-->
NWQA9y4fvqTQ9rz5lZU0Ky7avuunQd0OpkNmfOuq
Bookmark

Gimai Seikatsu Volume 9 Chapter 2

Chapter 2 - 12 Juni (Sabtu) Ayase Saki


Pada suatu Sabtu pagi yang cerah di bulan Juni, aku berdiri di pintu masuk apartemen kami untuk mengantar Ibu dan Ayah Tiriku, Taichi-san.

Mereka akan melakukan perjalanan untuk merayakan ulang tahun pernikahan mereka yang pertama.

Melihat senyum Ibu yang bersinar di bawah sinar matahari awal musim panas saat dia berdiri di sampingnya membuatku merasa sangat bahagia untuknya.

Dia telah membesarkanku seorang diri setelah pernikahannya yang terdahulu hancur berkeping-keping.

Dan, dia adalah satu-satunya orang di dunia yang paling aku harapkan kebahagiaannya. Aku benar-benar percaya bahwa dia pantas mendapatkannya.

Ketika dia mengatakan kepadaku bahwa dia ingin menikah lagi setahun yang lalu, aku tidak menentangnya, berpikir bahwa jika dia memilihnya, itu pasti pilihan yang tepat. Setahun kemudian, pikiran itu muncul lagi.

Dia benar-benar menemukan pasangan yang cocok untuknya dalam diri Ayah Tiriku. Aku dapat melihatnya dari cara dia bertindak. Dia selalu mengatakan bahwa dia mempercayai kami anak-anaknya, tapi begitu mereka merencanakan perjalanan ini bersama-sama, dia sangat khawatir untuk meninggalkan kami di rumah sendirian. Bahkan mungkin akan terlihat sedikit memalukan dari luar.

Mungkin ada sebagian kecil dari dirinya yang suka pamer, tetapi dia tidak sombong-dalam arti yang buruk seperti ayah kandungku. Ayah kandungku selalu terlihat sangat terobsesi untuk menjaga citranya sebagai seorang pria dan suami, tidak pernah ingin kami melihatnya dalam keadaan yang tidak menyenangkan di rumah. Mungkin itulah sebabnya ia membenci Ibu setelah perusahaannya gagal dan ia menjadi pencari nafkah utama keluarga. Dia memang pria yang sensitif, aku rasa.

Tapi ayah tiriku berbeda. Dia adalah tipe orang kuat yang tidak masalah membiarkan orang lain melihat sisi lemahnya. Itu mungkin hal yang paling penting bagi Ibu. Itu adalah sesuatu yang tidak akan pernah bisa aku tiru, karena aku akan merasa cemas jika aku tidak mengenakan baju besi untuk melindungi diriku dari masyarakat di sekitarku. Jauh di lubuk hatiku, aku pikir Ibu tidak jauh berbeda denganku, jadi itu pasti hal yang sangat indah di matanya.

"Ayo, Taichi-san. Jika kita tidak segera pergi, kita akan terjebak macet."

Atas desakan Ibu, Ayah Tiriku akhirnya pergi.

Seseorang mungkin berpikir bahwa Ibu adalah orang yang lebih bertanggung jawab karena mendengarkan percakapan mereka. Namun, pada kenyataannya, Ibuku bisa menjadi sedikit cerewet di saat-saat yang tidak terduga. Itu hanya perjalanan satu malam, dua hari, tapi bepergian bersamanya mungkin lebih melelahkan daripada yang terlihat.

Semoga berhasil, Ayah Tiri.

Setelah mengucapkan selamat tinggal pada mereka, Asamura-kun dan aku akhirnya kembali ke dalam apartemen.

* * *

Tersentak oleh suara alarm, aku mendongak ke atas. Jam menunjukkan pukul 12 malam.

Aku menutup buku referensi dan buku latihan di depanku dan menuju ke dapur.

Asamura-kun sudah berangkat kerja, jadi aku akan makan siang sendirian. Belum lama sejak sarapan dan aku baru saja duduk belajar sepanjang pagi, jadi aku tidak terlalu lapar.

