-ragu apakah aku harus membangunkannya. Pada saat yang sama, bibirnya bergerak dan aku bisa mendengarnya bergumam dalam tidurnya.

"Kios-kiosnya baik-baik saja..."

...Hm? Mimpi macam apa yang dia alami?

"...Hm?" Ayase-san pasti menyadari kehadiranku saat dia perlahan-lahan membuka matanya.

Kemudian setelah itu, mata kami bertemu.

"...Hm? Asamura-kun? Kenapa kamu ada di kamarku?"

"Kau tidur di ruang tamu. Jadi, aku khawatir kau akan masuk angin."

Disana, matanya berubah menjadi satu titik. Dia melihat ke kiri dan kanan, akhirnya menyadari bahwa dia tertidur di sofa dan bukan di kamarnya sendiri.

"Ah."

"Itu tidak terduga."

"Mn...Aku melamunkan tentang sesuatu. Meskipun... Apa yang sedang kupikirkan?"

Aku tersenyum kecut mendengar pernyataan itu.

"Sering terjadi, kan? Melupakan segala sesuatu setelah bangun tidur."

"Hm...Aku ingat apa yang menyebabkan pikiranku..."

"Dan bisakah aku menanyakan asal-usul itu?"

"Aku berpikir tentang telepon. Aku ingat itu adalah ide yang bagus, tetapi aku lupa apa yang membuatku berpikir seperti itu. Aku begitu ceroboh sampai tertidur."

"Kurasa itu terjadi ketika kau berurusan dengan tiga orang hebat."

Pada awalnya, Ayase-san hanya berniat untuk melanjutkan percakapan, hanya untuk menangkap sesuatu.

"Tiga yang hebat?"

"Tempat-tempat yang memungkinkanmu untuk mendapatkan ide-ide bagus. Selama perjalanan, di tempat tidur dan di toilet. Tempat-tempat tersebut dikatakan sebagai tempat yang memungkinkanmu untuk selalu tenang, memunculkan ide-ide bagus. Ketika kau duduk di kereta api, dengan lembut diguncang-guncang ke kiri dan ke kanan, ketika kau meringkuk di tempat tidurmu dan ketika kau sedang bersantai di toilet..."

"Pada dasarnya, kapanpun aku sedang bersantai?"

"Meskipun, kurasa itu tidak cukup."

Ayase-san memiringkan kepalanya, jelas-jelas bingung. Dia sepertinya ingin aku melanjutkan. Jadi, aku melakukannya.

"Kalau kau tidak banyak berpikir sebelum bersantai, kurasa kau bahkan tidak akan menghasilkan apa-apa. Namun, jika kau banyak memutar otakmu, saat bahumu rileks, mungkin saat itulah semua ide bagus masuk."

"Begitu, aku mengerti. Jadi, penting untuk mempersiapkan diri dan menaruh hatimu ke dalamnya. Ini seperti rasa hidanganmu akan berubah tergantung pada usahamu untuk persiapannya."

Sangat mirip Ayase-san yang menghubungkan apa yang ia pelajari dengan memasak.

"Itu benar. Dan kemudian, penting untuk bersantai. Yah, kau agak gagal dengan tertidur selama itu. Tapi, kupikir kau melakukan banyak pemikiran setiap hari. Jadi, fakta bahwa kau tertidur..."

"...berarti aku perlu untuk bersantai."

"Aku senang kau mengerti."

Itulah mengapa hal ini bukanlah sesuatu yang harus dia salahkan. Tapi, dia mungkin paling mengerti itu. Belum lagi aku merasa senang, melihatnya bersantai seperti itu di sofa. Itu berarti dia mulai melihat tempat ini sebagai rumahnya.

"Namun, apa yang sedang kupikirkan? 
Apa aku mengatakan sesuatu saat aku tidur?"

"Sesuatu tentang kios-kios yang baik-baik saja."

"Iya?" Ayase-san tampak melamun sambil memiringkan kepalanya.