"Sisa makanan dari sarapan seharusnya cukup," gumamku dalam hati sambil menyiapkan makanan.

Bukannya aku tidak suka memasak, aku cukup menikmatinya. Tapi, rasanya agak merepotkan jika aku hanya memasak untuk diriku sendiri. Memasak akan lebih menyenangkan jika ada orang lain yang bisa diajak berbagi.

Setelah selesai memasak dan mencuci piring, aku berencana untuk kembali belajar-ketika aku tiba-tiba terdiam.

"Ini membuatku kesal..." Aku menatap lantai ruang tamu.

Kapan terakhir kali kita membersihkannya?

Begitu aku mulai memikirkannya, aku tidak bisa mengeluarkannya dari kepalaku.

Kami tidak punya jadwal untuk bersih-bersih. Semua orang membersihkan kamar mereka sendiri-itu sudah biasa. Namun yang menjadi masalah adalah ruang komunal. Kami memiliki aturan tak tertulis bahwa siapa pun yang melihat kekacauan pertama kali akan membersihkannya (kecuali ketika kami melakukan pembersihan besar-besaran). Untungnya, baik Asamura-kun maupun Ayah Tiriku bukanlah orang yang suka berantakan, jadi jarang sekali ada barang yang tertinggal di lantai. Jadi, aku sering membersihkannya sekali saja dengan lap lantai. Aku tidak ingat kapan terakhir kali aku menggunakan penyedot debu.

"Mau bagaimana lagi. Sepertinya aku harus melakukannya."

Mengatakan pada diriku sendiri bahwa ini adalah waktu istirahat dari belajar, aku memutuskan untuk membersihkan dapur dan ruang tamu. Karena pembersihan menyeluruh akan memakan waktu lebih lama dari yang kumiliki, aku memutuskan untuk melakukan penyedotan debu. Jika tidak, aku mungkin akan menghabiskan waktu seharian untuk bersih-bersih.

Pertama, aku mulai dengan merapikan beberapa hal sederhana. Aku katakan bahwa anggota keluargaku bukan tipe orang yang suka meninggalkan barang di lantai, tetapi kau masih bisa menemukan beberapa barang yang berserakan jika kau mencermati dengan seksama. Seperti remote untuk TV, layanan streaming, AC, dan lampu langit-langit... Ada banyak sekali.

... Akan lebih mudah jika semua ini digabungkan menjadi satu remote.

Kalau dipikir-pikir, bukankah ada perangkat yang bisa mengendalikan semua peralatan elektronik rumah tangga sekaligus? Yang dioperasikan dengan suara. Mungkin aku harus bertanya pada Asamura-kun tentang hal itu saat ada kesempatan.

Aku mengumpulkan semua remote dan menaruhnya di tempat remote di atas meja. Kupikir akan terasa agak sepi jika membersihkan dalam keheningan. Jadi, aku memutuskan untuk memutar beberapa program TV secara acak sebagai backsound sebelum memulai. Aku sempat terpikir untuk melakukan streaming film, tetapi tidak ada film yang ingin aku tonton.

Ditambah lagi, jika aku memasang sesuatu yang menarik, aku mungkin akan terganggu. Jadi, aku memilih untuk menyalakan TV biasa dan membiarkan apa pun yang sedang berjalan.

Aku membawa penyedot debu dan hendak menyalakannya ketika aku melihat sekilas acara di TV.

Tampaknya acara tersebut merupakan program sore hari yang ditargetkan untuk para ibu rumah tangga. Setelah pembawa acara mengatakan sesuatu, sebuah judul muncul: 'Fitur Khusus tentang Urusan'. Mataku tertuju ke layar. Aku belum pernah menonton TV siang hari sebelumnya, jadi aku tidak tahu bahwa mereka menayangkan acara seperti ini.

Seorang selebritis TV dengan dasi kupu-kupu dan setelan jas yang aneh, mulai berbicara dengan raut wajah yang serius.

Dia memulai dengan sebuah pengantar: 'Sang istri berada di rumah, dengan setia mendukung suaminya dengan melakukan pekerjaan rumah tangga. Namun, sang suami berselingkuh.'

.... Kenapa?

Dengan itu, sebuah video reka ulang mulai diputar. Seorang wanita, mungkin seorang ibu rumah tangga, muncul di layar dengan judul 'Ako|1|, Ibu Rumah Tangga, 27 tahun.'

Video tersebut menunjukkan dia sibuk mencuci piring, mencuci pakaian dan membersihkan rumah, lalu menghela napas di meja makan setelah menyelesaikan semuanya. Dia bergumam bahwa dia ingin istirahat sebentar, tetapi menggelengkan kepalanya dan berdiri. Dalam imajinasinya, suaminya terlihat sedang bekerja, mengatur dokumen dan bekerja di depan komputer. Sang suami pulang ke rumah dan ketika sang istri mengambil jaket jasnya, dia melihat ada lipstik di atasnya.

Tunggu, apakah lipstik benar-benar ada di sana? Bukankah akan lebih masuk akal jika dia mencium bau parfum wanita lain? Tapi mungkin itu hanya hal yang sepele.

Beberapa komentator memberikan pendapatnya, lalu pembawa acara beralih ke seseorang yang tampaknya ahli untuk mendapatkan pendapatnya.

Ahli tersebut mengatakan bahwa sekitar 60% perselingkuhan terjadi di tempat kerja.

Serius? Apa pria dan wanita benar-benar sedekat itu di tempat kerja? Hanya karena mereka melakukan pekerjaan yang sama?

Aku menemukan diriku asyik dengan acara itu, tapi kemudian, sambil menggelengkan kepala seperti wanita di TV, aku berdiri dan menyalakan penyedot debu. Ini adalah model terbaru tanpa kabel dan tidak berisik, tetapi masih mengeluarkan suara yang cukup bising saat nosel penyedot meluncur di lantai, seakan-akan sedang menjilatnya. Suara itu cukup untuk meredam suara TV.

Program beralih ke peragaan lain, kali ini seorang ibu dengan seorang anak-tidak, aku menolak untuk menonton, kataku pada diriju sendiri. Namun, keterangan di layar masih menarik perhatianku dari waktu ke waktu.

Saat aku membersihkan rumah, aku membayangkan diriku berada di posisi wanita dalam program itu yang menemukan suaminya selingkuh.

Asamura-kun memiliki pekerjaan paruh waktu. Paruh waktu atau tidak, itu tetaplah sebuah pekerjaan. Jadi, ketika aku di rumah melakukan pekerjaan rumah tangga, suami tercintaku bisa jadi lebih sering berhubungan dengan rekan kerja wanita, sampai akhirnya...

Aku menghentikan pikiran itu, bertanya-tanya apa yang merasukiku.

Maksudku, Asamura-kun bahkan bukan tunanganku atau apa pun dan tidak ada orang yang dekat dengannya di tempat kerja... Yah, itu tidak sepenuhnya benar. Ada Yomiuri-san, seorang wanita yang terlihat seperti boneka Jepang yang cantik. Dan, selain dia, ada beberapa mahasiswi paruh waktu lainnya juga. Yah, mereka semua lebih tua dan salah satu dari mereka adalah mahasiswa pascasarjana. Jadi, dia mungkin satu dekade lebih tua darinya. Tapi usia tidak terlalu penting dalam hubungan. Asamura-kun adalah tipe orang yang santai, jadi dia bersikap baik kepada semua orang.

Itu adalah salah satu hal yang aku suka darinya.

Jadi, mengapa aku terlalu memikirkan banyak hal?

Ada pepatah yang mengatakan bahwa di mana ada asap, di situ ada api. Tetapi jika aku mulai mencurigai adanya api bahkan sebelum aku melihat asapnya, bukankah itu hanya karena emosi yang tidak stabil?
Perasaan cemas ini, seperti tulang ikan yang tersangkut di tenggorokanku, pasti merupakan tanda ketergantunganku padanya. Mungkin. Jadi, menyesuaikan hubungan kami secara perlahan-lahan pada akhirnya akan meredakan semuanya... aku harap.