"Jangan tanya aku."

"Kios-kios...Jadi, kunjungan kuil pertama?"

Tahun Baru lalu, kami pergi ke kuil dekat kediaman utama Keluarga Asamura untuk kunjungan kuil pertama kami tahun ini. Dan kupikir ada kios-kios yang dibangun di kedua sisi jalan setapak.

"Sayang sekali kita langsung pulang ke rumah setelah mengunjungi kuil dan menarik keberuntungan kita, ya? Dengan begitu banyak kios, kita seharusnya membeli sesuatu. Seperti takoyaki atau okonomiyaki."

"Makan di luar selalu membuat makanan-makanan ini jauh lebih lezat...Ah, aku ingat. Aku tidak ingin makanan tersangkut di mulutku. Jadi, aku berpikir untuk membeli cermin kecil untuk dibawa bersamaku. Itulah mengapa..."

"Kau berpikir bahwa sebuah smartphone sudah cukup, ya?"

"Ah, rasanya enak!" Ayase-san mengangkat tangannya dan melakukan peregangan panjang.


Cerita 2: Aku Teringat Namanya.

Aku mendengar suara yang seharusnya tidak kudengar sekarang, saat aku membuka pintu yang menghubungkan ke ruang tamu. Ini adalah rumahku, rumah tangga Asamura. Dan saat ini pukul 5 sore sebelum kami mulai makan malam. Orang tuaku belum pulang, dan Akiko-san sedang bekerja. Dengan kata lain, seharusnya hanya Ayase-san dan aku yang hadir, dan meskipun tidak ada yang memberitahuku tentang pengunjung, aku mendengar suara. Kedengarannya seperti seseorang sedang berbicara. Aku dengan hati-hati membuka pintu untuk memeriksa di dalam ruang tamu, ketika aku mendengar suara yang sama lagi.

"Itu sudah lama sekali."

Pernyataan itu membuatku mengetahui siapa yang sedang mengobrol. Aku melihat sekeliling di dalam ruang tamu, melihat Ayase-san sendirian. Dia meletakkan smartphonenya di atas meja, melihat-lihat majalah fashion wanita. Dia menyadari bahwa aku berada di dalam ruangan. Jadi, aku menunjukkan sikap menunduk samar-samar. Melihat dia meraih smartphonenya, aku berbicara.

"Apa itu dari Narasaka-san?"

"Iya. Maaf, apa kami terlalu berisik?"

Aku akhirnya menyadari bahwa dia menggunakan mode speaker pada smartphonenya. Dan kurasa Narasaka-san pasti mendengar suaraku karena dia memanggilku.

'Ah! Itu pasti Onii-channya Saki-chan! Heyho!'

"Um, ya. Halo."

Dia teman Ayase-san dan yang pasti bukan adik perempuanku, tapi dia terus memanggilku seperti itu.

'Nee, nee. Dengarkan aku! Saki jahat sekali padaku tau!'

"Um, ya?"

"Yah, ini bukan apa-apa sih. Tapi.."

Ayase-san memberiku tatapan seperti dia ingin aku mendengarkannya.

"Mengerti. Jadi, ada apa?"

'Ada suatu masa ketika Saki kesulitan mengingat namaku!'

"Itu Maaya, kan?"

'Wow! Kamu ingat! Tapi, aku sedang membicarakan tentang waktu terakhirku. Kamu mengatakannya sendiri barusan, tetapi dengan Saki, dia harus memikirkannya lama sebelum akhirnya dia mengingatnya.'

"Seperti yang kukatakan, itu sudah lama sekali. Aku mengingatnya sekarang."

'Terus, terus!'

Kurasa masih ada lagi. Dan dia juga tertawa.

"Aku mendengarkan."

'Aku bertanya padanya apakah namaku benar-benar sulit diingat. Dia mengatakan bahwa dia tidak terlalu akrab dengan nama itu. Jadi, butuh waktu cukup lama. Pada akhirnya, dia menggunakan kata kunci.'