Ngomong-ngomong, kenapa aku memutuskan untuk tidak bekerja di shift yang sama dengannya lagi? Tidak, aku ingat. Aku ingin memastikan bahwa aku memiliki waktu untuk belajar dan kami bergantian memasak. Itu alasannya, tapi kupikir kami memutuskan untuk lebih dekat di luar rumah, jadi mengapa rasanya seperti ini?

Haaa...

Aku mendapati diriku sedang berada di luar ruangan, penyedot debu bergerak bolak-balik di tempat yang sama di lantai. Aku mematikannya dan mengembalikannya ke tempat penyimpanannya, lalu mematikan TV juga.

Aku harus belajar. Lagipula, aku adalah seorang anak SMA yang sedang mempersiapkan ujian masuk.

Aku kembali ke kamar dan membuka bahan pelajaranku lagi. Aku sedikit terlambat dari jadwal belajarku karena bersih-bersih. Aku memutuskan untuk segera menyelesaikan soal-soal yang ada di bukuku, lalu makan camilan yang enak. Seharusnya masih ada puding di kulkas.

Puding... kedengarannya seperti "perselingkuhan" dalam bahasa Jepang |2| Pria di tempat kerja cenderung lebih dekat dengan wanita lain daripada istri mereka, ya?

Tidak, tidak, berhenti memikirkan hal aneh...

Aku memakai headphoneku dan menggunakan irama Lofi Hip Hop yang sudah dikenal untuk menghilangkan gangguan tersebut.

Di luar jendela, bulan sabit tipis menggantung di langit yang mulai gelap.

* * *

Ketika Asamura-kun tiba di rumah, aku sedang membuka-buka kartu kosakata di ruang tamu.

Aku punya gambaran kasar kapan dia akan pulang. Jadi, aku menunggu di tempat di mana aku bisa tahu segera setelah dia sampai di rumah. Tentu saja aku tidak akan mengakuinya dengan lantang.

Ketika aku bangkit dari sofa, aku mendengar dia berkata, "Enak sekali."

...Huh?

Aku baru saja akan mulai memasak makan malam. Aku memiringkan kepala dengan bingung, sampai aku melihatnya mencuci sesuatu di wastafel dan menyadari bahwa dia sedang membicarakan bento.

"Begitu? Senang mendengarnya."

Dan aku benar-benar senang mendengarnya juga, meskipun bento itu tidak istimewa. Itu hanya lauk pauk sisa dari sarapan.

Asamura-kun menyela pikiranku saat dia mengatakan bahwa dia akan membuatkannya untukku besok. Ini akan menjadi pertama kalinya dia membuat bento, bukan? Aku berpikir untuk membantunya, tetapi dia menolaknya, mengatakan bahwa itu adalah gilirannya.

Ketika aku memasukkan bahan makanan yang dibelinya ke dalam lemari es, aku melihat beberapa barang yang tidak aku minta. Jadi, aku bisa menebak apa yang akan ada di dalam bento.

Saat Asamura-kun selesai mencuci dan hendak menuju ke kamarnya, aku memanggilnya.

"Kamu akan belajar sekarang, kan? Aku akan membuatkanmu kopi."

"Terima kasih. Haruskah aku mengambilkan cangkirmu juga, Saki?" katanya sambil mengambil beberapa cangkir dari lemari.

Aku memeriksa jam dan melihat bahwa kami masih punya waktu sebelum makan malam.

"Iya, silakan."

Aku duduk dan melihat dia menuangkan air panas ke dalam gelas.

Tes, tes, tes..

Aroma moka yang sedikit asam tercium di seluruh ruangan saat menetes ke dalam wadah.

"Ah, panggil aku kalau makan malamnya sudah siap."

"Iya."