Kata kunci? Untuk mengingat namanya? Sesuatu yang kau andalkan ketika mempelajari tanggal dalam sejarah?

"Begitu. Dan kau marah pada kata kunci itu."

Itu mungkin mengapa dia mengeluh tentang hal itu sebelumnya.

'Itu benar! Dia mengatakan "Naradzuke |1|Narasaka"! Jahat sekali, kan?! Bagaimana bisa dia mengingat nama seorang gadis dengan acar sayuran!'

Benar...Aku melirik ke arah Ayase-san untuk melihat ekspresinya. Dia melemparkan senyum kering saat dia menjelaskan dirinya sendiri.

"Seperti yang kukatakan, itu sudah lama sekali. Dan itu membantuku mengingatnya dengan cepat. Jadi, sudahlah.. Aku tidak pernah menganggapmu sebagai acar sayuran, aku hanya menggunakannya sebagai jembatan untuk mengingatnya."

'Tapi kenapa harus makanan!'

Faktanya, Narasaka Maaya adalah seorang gadis mungil, yang setiap tindakannya mengingatkanmu pada binatang kecil. Dia seperti hamster atau tupai.

Jadi dia benar-benar akan mengisi pipinya dengan kacang, bukan?

Itu sebabnya aku mengerti bagaimana kau bisa membuat koneksi dengan makanan. Pilihan yang sangat baik.

"Maksudku, setiap kali aku memikirkanmu, kamu selalu makan dalam pikiranku."

Benar...

'Jahat kamu Saki!'

"Ya, ya. Aku minta maaf, oke?"

'Hanya itu?'

"Astaga, baiklah. Kamu akan mendapatkan hamburger dan shake berukuran plus."

'Wooo! Aku tidak sabar menunggu besok!'

Itulah akhir dari panggilan telepon itu, tapi...Lagi-lagi, kupikir Naradzuke-san akan sangat membantu untuk mengingat namanya.

Cerita 3: Hari-Hari Yomiuri Shirori Sebagai Alien

Aku sedang beristirahat di tempat kerja, menunggu cangkir kertas diisi dengan teh. Setelah itu selesai, aku meletakkan cangkir baru dan menekan tombol sekali lagi. Kali ini aku tidak memilih teh biasa, tetapi teh hijau. Setelah itu selesai, aku membawanya ke-

"Ini dia, Senpai."

"Makasih, Kouhai-kun," kata Yomiuri-senpai saat dia menghirup ke dalam cangkir yang mengepul dengan sikunya di atas meja.

Setelah itu, dia dengan lembut menempatkan bibirnya pada cangkir dan menyesapnya.

"Ah, hangat sekali! Ini enak sekali. Teh adalah yang terbaik untuk musim dingin...Phew." Dia memiliki ekspresi anak kucing yang baru saja menyelinap ke dalam kotatsu.

"Aku terkejut kau memilih teh hijau hari ini, Senpai."

Ini bukan pertama kalinya dia meminta teh, tetapi biasanya, dia hanya memilih teh hijau biasa.

"Hah! Aku sedang menunggu untuk itu."

"Hah?"

Aku duduk di seberang meja darinya dan hendak menyesapnya tehku sendiri ketika seruan anehnya membuatku terdiam.

"Itu berarti kamu pasti merasa seperti...aku benar-benar diriku sendiri hari ini, kan?"

Aku tidak terlalu memikirkannya, tapi...kurasa itu memang terasa sedikit aneh. Biasanya, kau tidak mengubah preferensimu secara tiba-tiba seperti itu.

"Hee hee...Tapi bagaimana jika itu benar-benar terjadi?"

"Bagaimana apanya?"

"Kalau begitu...aku mungkin benar-benar alien yang menyamar. Atau...seseorang mungkin telah mengambil alih tubuhku."

"Apa kau menonton film fiksi ilmiah atau apa. Tiba-tiba mengatakan itu.."

"Yup, aku yakin sudah menontonnya! Juga, itu sangat menghibur!"