Dengan kopi di tangan, Asamura-kun menuju ke kamarnya. Aku melihat dia pergi, lalu kembali menyiapkan makan malam.

Ketika semuanya sudah siap, aku memanggilnya.

Dia melihat hidangan yang tersusun di atas meja dan berkomentar betapa lezatnya hidangan tersebut.

Kami saling bertukar cerita tentang hari ini sambil makan. Saat itulah dia menyebutkan bahwa ada pekerja paruh waktu baru yang mulai bekerja di toko buku tersebut.

"Pekerja paruh waktu yang baru?"

Dengan suara santai, Asamura-kun berkata bahwa Yomiuri-senpai tidak bisa bekerja banyak karena sedang mencari pekerjaan. Jadi, Manager berencana untuk mempekerjakan seorang mahasiswa paruh waktu. 

Ya, kurasa dia memang mengatakan hal seperti itu.

"Iya. Dia adalah seorang gadis kelas 1 SMA. Err, kalau tidak salah namanya.. Kozono Erina."

Aku tidak terbiasa dengan nama "Kozono," dan secara keliru membayangkannya dengan huruf kanji yang aneh di kepalaku. Namun, aku baru tahu bahwa itu berarti 'taman kecil' setelah Asamura-kun menjelaskannya kepadaku.

"Jadi, aku harus mengajari gadis itu."

Oh, ya, Asamura-kun juga yang melatihku ketika aku pertama kali kerja di sana...

Dia sangat pandai mengajar, jadi masuk akal kalau dia yang melakukannya.

"Kamu bekerja di shift yang sama denganku besok 'kan, Saki?"

Setiap kali dia menyebut namaku 'Saki', jantungku berdegup kencang. Aku mengangguk, berusaha untuk tidak menunjukkan perasaanku di wajahku.

"Kalau begitu, kamu yang akan melatihnya besok."

"Itu... enggak masalah sih. Tapi itu berarti kamu akan menghabiskan semua giliranmu bersamanya untuk sementara waktu..."

Seorang gadis baru yang manis. Tunggu, apa dia bilang dia imut? Jadi, Asamura Yuuta akan menjaga gadis Kozono ini tanpa henti untuk sementara waktu?
Atau lebih tepatnya, kakakku akan...

"Aku cemburu."

Kata-kata itu keluar dari bibirku sebelum aku sempat mencegahnya. Sayangnya, kurasa aku telah membocorkan perasaanku pada Asamura-kun.

"Eh?"

"Maaf. Itu hanya rasa cemburu. Tapi, mengingat situasinya, mau bagaimana lagi, kan?"

Selain itu, dia memanggilku 'Saki' bukan 'Ayase-san'. Sementara itu, dia memanggil nya 'Kozono-san'. Jadi, aku tidak perlu mengkhawatirkannya... Tapi, kenapa aku merasa seperti ini? Seperti awan telah menutupi matahari atau sesuatu.

Wajah serius selebritis TV yang mengenakan dasi kupu-kupu terlintas di benakku. Sebuah efek suara dimainkan dan sebuah spanduk besar turun di belakangnya yang bertuliskan '60% perselingkuhan terjadi di tempat kerja! Wanita yang bekerja memiliki lebih banyak kesempatan untuk mendekati pria daripada ibu rumah tangga yang terjebak di rumah melakukan pekerjaan rumah!'

Tidak, tidak, hentikan itu..

"Itu mungkin memberikan pengaruh buruk padaku," aku berkata.

Asamura-kun tampak bingung. Aku menceritakan kepadanya tentang acara televisi yang aku tonton sambil bersih-bersih.

Ketika aku menyebutkan tentang fitur khusus tentang perselingkuhan, Asamura-kun menggelengkan kepalanya, terlihat sedikit tidak nyaman.

Aku mengatakan kepadanya bagaimana acara tersebut-dengan sumber yang tidak pasti-menyarankan keintiman di tempat kerja dapat menyebabkan perselingkuhan. Dan menonton acara itu mungkin membuatku merasa cemas ketika seorang gadis muncul dan menghabiskan lebih banyak waktu bersamanya daripada diriku. Mungkin.

Dia dengan sabar mendengarkan kekhawatiranku, meskipun tidak rasional dan bahkan mengatakan bahwa ada baiknya kami membicarakannya. Dia juga mengatakan bahwa dia tidak memandang Kouhai nya seperti itu dan berjanji bahwa dia tidak memiliki niat seperti itu. Kakakku, Asamura Yuuta, berjanji.

"Kalau kamu mengatakan itu, Yuuta-niisan. Maka, aku percaya padamu."

Sejujurnya, aku merasa lega.

Asamura Yuuta dan Ayase Saki adalah... sepasang kekasih. Tapi juga kakak dan adik. Dalam hati, aku berkata pada diriku sendiri berulang kali bahwa kami harus menjaga jarak dan membuat keputusan yang tepat.

Aku mengambil giliran berendam di bak mandi setelah selesai makan. Saat berendam di bak mandi, aku mencoba menyingkirkan pikiranku dari pikiran yang mengganggu, 'Seorang rekan kerja wanita yang lebih muda dekat dengannya di tempat kerja.' Berhentilah memikirkan hal itu, hentikan. Pikirkan hal lain. Oh, seperti festival olahraga pada hari Selasa mendatang.

Ketua Kelas telah mengundangku. Tapi tidak seperti tahun lalu, aku memilih bola voli, permainan tim. Aku selalu menghindarinya, karena aku pikir itu bukan keahlianku. Dalam tenis, tidak peduli seberapa buruk aku bermain, satu-satunya orang yang akan dipermalukan adalah diriku sendiri. Namun, dalam bola voli, sebuah kesalahan dapat memengaruhi orang lain. Aku tidak bisa mengatasinya.

Namun, baik Ketua Kelas maupun Satou-san (aku masih belum bisa memanggilnya "Ryo-chin" seperti yang lainnya) tidak pernah marah atau terlihat kesal-tidak peduli seberapa banyak kesalahan yang aku buat.

Dalam bola voli, tujuannya adalah memastikan bola tidak jatuh di sisi lapanganmu dan mengembalikannya ke sisi lapangan lawan dalam waktu tiga kali sentuhan. Mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi seorang profesional untuk menghubungkan sentuhan-sentuhan itu, tetapi cukup rumit bagi pemula. Meskipun begitu, bisa menguasai hal itu dan mengembalikan bola membuatku sangat senang.

Jika seseorang melakukan kesalahan, orang lain akan menutupinya. Dan ketika kami semua berusaha keras bersama-sama untuk menjaga bola tetap dalam permainan, semua orang senang. Perasaan senang bersama itu merupakan hal yang baru bagiku. Aku mendapati diriku sedikit terpikat pada kedalaman dan kesenangan dari olahraga tim.

Aku menyentuh otot lengan dan kakiku saat berendam di air hangat. Mungkin hanya imajinasiku saja, tapi otot-otot itu terasa lebih kencang dari biasanya.

Apa ini karena latihanku? Atau mungkin karena pekerjaan fisik yang menguras tenaga di toko buku.

"Toko buku..."

Aku tidak akan berada di shift yang sama dengan Asamura-kun untuk sementara waktu. Dan selama itu, Asamura Yuuta, atau Yuuta-niisan, akan bersama dengan gadis Kouhai itu.

Lebih dekat dengannya daripada dia denganku.

Sebagai adiknya, aku tidak perlu merasa terganggu dengan hal itu. Tapi sebagai kekasihnya... Mungkin wajar jika aku merasa cemburu.

Jadi, ketika berbicara tentang 'Yuuta-niisan' dan 'Saki', bagaimana perasaanku?





|| Previous || ToC || Next Chapter ||

|1| Ako (あ子) nama pengganti yang mirip dengan "John" atau "Jane Doe" dalam bahasa Inggris.

|2| Perselingkuhan = furin (不倫)
Post a Comment

Post a Comment

close