"Aku terkejut kau adalah tipe orang yang melompat pada tren seperti itu."

"Eee? Begitu? Maksudku, aku suka skenario semacam ini. Tubuhmu diambil alih, dipasangkan dengan beberapa benda asing."

"Apakah itu umum?"

"Yup! Seperti yang satu itu, di mana alien hanya mengambil alih tangan karakter |2| !"

"...Oh ya, itu biasanya bagian dari hal-hal fiksi ilmiah yang lebih tua. Di mana alien kecil mendiami tubuh manusia dan bersembunyi di antara orang-orang lain, melakukan kejahatan."

Kupikir itu adalah fiksi ilmiah tipe misteri tentang pencarian satu alien di tengah jutaan manusia. Tentunya sebagai penggemar mister, Yomiuri-senpai akan menemukan kenikmatan dalam hal itu.

"Oh? Ceritakan padaku tentang itu nanti, aku akan mencobanya."

"Siyap nanti. Kupikir kamu akan kesulitan menemukan salinan fisiknya karena sudah sangat tua. Mereka tidak menyimpannya lagi."

"Yang benar saja! Sungguh, inilah bahaya yang harus dihadapi novel...Karya-karya yang lebih tua dibuang begitu saja dan budayanya hancur. Untuk melestarikan peradaban kita, kita harus membuat semua serial fiksi ilmiah jadul bangkit kembali dengan tergesa-gesa!"

"Membesar-besarkan lagi...kamu tidak bisa meninggalkan semua buku di rak-rak ketika melihat toko buku dengan waktu terbatas seperti toko buku kita. Juga, kamu lebih menyukai serial misteri daripada fiksi ilmiah, bukan?"

"Mengesampingkan karya-karya lama seperti 'The Old Man In the Corner', tidak memiliki apapun dari Craig Rice hampir merupakan kriminalitas kalau kau bertanya padaku. Baiklah, aku akan mengambil masalah ini ke tanganku sendiri."

"Tolong jangan mengisi daftar permintaan dengan semua preferensi pribadimu, oke?"

Dia merujuk pada buku-buku dan pengarang yang hanya bisa dimengerti oleh orang yang gila misteri seperti dia.

Tapi sebenarnya, dia biasanya menggunakan contoh-contoh yang bahkan aku pun akan mengerti, bukan?

Di dalam diri Yomiuri-senpai mungkin seperti orang tua. Tapi, kurasa dia bukan tipe orang yang suka mengoceh tentang minat pribadinya sampai sejauh itu.

"Sekarang, sayangku Watson, apakah si cantik berambut hitam di depanmu benar-benar Yomiuri Shiori yang kamu kenal?"

Serahkan padanya untuk menyebut dirinya sendiri sebagai kecantikan berambut hitam.

"Komentar barusan itu memperjelas bahwa kau adalah Yomiuri-senpai yang kukenal."

"Bagaimana?!"

"Yah, aku tidak akan membiarkanmu menggodaku seterusnya. Tidak bisa selalu berada di pihak yang kalah-" Aku berkata dengan senyum percaya diri saat aku menyesap tehku, tapi... "Ugh!"

Rasa yang memenuhi mulutku membuat ekspresiku menegang.

"Ini sangat pahit!"

"Hahahaha!"

Aku menjatuhkan tatapanku, melihat warna daun teh yang memenuhi seluruh cangkirku dengan warna hijau yang kuat.

"Set teh biasanya pahit dan yang kita dapatkan baru-baru ini adalah versi yang lebih murah...dan lebih pahit. Aku juga kena jebakan sore ini."

Dan dia melanjutkan seluruh singgungan itu untuk memastikan aku tidak mengetahuinya...

"Hee hee. Kurasa ini adalah kemenanganku lagi?"





|| Previous || ToC || Next Chapter ||

1 Sayuran yang diasamkan dalam ampas sake.

2 Referensi ke manga Parasite.
Post a Comment

Post a Comment

close